20 Alat Musik Tradisional Indonesia Mendunia - Alatmusik.id

20 Alat Musik Tradisional Indonesia Mendunia

Last Updated 2021-01-03T19:03:26+00:00
20 Alat Musik Tradisional Indonesia Mendunia

Indonesia begitu kaya adat dan budaya, juga musik dan lagu lagu daerah. Tentunya, juga punya beragam alat musik tradisional. Ngomong ngomong soal alat musik tradisional. Di Indonesia ada begitu banyak jenis alat musik yang dimiliki. Bahkan 20 alat musik tradisional dari indonesia berikut ini sudah mendunia. Apa saja ? simak selengkapnya berikut ini :

20 Alat Musik Tradisional Asli Indonesia yang Mendunia

Berikut ini ada beberapa jenis alat musik tradisional asli Indonesia, yang beberapa dari alat musik ini telah diakui dunia dan sering dipentaskan di ajang pertunjukan seni dunia.

1. Alat musik tradisional Angklung

Alat musik tradisional Angklung
Alat musik tradisional Angklung

Pertama dalam daftar alat musik tradisional Indonesia kami akan membahas tentang Angklung. Alat musin ini berasal dari daerah Jawa barat. Bahan pembuatan alat musik ini dari Bambu dan untuk memainkannya cukup mudah hanya digoyang-goyangkan saja.

Yang herbat dari alat musik angklung ini sudah terkenal di dunia dan sudah diakui oleh UNESCo sebagai warisan budaya dari Indonesia.

2. Sasando

Alat Musik Tradisional Sasando
Alat Musik Tradisional Sasando

Alat musik tradisional Indonesia yang mendunia berikutnya adalah sasando dari tanah Rote Nusatenggara timur. Sasando dibuat dari saun lontar.

Bentuk alat musik sasando mirip harpa, cara memainkanya dipetik seperti gitar. Sasando sudah terkenal dan mendunia utamanya ketika diselenggarakan konser WOW tahun 2013 yang digelar Wonderfull Indonesia.

3. Gamelan

Alat Musik Tradisional Gamelan
Alat Musik Tradisional Gamelan

Alat musik tradisional ketiga dalam daftar ini yang terkenal mendunia adalah gamelan dari Jawa. Buktinya, Gamelan diajarkan dan dimasukan kurikulum dalam pendidikani New Zsealand dan Amerika Serikat.

4. Kolintang

Alat Musik Tradisional Kolintang
Alat Musik Tradisional Kolintang

Kolintang merupakan alat musik tradisional asal Sulawesi Selatan. Bentuknya gong kecil, ditempatkan mendatar.

Umumnya kolintang dimainkan bersama dengan gong dan drum. Alat musik tradisional Indonesia ini sudah sejak lama sering dimainkan di Negara tetangga seperti Filipinda dan Malaysia.

5. Kendang

Alat Musik Tradisional Kendang
Alat Musik Tradisional Kendang

Salah satu alat musik tradisional Indonesia lainnya yang sangat populer adalah kendang. Alat musik ini berasal dari tanah Sunda dan ada juga yang mengklaim berasal dari tanah Jawa bagian timur.

Biasa untuk iringi tarian tradisional hingga iringi musik musik modern. Banyak musisi luar negeri seperti Amerika Serikat memainkan kendang untuk musik pengiring.

6. Tifa

Alat Musik Tradisional Tifa
Alat Musik Tradisional Tifa

Menjadi salah satu alat musik yang berasal dari Papua dan Maluku, Tifa memiliki bentuk yang menyerupai kendang dan cara memainkannya juga sama.

Tifa mulai dikenal sejak turis mengunjungi maluku dan papua dan membawa alat musik ini untuk oleh oleh.

7. Alat musik tradisional Indonesia Saluang

Alat musik tradisional Indonesia Saluang
Alat musik tradisional Indonesia Saluang

Alat musik tradisional selanjutnya ada saluang dari Sumatra Barat. Bentuknya mirip suling tali lebih simpel cjma terdiri empat lubang berurutan.

Mitosnya, jaman dulu pemain saluang punya mantra hipnotis penontonya.

8. Aramba

Alat musik tradisional Aramba
Alat musik tradisional Aramba

Apakah kamu mengenal alat musik tradisional bernama Aramba? Alat musik Aramba memiliki asal dari sumatera, khususnya dari Pulai Nias. Ideofon adalah jenis bunyi yang dihasilkan dari alat musik Aramba dengan cara memainkannya dipukul mirip gong.

9. Gambus

Alat musik tradisional Gambus
Alat musik tradisional Gambus

Identik dengan adat melayu dan budaya arab. Gambus ternyata alat musik tradisional Indonesia dari Riau. Cara memainkanya dengan memetik senarnya untuk hasilkan jenis bunyi kordofon.

10. Gendang

Alat Musik Tradisional Gendang
Alat Musik Tradisional Gendang

Gendang sangat Indonesia dan populer. Banyak sekali varianya di tanah air. Misalnya gendang dari Yogyakarta, gendang Banten dan lainya. Cara memainkan gendang dengan ditabuh atau dipukul untuk hasilkan jenis bunyi membranofon.

11. Bonang

Ketika kamu menghadiri acara besar adat jawa yang ada iringan musiknya, maka kamu akan menemukan alat musik bernama bonang. Alat musik bonang asalnya adalah dari Jawa Timur. Memainkan Bonang dengan cara memukul untuk hasilkan bunyi ideofon.

12. Panting

Panting merupakan alat musik tradisional Indonesia dari Kalimantan Selatan. Panting adalah alat musik khas adat suku Banjar. Cara memainkanya dengan dipetik senaenya hasilkan bunyi kordofon.

13. Kecapi

Kecapi juga merupakan alat musik tradisonal Indonesia yang mendunia berasal dari Sulawesi Barat. Memainkanya dengan cara dipetik hasilkan bunyi kordofon.

14. Gong

Jawa Barat mempunyai alat musik tradisional khas Indonesia bernama Gong. Ukuran dari Gong cukup besar, sehingga untuk memainkannya adalah dengan cara dipukul secara khusus untuk menghasilkan bunyi yang membrafon.

15. Rebab

Rebab adalah alat musik tradisional Indonesia dari Jawa Barat. Bentuknya mirip busur panah. Cara memaonkanya digesek seperti biola.

16. Gendang Melayu

Selanjutnya ada gendang melayu. Merupakan alat musik tradisioal Indonesia dari Bangka Belitung. Cara memainkanya dengan dipukul hasilkan suara membranofon. Biasanya digunakan untuk musik marawis.

17. Tebangan

Tebangan berasal dari sumatera selatan. Bentuknya menyerupai rebana. Cara memainkanya sama dengan dipukul atau ditabuh.

18. Genggong

Genggong juga alat musik tradisional Indonesia dadri Sumatera selatan. Dimainkan dsngan ditiup seperti harmonika. Dulu gengfong untuk pelipur petani saat istirahat.

19. Kompang

Lampung juga memiliki alat musik tradisional khas Indonesia yang dikenal dengan nama Kompang. Alat musik ini terbuat dari bahan kulit kambing ataupun kulit kayu. Untuk memainkan Kompang caranya adalah dengan dipukul.

20. Jengglong

Terakhir kami akan memperkenalkan alat musik dari Jawa Barat bernama Jengglong. Bentuknya mirip gong hanya saja lebih kecil ukuranya. Cara memainkanya dengan dipukul dengan alat pemukul khusus

Nah itulah tadi macam macam alat musik tradisional Indonesia dari berbagai daerah yang wajib kita ketahui, baik dari anak-anak sampai orang dewasa. Tidak hanya dikenal di daerahnya masing masing atau secara nasional. Alat musik tradisional tanah air juga terkenal dan mendunia. Kita patut bangga dengan hal ini.

Dengan informasi ini, kita juga bisa menjaga warisan budaya yang ada di Indonesia, agar tidak diklaim oleh negera tentangga dan diakui bahwa alat-alat musik ini berasal dari negera mereka.