10 Daftar Alat Musik Sumatera - Alatmusik.id

10 Daftar Alat Musik Sumatera

Last Updated 2021-01-05T13:35:54+00:00
10 Daftar Alat Musik Sumatera

Alat Musik Sumatera - Indonesia terkenal memiliki alat musik tradisional yang sangat banyak macamnya. Masing-masing daerah memiliki alat musik dengan ciri khas yang berbeda-beda satu sama lain. Salah satunya adalah alat musik sumatera yang ada banyak sekali sesuai dengan wilayahnya.

10 Daftar Alat Musik Sumatera

Berikut ini ada alat musik sumatera yang perlu kamu tahu sebagai ilmu pengetahuan tentang musik tradisional.

1. Arbab

Arbab Alat Musik Sumatera
Arbab Alat Musik Sumatera

Arbab merupakan jenis alat musik sumatera yang berasal dari Aceh. Arbab dimainkan dengan cara digesek. alat musik yang satu ini mirip dengan alat musik rebab, jika dilihat secara sepintas.

Arbab bahannya terbuat dari bahan seperti kayu, batok kelapa, dawai dan kulit kambing. Untuk memainkannya harus menggunakan busur yang dibuat menggunakan tumbuhan go arbab dan rotan.

Karena alat ini menghasilkan nada tertentu tergantung cara memainkannya, Alat musik ini masuk kedalam jenis alat musik melodis. Pada lagu hikayat kuno, alat musik ini sering dimainkan.

Namun saat ini penggunaan alat musik arbab sudah mulai berkurang, karena hilangnya minat generasi muda yang banyak beralih ke alat musik modern.

2. Alat musik daerah Aceh Canang

Alat musik daerah Aceh Canang
Alat musik daerah Aceh Canang

Canang merupakan alat musik yang berasal dari daerah Aceh yang bentuknya mirip dengan keong. Canang terbuat dari bahan dasar kuningan dalas dan Tamiang serta Gayo. Alat musik ini sering kali dijumpai di masyarakat suku Aceh.

Namun setiap daerah tersebut memiliki sebutan sendiri untuk alat musik ini. Jika di Aceh disebut juga dengan Canang Trieng, di Gayo banyak yang menyebut dengan Teganing, Jika di Alas alat musik ini disebut dengan Kecapi Olah dan bagi masyarakat Tamiang menyebut Kecapi.

Canang adalah alat musik dengan nada melodis. Alat musik Canang banyak dipakai ketika mengisi waktu luang, liburan atau sering juga digunakan sebagai hiburan ketika bekerja.

3. Talempong

Talempong
Talempong

Talempong merupakan alat musik yang terdiri dari gong kecil dan beraneka ragam. Alat musik talempong terbuat dari bahan perunggu atau kuningan. Sebenarnya alat musik Talempong juga hampir sama dengan Bonang yang ada di Jawa. Talempong sering digunakan untuk memperingati upacara adat di daerah jawa.

4. Gendang Tabuik

Alat Musik Sumatera Gendang Tabuik
Alat Musik Sumatera Gendang Tabuik

Alat musik yang berasal dari Bengkulu dan Sumatera barat ini dikenal sebagai alat musik yang sangat sakral. Bukan hanya itu, penggunaannya juga hanya dimainkan saat upacara peringatan beragama yang dilaksanakan hanya setahun sekali.

5. Alat Musik Taganing

Alat Musik Sumatera Taganing
Alat Musik Sumatera Taganing

Taganaing atau disebut juga dengan tagading, dalam Gondang Sabagunan dengan bentuk seperti gendang ini merupakan satu elemen instrumen yang wajib ada.

Taganing memiliki 5 buah gendang dengan intonasi bunyi yang berbeda. Cara memainkannya menggunakan Palu-Palu atau sepasang stik pemukul dengan cara dipukul. Partaganing merupakan sebutan untuk pemain alat musik Taganing

Untuk masing-masing gendang yang ada dalam taganing memiliki nama sendiri-sendiri diantaranya adalah tingting, paidua tingting, painonga, paidua odap, serta odap-odap.

Namun ternyata ada juga pemain yang menyetel taganing dengan 7 odap. Selain gendang yang disebutkan di atas ada tambahan lagi yaitu odap dan gordang. Untuk setelan Taganing sendiri tergantung dengan pemain yang memainkannya.

Alat musik taganing bahannya terbuat dari kayu, setiap kayu memiliki bentuk yang berbeda, ukuran yang berbeda sehingga menghasilkan intonasi bunyi yang berbeda.

Kebanyakan kayu yang dipakai untuk membuat Taganing yaitu kayu pohon jengkol, Kayu hau ampiras, kayu pohon nangka, kayu hau antungan.

Untuk masing-masing taganing tersebut juga memiliki ukuran yng berbeda-beda, mulai dari 18 sampai dengan 24 cm atau 40 cm sampai engan 55 cm.

6. Alat Musik Odap

Alat Musik Sumatera Odap
Alat Musik Sumatera Odap

Alat musik sumatera Odap berasal dari Batak Toba dan merupakan alat musik jenis membranofon. Odap sendiri merupakan instrumen gendang dengan dua sisi yang memiliki fungsi sebagai pembawa ritme.

Pada Gondang Sabangunan, Odap sering dimainkan sebagai pengiring lagu pada acara pawai.

7. Kulcapi Karo

Alat Musik Sumatera Kulcapi Karo
Alat Musik Sumatera Kulcapi Karo

Suku karo yang ada di Sumatera Utara memiliki alat musik bernama Kulcapi. Kulcapi menggunakan bahan dasar kayu yang dibentuk dan memiliki ukiran ornamen khas karo dan dawai memiliki dua senar.

Kulcapi sering dipakai sebagai alat musik tunggal atau bisa juga dengan dikolaborasikan dengan alat musik lain, misalnya keteng-keteng, gendang karo, balobat dan lain-lain.

Alat musik ini umumnya digunakan saat mengiringi nyanyian adat suku karo atau tarian adat.

8. Kecapi

Alat Musik Sumatera Kecapi
Alat Musik Sumatera Kecapi

Alat musik tradisional kecapi ini bukan merupakan alat musik asli yang berasal dari Sumatera selatan. Akan tetapi kecapi juga banyak dipakai oleh masyarakat adat yang ada di sumatera selatan.

Untuk daerah yang sering menggunakan kecapi di sumatera biasanya di daerah dengan mayoritas penduduk Jawa. Kecapi terbuat dari kayu serta tali senar yang berasal dari kawat logam yang tipis. Kecapi cara memainkannya adalah dengan dipetik untuk menghasilkan nada.

9. Terbangan

Alat Musik Sumatera Terbangan
Alat Musik Sumatera Terbangan

Alat musik terbangan juga bukan termasuk jenis alat musik asli yang berasal dari Sumatera. Namun alat musik ini sudah sering dipakai sejak dahulu oleh masyarakat yang ada di Sumatera selatan.

Terbangan merupakan alat musik Rebana yang dibawa oleh masyarakat Melayu Aceh untuk menyebarkan agama Islam di Sumatera Selatan.

Terbangan juga terdiri atas 4 buah rebana serta dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini juga sering dimainkan pada saat mengadakan upacara syukuran dan dimainkan bersamaan dengan alat musik serunai.

10. Marawis

Alat Musik Sumatera Marawis
Alat Musik Sumatera Marawis

Marawis juga banyak dimainkan di daerah yang sebaran umat Islamnya terbanyak di sumatera selatan.

Marawis dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu dengan nuansa Islam pada acara keagamaan. Bahan alat musik ini terbuat dari kayu dan kulit binatang serta tali.

Itulah beberapa daftar alat musik sumatera yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan tentang warisan budaya terutama alat musik tradisional.