8 Jenis-Jenis Alat Musik Sulawesi Utara - Alatmusik.id

8 Jenis-Jenis Alat Musik Sulawesi Utara

Last Updated 2021-01-09T14:42:22+00:00
8 Jenis-Jenis Alat Musik Sulawesi Utara

Alat Musik Sulawesi Utara - Sulawesi utara terkenal dengan pariwisata air yang dimilikinya. Selain itu juga kaya akan seni budaya yang dimilikinya mulai dari tarian tradisional sampai dengan alat musik tradisionalnya. Lalu apa saja jenis-jenis alat musik sulawesi utara?

Jenis-Jenis Alat Musik Sulawesi Utara

Di bawah ini akan kami jelaskan tentang jenis-jenis alat musik sulawesi utara yang perlu kamu tahu.

1. Alat Musik Yori

Alat Musik Yori Adalah alat Musik Sulawesi Utara
Alat Musik Yori Adalah alat Musik Sulawesi Utara

Yori merupakan alat musik yang termasuk jenis harpa mulut yang material bahan pembuatannya terbuat dari bambu, tali dari kulit kayu dan kulit pelepah enau.

Ditengah Yori terdapat bagian lidah-lidah yang berfungsi sebagai vibrator, rongga mulutnya sebagai resonator. Tali ini memiliki fungsi sebagai pengatur nada pada alat musik Yori.

Yori sering dimainkan pada saat terjadi gerhana bulan atau gerhana matahari di masyarakat suku Kulawi. Umumnya saat alat musik Yori dimainkan digunakan untuk menghibur diri, hal ini dikarenakan suara yang dihasilkan tidak keras.

2. Alat Musik Santu

Alat Musik Santu adalah alat musik sulawesi utara
Alat Musik Santu adalah alat musik sulawesi utara

Alat musik santu berasal dari Sulawesi utara yang terbuat dari bambu. Didalam alat musik ini pada bagian tengahnya terdapat lubang kecil yang disebut dengan resonator.Santu dimainkan dengan cara dipetik namun bisa juga dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan tongkat.

Ketika memainkannya, biasanya para pemain santu posisinya dengan duduk bersila dan santu berada dalam dekapan pemain.

Dalam kesehariannya santu dimainkan petani untuk hiburan pada saat waktu senggang serta sering juga dimainkan pada saat hasil panen yang melimpah.

3. Alat Musik Paree

Alat Musik Paree adalah Alat Musik Sulawesi Utara
Alat Musik Paree adalah Alat Musik Sulawesi Utara

Alat musik Paree terbuat dari bambu dan banyak digunakan sebagai hiburan dalam waktu senggang. Selain itu bisa juga berfungsi sebagai alat untuk perkenalan serta pergaulan antar kelompok masyarakat.

Alat musik Paree dibuat dengan menggunakan bahan buluh tui dan rotan sehingga Paree banyak yang memiliki warna kecoklatan.Untuk memainkan Paree kita hanya perlu memukul saja dengan telapak tangan.

4. Alat Musik Lalove

Alat Musik Lalove Adalah Alat Musik Sulawesi Utara
Alat Musik Lalove Adalah Alat Musik Sulawesi Utara

Alat musik tiup khas Sulawesi Utara yang dinamakan dengan Lalove ini dibuat dengan menggunakan bambu yang berukuran panjang. Dengan teknik bakar bagian badan alat masik ini dibuat bermotif tumpal dan motif bunga.

6 lubang yang terdapat pada Lalove ini berfungsi untuk mengatur nada. Dulu pada saat acara balia atau menyembuhkan orang sakit instrumen lalove dimainkan secara tunggal. Hal tersebut dikarenakan lalove dipercaya bisa memanggil roh untuk membantu menyembuhkan penyakit.

Saat ini agar Lalove tetap lestari maka sering dimainkan dengan alat musik lain, misalnya dengan gendang dan gong.

5. Alat Musik Kolintang

Alat Musik Kolintang Adalah Alat Musik Sulawesi Utara
Alat Musik Kolintang Adalah Alat Musik Sulawesi Utara

Kolintang merupakan salah satu alat musik yang terkenal dari daerah Minahasa di Sulawesi Utara. Kolintang umumnya terbuat dari kayu Minahasa yang ringan serta disusun secara horizontal.

Agar kita bisa memainkan alat musik ini maka kita membutuhkan 2 atau 3 tongkat mallet yaitu tongkat kecil. Malet tersebut bisa dibuat dengan menggunakan logam, kayu atau plastik dengan bagian ujung diikat menggunakan beludru, kain atau bisa juga dengan benang.

Ketika akan memainkan Kolintang maka kita bisa menggunakan jumlah mallet berdasarkan kebutuhan. Apabila kita memainkan kolintang dengan nada rendah maka hanya membutuhkan 2 mallet. Dan untuk memainkan nada tinggi membutuhkan 4 mallet.

Kita hanya perlu mengetukkan mallet pada susunan kayu ketika memainkan kolintang. Apabila ingin memainkan kolintang dengan nada tinggi dengan 3 mallet maka masing-masing tangan pemain memegang satu malet. Kemudian mallet yang satu diselipkan diantara jari tengah dan jari manis.

6. Alat Musik Momongan

Alat Musik Momongan adalah Alat Musik Sulawesi Utara
Alat Musik Momongan adalah Alat Musik Sulawesi Utara

Di daerah Minahasa alat musik ini berasal. Untuk memainkannya, kita hanya perlu memukul dengan menggunakan kayu atau tongkat pemukul.

Bahan untuk membuat momongan biasanya dengan menggunakan campuran logam perunggu. Dari dulu sampai sekarang Alat musik Momongan umum digunakan untuk mengiringi seni tradisional dan acara hiburan rakyat di Minahasa.

7. Alat Musik Salude

Alat Musik Salude adalah Alat Musik Sulawesi Utara
Alat Musik Salude adalah Alat Musik Sulawesi Utara

Salude adalah alat musik sejenis sitar tabung . Alat musik ini tergolong kedalam kelompok idio kordofon.Bahan untuk membuat salude umumnya berasal dari ruas bambu. Salude juga dilengkapi dengan menggunakan dua dawai yang berasal dari kuli ari bambu.

Pada bagian tengahnya ada lubang kecil yang berfungsi sebagai ruang untuk resonansi. Untuk memainkan alat masuk ini kita hanya perlu memetik dan dipukul dengan memakai pelepah pinang.

8. Alat Musik Sasesahang

Alat Musik Sasesahang adalah alat musik sulawesi utara
Alat Musik Sasesahang adalah alat musik sulawesi utara

Alat musik tradisional Sulawesi Utara ini berbentuk berbentuk menyerupai garpu tala dengan ujung yang runcing. Bahan untuk membuatnya yaitu berasal dari ruas bambu.

Sasesahang pada umumnya dipakai untuk keperluan pertunjukkan atau pergelaran seni musik tradisional. Ketika memainkan alat musik ini dibutuhkan sekitar 5 sampai 6 batang sasesahang yang memiliki nada berbeda.

9. Alat Musik Arababu

Alat Musik Arababu adalah alat musik sulawesi utara
Alat Musik Arababu adalah alat musik sulawesi utara

Alat musik khas Sulawesi ini identik dengan rebab, akan tetapi arababu hanya memiliki satu buah senar. Bahan untuk membuat arababu tempurung kelapa sebanyak dua buah dan alat penggesek sebanyak 3 buah.

Untuk bagian badan Arababu dibuat dengan menggunakan batok kelapa yang ditutupi pelepah bambu. Sedangkan bagian tangkai arababu yang dipakai untuk menempatkan senar dawai terbuat dengan menggunakkan bambu. Serat pisang Hote juga sering digunakan untuk dijadikan dawainya.

Untuk memainkan alat musik arababu ini dengan menggunakan tongkat gesek .Tongat gesek tersebut dibuat dari bambu serta serat pohon pisang Hote.

10. Alat Musik Gimba

Alat Musik Gimba adalah Alat Musik Sulawesi Utara
Alat Musik Gimba adalah Alat Musik Sulawesi Utara

Jika dilihat secara sepintas, alat musik ini mirip dengan kendang namun ukurannya lebih panjang serta bentuknya sedikit lebih bulat. Biasanya Gimba dimainkan sebagai pengiring dalam pertunjukan silat dan seni tari tradisional.

Alat musik ini memakai membran penghasil suara. Kulit anoa dan kulit kerbau atau sapi digunakan untuk membuat Membran.

Sedangkan rotan digunakan sebagai bahan tali pengikat membrane dan badan gimba. Agar bisa memainkan gimba maka kamu harus memukulnya. Selain itu gimba juga memiliki ukuran dengan berbagai macam variasi.

Demikian sedikit ulasan tentang jenis-jenis alat musik Sulawesi Utara. Semoga bermanfaat sebagai ilmu pengetahuan tentang jenis-jenis alat musik Sulawesi utara sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan.