6 Macam Alat Musik Sunda Yang Menjadi Warisan Budaya - Alatmusik.id

6 Macam Alat Musik Sunda Yang Menjadi Warisan Budaya

Last Updated 2021-01-12T07:43:11+00:00
6 Macam Alat Musik Sunda Yang Menjadi Warisan Budaya

Alat Musik Sunda - Suku sunda adalah salah satu suku di indonesia yang berada di pulau jawa, suku sunda termasuk ke dalam suku jawa yang menempati jawa bagian barat atau lebih tepatnya di daerah jawa barat. Suku sunda juga salah satu suku dengan populasi terbesar di Indonesia, oleh karena itu tak heran jika budaya sunda banyak tersebar di seluruh nusantara dan dapat dengan mudah dikenali oleh semua orang.

Orang sunda memiliki bahasa sendiri yang dinamakan bahasa sunda, bahasa daerah tersebut hingga saat ini masih banyak digunakan oleh sebagian besar orang sunda untuk komunikasi sehari hari baik komunikasi di pedesaan maupun di perkotaan sekalipun.

Selain bahasa, suku sunda juga mempunyai berbagai keunikan dan ciri khas sendiri salah satunya adalah alat musik nya. Orang-orang sunda sama seperti orang dari daerah lain yang menyukai musik. Seperti halnya di daerah lain, musik bagi suku sunda juga dapat digunakan untuk mengiringi berbagai acara adat dan juga sebagai hiburan.

Macam-Macam Alat Musik Sunda

Ada banyak alat musik yang dimainkan oleh suku sunda. Untuk itu berikut kami berikan beberapa contoh alat musik yang digunakan oleh orang sunda dalam kehidupan sehari-harinya.

1. Angklung

Angklung Alat Musik Sunda
Angklung Alat Musik Sunda

Angklung merupakan salah satu alat musik kebanggaan warga jawa barat dan suku sunda khususnya, alat musik angklung ini bahkan menjadi ikon alat musik khas sunda. Bahkan saat ini angklung sudah mendunia terbukti dengan ditetapkannya angklung oleh organisasi PBB UNESCO Sebagai alat musik khas Indonesia.

Alat musik angklung merupakan alat musik yang sederhana yang terbuat dari bamboo namun memiliki suara yang nyaring dan berirama. Cara memainkan alat musik angklung ini yakni cukup dengan digoyangkan saja, sehingga akan mengeluarkan bunyi suara yang nyaring.

Angklung banyak digunakan oleh masyarakat sunda untuk mengiringi musik-musik terutama musik untuk hiburan seperti tari-tarian dan untuk musik anak-anak. saat ini angklung sudah cukup populer dan banyak yang bisa menggunakannya karena dilestarikan secara terus menerus sehingga terjaga dan tak lekang oleh waktu meskipun sudah tergerus jaman yang serba modern ini.

2. Calung

Calung Alat Musik Sunda
Calung Alat Musik Sunda

Calung sebenarnya hampir serupa dengan angklung, sama-sama terbuat dari bamboo dan merupakan alat musik yang sangat familiar dengan suku sunda. Perbedaan antara angklung dan calung adalah jika angklung dimainkan dengan cara digoyangkan sedangkan calung dimainkan dengan cara ditabuh atau dipukul dengan pemukul.

Pemukul calung ini biasanya terbuat dari batang bambu yang tersusun sehingga nada yang dihasilkan akan selaras. Kebanyakan alat musik calung ini terbuat dari bambu hitam dan ada juga yang terbuat dari bamboo putih. Calung juga biasanya digunakan beriringan dengan alat musik lain sebagai instrumen pelengkap dalam iringan lagu atau nyanyian.

3. Karinding

Karinding Alat Musik Sunda
Karinding Alat Musik Sunda

Alat musik yang satu ini mungkin terdengar asing dan banyak yang belum tahu, namun bagi warga jawa barat khususnya warga sunda karinding merupakan alat musik yang lumrah dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Awalnya karinding digunakan untuk memanggil arwah leluhur untuk mengusir hama di sawah karena hama di sawah menyebabkan gagal panen dan membuat warga resah. Karinding merupakan alat musik tiup yang terbuat dari bambu dan pelepah kawung atau pelepah aren yang kemudian dirangkai dan ketika ditiup maka akan menghasilkan bunyi yang nyaring.

Memainkan karinding ini tergantung dari nafas, lidah dan pernafasan pemainnya, sehingga dibutuhkan teknik yang baik agar suara yang dihasilkan oleh karinding ini merdu dan enak untuk di dengar.

Saat ini karinding juga masih banyak digunakan pada acara adat dan beberapa ritual adat oleh masyarakat sunda.

4. Suling Sunda

Suling Sunda Alat Musik Sunda
Suling Sunda Alat Musik Sunda

Hampir semua daerah memiliki alat musik suling, namun setiap daerah biasanya memiliki ciri khas masing-masing yang membedakan antara alat musik suling yang satu dengan yang lainnya. salah satu alat musik suling yang sangat khas dan mudah dikenali adalah alat musik suling sunda.

Alat musik suling sunda ini memiliki ciri khas tersendiri yakni bunyi dan nada yang dihasilkan lebih melengking, merdu dan mendayu-dayu. Cocok untuk mengiringi musik yang sedih ataupun musik yang slow yang enak dinikmati ketika suasana tenang dan santai.

5. Celempung

Celempung Alat Musik Sunda
Celempung

Alat musik yang satu ini juga merupakan salah satu Alat Musik Sunda yang cukup banyak di mainkan oleh warga sunda, alat musik celempung terbuat dari bamboo.

Untuk diketahui, kebanyakan Alat Musik Sunda memang lebih banyak terbuat dari bahan bamboo karena disana banyak tersedia bahan dasar bambu yang melimpah di kebun bahkan di pekarangan sehingga dimanfaatkan sebagai alat musik oleh orang sunda.

Celempung ini selain berbahan dasar bamboo juga dilengkapi dengan senar dan sembilu dari bambu. Celempung ini dapat mengeluarkan suara unik yang menyerupai dengan suara gong atau suara gendang.

6. Toleat

Toleat Alat Musik Sunda
Toleat Alat Musik Sunda

Alat musik yang satu ini terbilang cukup unik karena bentuknya sendiri seperti suling namun suara yang dihasilkan merupakan suara dari hasil gesekan daun bambu yang berada di bagian penutupnya. Suara toleat ini mirip seperti suara saxophone dan banyak digunakan oleh masyarakat sunda untuk mengiringi lagu-lagu slow.

Demikianlah beberapa contoh Alat Musik Sunda yang cukup terkenal dan banyak di gunakan oleh oleh masyarakat sunda dalam kehidupan sehari-harinya.