9 Daftar Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur - Alatmusik.id

9 Daftar Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur

Last Updated 2021-01-14T17:17:32+00:00
9 Daftar Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur

Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur - Nusa Tenggara Timur atau NTT adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terdiri dari banyak daerah. Termasuk yang terkenal seperti misalnya Pulau Timor barat, Sumba dan pulau Flores.

Banyaknya daerah yang ada di Nusa Tenggara Timur juga ikut melahirkan keberagaman seni dan budaya di NTT. Termasuk melahirkan berbagai karya seni dan musik musik daerah yang khas dimainkan dengan alat musik tradisional.

Artikel kali ini akan mengulas 9 alat musik tradisional dari Nusa Tenggara Timur yang patut kita jaga. Simak selengkapnya ulasanya dibawah ini :

1. Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur Sasando

Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur Sasando
Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur Sasando

Sasando adalah alat musik dari Pulau Rote NTT. Kata Sasando dari Bahasa Rote Sasandu artinya alat berbunyi atau bergetar. Ada banyak sumber sejarah tentang Sasando. Ada yang bilang sasando dimainkan sejak abad ke 6 oleh masyarakat Rote. Ada juga yang menyebut sasando jenis biola sudah mulai dimainkan sejak abad 18 di Kupang.

Sasando bentuknya tabung panjang dibuat dari bambu. Di tabung senar direntangkan pakai ganjalan untuk atur nada berbeda. Tabung bambu ini ditaruh di anyaman lontar untuk berikan getaran suara sasando.

Ada dua jenis sasando yaitu sasando biola dan sasando gong.Sasando gong gunakan skala nada pentatonik 12 senar. Sasando jenis ini untui mainkan musik tradisional Rote. sedangkan sasando biola punya skala nada diatonik dan jumlah senarnya 48. Sasndo biola untuk iringi beragam lagu.

Sejak 1960 sasando mulai tersentuh modernisasi, dimodifikasi menjadi sasando elektrik yang dicetuskan pakar sasando NTT Edu Pah.

2. Alat Musik Heo

Alat Musik Heo
Alat Musik Heo

Heo merupakan salah satu jenis alat musik gesek tradisional berasal dari Suku Dawan Timor tepatnya di NTT. Alat musik ini dibikin dari kayu dan alat geseknya dari ekor kuda dirangkai jadi ikatan di kayu penggesek, bentuknya mirip busur.Dawai alat musik heo dibuat dari usus kuskus yang sudah dikeringkan. Heo punya empat senar, tiap senar punya nama masing masing, yaitu: Dawai 1 dawai 2 dawai 3 dawai 4.

3. Alat Musik Foy Doa

Alat Musik Foy Doa
Alat Musik Foy Doa

Lanjut dengan Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur yaitu Foy Doa yang berasal dari Kabupaten Ngada. Nama Foy Doa memiliki makna suling ganda, bahan untuk membuatnya terdiri dari dua atau lebih bambu kecil atau buluh yang bergandengan.

Foy doa terdiri dua suling (atau lebih), digandeng untuk dimainkan bersama. Foy doa dimainkan anak anak atau remaja untuk permainan tradisional. Foy doa hasilkan nada nada ganda dan tunggal, ini bisa disesuaikan oleh pemain foa doa.

Foa doa biasanya untuk nyanyikan syair syair tentang kehidupan. Cama seperti main suling, foy doa cara mainya ditiup.

Dulu alat musik foy doa dimainkan sendirian. Sejak 1958 mulai dikolaborasi dengan berbagai alat musik tradisional lain seperti thobo, sowito, laba toka foy pay dan laba dera.

4. Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur Foy Pay

Alat Musik Foy Pay
Alat Musik Foy Pay

Termasuk dalam jenis suling Foy Pay merupakan salah satu Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur yang unik. Awalnya foy pay untuk iringi lagu lagu tandak. Dalam perkembanganya juga untuk irinfi musik tradisional upacara adat di banyak wilayah NTT. Alat musik satu ini hasilkan nada do rem fi fa sol.

5. Alat Musik Knobe Oh

Alat Musik Knobe Oh
Alat Musik Knobe Oh

Knobe oh adalah Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur terbuat dari kulit bambu. panjang alat musik ini 12,5 cm. Di bagian tengahnya dikerat jadi belahan bambu memanjang membentuk lidah untuk vibrator.

6. Alat Musik Knobe Khabetas

Alat Musik Knobe Khabetas
Alat Musik Knobe Khabetas

Alat musik tiup tradisional masyarakat Dawan dari NTT bernama Knobe Khabetas. Bentuknya mirip busur panah.Cara memainkanya dengan ditiup di ujing busur sambil digetarkan tali busurnya. alat musik ini dimainkan sebagai hiburan petani di ladang dan juga dimainkan para gembala ternak maupun untuk hiburan pribadi atau iringi upacara adat.

7. Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur Prere

Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur Prere
Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur Prere

Prere adalah alat musik khas NTT. Berupa alat bunyi dari ruas bambu kecil 15 cm. ruas bawah tertutup dan atasnya dipotong jadi lubang tiup.Ruas bawah dibelah untuk salurkan udara hasil tiupan dari tabung atas. Fungsi belahan bambu juga untuk lilit daun pandan mirip terompet untuk besarkan volume suara. Alat musik prere dimainkan untuk iringan pencak silat atau hiburan pribadi. Nada yang dihasilkan do dan re.

8. Alat Musik Sowito

Alat Musik Sowito
Alat Musik Sowito

Sowito adalah alat musik tradisional NTT. Bentuknya seruas bambu dicungkil kulitnya berukuran 2 cm yang diganjal batangan kayu kecil.Cungkilan kulit bambu ini fungsinya sebagai dawai.Cara memainkan sowito dengan dipukul pakai sebatang kayu seukuran jari tangan.Panjang kayu kurang dari 30 cm.Setiap ruas bambu hasilkan satu nada. Musik ini dibuat beberapa buah sesuai keperluan.

9. Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur Ketadu Mara

Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur Ketadu Mara
Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur Ketadu Mara

Ketadu mara adalah alat musik khas NTT merupakan jenis alat musik petik. Ketadu mara dibuat dari kayu dan tali serupa senar.

Alat musik ini lengkap dengan dua senar. di bagian puncaknya berbentuk kepala ayam.

Ketadu mara biasanya dimainkan untuk hiburan petani atau peternak dan untuk iringi tarian daerah. Selain itu ketadu mara bisa dibilang alat musik unik karena bisa untuk pikat wanita dan bunyinya disukai makhluk halus.

Itulah daftar 9 alat musik Nusa Tenggara Barat. Alat alat musik diatas merupakan ciri khas masyarakat NTT yang sampai sekarang masih eksis dan terus dilestarikan meski beberapa sudah alami modifikasi, tujuanya agar diminati kalangan muda.