Mengenal Jenis-Jenis Alat Musik Kordofon - Alatmusik.id

Mengenal Jenis-Jenis Alat Musik Kordofon

Last Updated 2021-02-06T00:07:13+00:00
Mengenal Jenis-Jenis Alat Musik Kordofon

Alat Musik Kordofon - Semua orang suka musik dengan genrenya masing masing. Ada yang suka musik tradisional, musik klasik, musik modern seperti pop, jazz hingga musik musik keras seperti rock dan musik metal.

Apapun genre musiknya, biasanya kalau sudah suka. Musik favorit kita akan terdengar begitu enak di telinga hingga terbawa perasaan seperti lagu lagu cinta dan kehidupan. Lagu dan musik terdengar begitu indah, karena penyanyi yang menyanyikan bersuara pas dan bagus. Tapi juga tak bisa lepas dari instrumen atau alat alat musik yang mendukungnya.

Tentu saja, selain penyanyi. Peran alat musik sangat menentukan dalam kesuksesan sebuah musik dan lagu. Tanpa alat musik, tidak akan menghasilkan lagu. Hanya nyanyian tanpa irama.

Bagi sebagian orang. Memainkan alat musik bahkan menciptakan kesenangan tersendiri. Karena memang sifat musik adalah pelipur dan penghibur hati, selain juga bentuk ekspresi jiwa. Berikut ini akan diulas tentang alat alat musik khususnya jenis kordofon. Yakni alat musik yang berdawai atau bersenar dan cara memainkanya dengan dipetik. Simak berikut ini.

Alat Musik Kordofon

Alat musik kordofon
Alat musik kordofon

Musik merupakan media untuk ekspresikan perasaan maupun luapkan jiwa seni gunakan alat musik dan suara. Musik merupakan kepribadian budaya suatu masyarakat. Semua orang suka musik sesuai seleranya masing masing.

Mendengar musik bisa menenangkan, menyenangkan dan melarutkan perasaan lewat nada nada lagu yang didengar. Begitu juga memainkan alat musik tertentu bagi sebagian orang adalah kesenangan tersendiri.

Ada banyak jenis musik, baik musik tradisional hingga musik musik modern. Cara memainkan nya juga beda beda. Ada yang dipetik, ditiup, dipukul atau ditabuh dan lain sebagainya.

Artikel kali ini akan mengulas tentang jenis alat musik kordofon atau alat musik petik. Mungkin belum banyak diketahui mengenai pengertian musik kordofon dan beberapa jenis alat musik kordofon.

Pengertian Alat Musik Kordofon

Pengertian Alat Musik Kordofon
Pengertian Alat Musik Kordofon

Alat musik kordofon adalah jenis alat musik dawai. Cara memainkan alat musik jenis ini dengan dipetik dawainya atau senarnya. Jadi, suara yang dihasilkan dari alat musik kordofon sumbernya dari dawai atau senar. Tapi ada juga alat musik kordofon yang cara memainkanya dipukul seperti misalnya drum. Dalam dunia musik ada banyak jenis alat musik kordofon baik yang populer seperti gitar maupun alat musik kordofon lainya. Berikut ini akan diulas jenis jenis alat musik kordofon lebih detail.

Jenis Alat Musik Kordofon

1. Jenis Alat Musik Kordofon Kecapi

Jenis Alat Musik Kordofon Kecapi
Jenis Alat Musik Kordofon Kecapi

Kecapi adalah alat musik jenis kordofon. Cara memainkan kecapi dengan dipetik. Alat musik kecapi merupakan alat musik tradisional yang khas berasal dari Jawa Barat. Biasanya alat musik kecapi ini dipakai untuk melengkapi alat musik lainnya. Seperti misalnya suling atau seruling. Meski tradisional kepopuleranya cukup luas dan sampai sekarang masih terus dilestarikan masyarakat Sunda.

2. Alat Musik Jenis Kordofon Pipa

Alat Musik Jenis Kordofon Pipa
Alat Musik Jenis Kordofon Pipa

Alat musik jenis kordofon berikutnya adalah pipa. Alat musik bernama Pipa ini dibuat dari bahan dasar kayu. Pada salah satu sisinya ada tali logam berjumlah 4 buah. Alat musik pipa biasanya dipakai untuk iringi sebuah pertunjukan seni semacam opera cina, misalnya. Selain itu alat musik ini juga bisa untuk iringi menyanyi. Cara memainkannya sama seperti beberapa jenis alat musik kordofon lainya yaitu dipetik dawainya hingga hasilkan nada.

3. Alat Musik Jenis Kordofon Sempe

Alat Musik Jenis Kordofon Sempe
Alat Musik Jenis Kordofon Sempe

Sampe merupakan alat musik jenis kordofon cara memainkanya dengan dipetik senarnya. Ini adalah alat musik tradisional yang merupakan alat musik khas suku Dayak Kalimantan. Untuk bisa memainkannya dengan penuh penghayatan, cobalah selaraskan dawai dengan perasaan. Sebab Sempe sendiri adalah alat musik yang memang untuk hiburan dan ekspresikan perasaan pemainya.

4. Alat Musik Jenis Kordofon Sasando

Alat Musik Jenis Kordofon Sasando
Alat Musik Jenis Kordofon Sasando

Sasando juga termasuk alat musik jenis kordofon. Cara memainkanya juga dipetik pada dawainya. Sasando merupakan alat musik dawai tradisional asal NTT dan sudah cukup terkenal. Ada dua jenis sasando. Yakni sasando biola dan sasando gong. Bentuk alat musik ini cukup unik dan khas. Menghasilkan jenis suara berbeda dari jenis bunyi alat musik kordofon lainya.

5. Alat Musik Jenis Kordofon Siter

Alat Musik Jenis Kordofon Siter
Alat Musik Jenis Kordofon Siter

Siter adalah alat musik jenis kordofon. Meski masuk dalam keluarga gamelan uniknya siter memiliki dawai. Cara memainkan siter dengan dipetik. Siter adalah bagian ricikan gamelan. Sumber suara siter berasal dari dawai yang dipetik. Dawainya dibuat dari kawat, jumlah dawai siter sebanyak 11 dawai.

6. Alat Musik Jenis Kordofon Gambus

Alat Musik Jenis Kordofon Gambus
Alat Musik Jenis Kordofon Gambus

Gambus adalah alat musik jenis kordofon. Alat musik satu ini adalah alat musik asli Timur Tengah. Dibawa ke nusantara dan ke bangsa Melayu awalnya untuk tujuan dakwah. Kemudian dikembangkan lebih luas untuk berbagai keperluan. Seperti untuk iringi tarian tradisional zapin. Selain itu juga untuk iringi kesenian adat hingga acara pernikahan. Dan juga untuk mengiringi dendang lagu lagu islami seperti kasidah dan hadroh.

Sampai sekarang gambus masih tetap lestari. Bahkan di kalangan orang Melayu telah diadaptasikan menjadi alat musik kebanggaan. Tak hanya itu, alat musik gambus kini sudah banyak dikolaborasikan untuk isi berbagi genre musik modern.

Nah itulah tadi ulasan tentang alat musik kordofon yakni alat musik yang punya dawai atau senar dan cara memainkanya dengan memetik dawai hingga hasilkan nada nada selaras dengan lagu yang dinyanyikan. Tentunya sebagian alat musik kordofon ini sudah sangat dikenal dan bahkan sudah biasa dimainkan seperti misalnya gitar yang biasa kita jumpai pada penampilan musik musik modern. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita semua tentang jenis-jenis alat musik kordofon.