Yuk Mengenal Alat Musik Triangle - Alatmusik.id

Yuk Mengenal Alat Musik Triangle

Last Updated 2021-01-04T10:22:11+00:00
Yuk Mengenal Alat Musik Triangle

Alat Musik Triangle - Perpaduan berbagai alat musik akan menghasilkan nada dan lagu yang indah yang disukai banyak orang. Musik sendiri memang begitu akrab dengan kehidupan.

Tidak bisa dipungkiri. Musik memang menjadi teman sehari hari disaat santai, kerja bahkan menjelang tidur orang orang mendengarkan musik. Musik dapat memperbaiki emosi, menyenangkan, dan menenangkan.

Disini kami akan melakukan pembahasan pada alat musik triangle dengan rinci. Ini merupakan salah satu alat musik cukup penting. Punya unsur beragam dan hasilkan suara merdu dan terkesan riang.

Mungkin sebagian orang masih merasa asing mendengar alat musik triangle. Dan apakah anda pernah mendengarnya?

Bunyi gemerincing unik pada sebuah lagu, bisa jadi adalah hasil bunyi alat musik triangle. Alat musik satu ini memang fungsinya sebagai pelengkap untuk memperkaya suatu instrumen musik.

Apa Itu Alat Musik Triangle?

Apa Itu Alat Musik Triangle
Apa Itu Alat Musik Triangle

Sesuai namanya. Triangle dari bahasa inggris yang artinya segitiga. Alat musik satu ini memang bentuknya segitiga. Saat hasilkan bunyi harus menyesuaikan dengan lagu yang dimainkan. Uniknya, tinggi rendahnya nada yang dihasilkan alat musik ini berasal dari material bahan dasar pembuatan alat musiknya.

Rata rata alat musik triangle punya ukuran sekitar 15 sampai 18 cm. Dan cara memainkanya dengan dipukul. Terbuat dari logam dengan bentuk segitiga. Alat musik ini menyesuaikan lagu yang dinyanyikan sehingga hasilkan harmonisasi lagu.

untuk memainkan alat musik triangle dengan cara dipukul dengan benda panjang (mirip stik). Keliatanya cara memainkanya memang agak rumit karena harus mengetuk bagian dalam dan luar untuk hasilkan ketepatan irama. Sehingga tidak sembarang orang bisa memainkanya

Sejarah Alat Musik Triangle

Sejarah Alat Musik Triangle
Sejarah Alat Musik Triangle

Seperti alat musik lainya. Alat musik triangle junya akar sejarah yang terbentuk karena kebudayaan. Triangle dibuat pada abad 16 namun tidak diketahui siapa penciptanya.

Alat musik ini sudah dikenal dan dimainkan masyarakat eropa sejak abad 18 masehi dalam sejarah lagu klasik di eropa. Para ahli menyebut sejak abad 16 dan 17 alat musik ini telah ada. Diketahui dari sejarah musik klasik eropa. Dalam lagu lagu klasik eropa sudah gunakan alat musik ini. Musisi klasik seperti wolfgang, ludwig joseph haydn diketahui juga gunakan triangle.

Triangle digolongkan dalam jenis musik perkusi dalam kategori idiofon atau alat musik yang dihasilkan lewat getaran dengan gerakan dari seluruh alat musiknya. Contoh idiofon seperti misalnya simbal, chimes, dan bel.

Biasanya alat musik triangle digunakan untuk instrumen bantu ramaikan irama bersama paduan alat musik lainya. Nada yang dihasilkan triangle bisa perkaya nada dan musik yang dimainkan bersama.

Bahan Pembuatan Alat Musik Triangle

Bahan Pembuatan Alat Musik Triangle
Bahan Pembuatan Alat Musik Triangle

Diatas sudah sekilas disebutkan. Bentuk alat musik ini. Dibuat dari baja dan jenis logam lainya.

Nada nada yang dihasilkan alat musik triangle bisa berbeda tergantung dari bahan pembuatanya. Sehingga tidak ada tangga nada jelas untuk alat musik ini ketika dimainkan.

Alat musik triangle punya lubang atau bentuk lainnya di dalam bagianya. Ini tujuannya agar bisa untuk ikat tali. Di masa lalu, tali yang digunakan untuk kaitkan triangle adalah usus binatang.

Seiring waktu, talinya bukan lagi dari kulit hewan tapi dari nilon atau kawat. Tujuanya sama, sebagai penyangga triangle dimainkan.

Untuk bahan pembuatan alat musik triangle bisa disesuaikan kebutuhannya tergantung bunyi yang ingin dihasilkan. Ini karena tiap bahan mempengaruhi hasil nada. Dulu, bentuk alat musik triangle adalah segitiga sama sisi. Sekarang bentuknya segitiga sama kaki.

Pada perkembangannya, alat musik triangle makin bervariasi sesuai fungsinya. Saat ini triangle juga disertai cincin terbuat dari logam yang juga hasilkan bunyi gemerincing untuk lengkapi bunyi utama.

Fungsi Alat Musik Triangle

Fungsi Alat Musik Triangle
Fungsi Alat Musik Triangle

Alat musik triangle merupakan instrumen ritmis, jenis musik perkusi idiofoni. Fungsi utama triangle adalah pelengkap alat musik lainya agar musik yang dihasilkan makin lengkap.

Pemain triangle biasanya punya kemampuan untuk hasilkan nada dan suara khas meski kelihatannya memainkanya sangat sederhana.

Alat musik triangle cocok dimainkan untuk melengkapi jenis musik apapun dan bisa memperindah lagu. Disebut sebut tambahan instrumen dari alat musik triangle menghadirkan nada unik dan menjadi moodbooster.

Cara Memainkan Alat Musik Triangle

Cara Memainkan Alat Musik Triangle
Cara Memainkan Alat Musik Triangle

Teknik memainkan alat musik triangle cukup unik dan kelihatannya sederhana. Namun sebenarnya tidak cukup mudah jika tidak terbiasa atau terlatih.

Untuk cara memainkanya yaitu dengan dipukul menggunakan stik. Adapun tingkat kesulitannya yakni saat penyelarasan suara pukulan dengan musik yang berlangsung.

Meski cuma memukulkan ke alat musik triangle. Tapi memainkanya cukup menantang dengan tingkat kesulitan cukup tinggi.

Tiap bunyi dihasilkan tiap ketukan berbeda beda. Maka perlu waktu untuk belajar dan memahami keindahan bermain alat musik triangle agar bisa hasilkan irama yang indah. Triangle cocok dipadukan dengan berbagai genre musik.

Jika berminat belajar. Anda bisa pelajari tiap ketukan di setiap jenis musik yang dinginkan. Meski agak sulit, semua orang bisa memainkanya asalkan mau belajar.

Memainkan alat musik ini dengan benar, caranya dengan memukul di sisi luar untuk hasilkan bunyi irama pelan. Untuk irama dan tempo cepat, bisa memukulnya pada bagian dalam. Lakukan latihan konsisten untuk bisa memainkan alat musik triangle.

Nah itulah tadi informasi tentang alat musik triangle. Termasuk definisi, sejarah, fungsi, hingga cara memainkanya. Memang kelihatannya sederhana. Namun ternyata memainkanya butuh belajar khusus. Jika anda tertarik, bisa belajar pelan pelan memainkan alat musik triangle. Bisa ikut kursus, baca buku panduan musik dan belajar lewat internet.

Bisa memainkan alat musik ini adalah kebanggan dan kesenangan. Hal ini karena alat musik triangle bisa menjadi pelengkap musik menjadi lebih indah.