Mengenal Alat Musik Sampe Dari Suku Dayak Kalimantan - Alatmusik.id

Mengenal Alat Musik Sampe Dari Suku Dayak Kalimantan

Last Updated 2021-01-13T08:05:04+00:00
Mengenal Alat Musik Sampe Dari Suku Dayak Kalimantan

Suku Dayak merupakan salah satu suku yang berasal dari Kalimantan Timur, Suku ini ternyata memiliki beragam budaya dan adat yang unik termasuk memiliki alat musik tradisional bernama Sampe.

Lalu apa itu alat musik sampe? Untuk mengetahui lebih detail tentang sejarah, fungsi, bahan dan cara pembuatan dan cara memainkan alat musik sampe silahkan baca artikel kami di bawah ini ya guys!

Apa Itu Alat Musik Sampe?

Alat Musik Sampe
Alat Musik Sampe

Sampe adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Suku Dayak yang ada di Kalimantan timur dan untuk memainkan alat musik ini caranya adalah dengan dipetik.

Sejarah Alat Musik Sampe

Sejarah Alat Musik Sampe
Sejarah Alat Musik Sampe

Berdasarkan artikel yang kami kutip dari Wikipedia.Org, Sejarah dari alat musik Sampe ini berasal dari suku dayak yang sebagian besar menetap di daerah Kalimantan dari zaman dahulu. Nenek moyang orang Melayu tertua di Pulau Kalimantan memiliki peradaban dan budaya yang menghasilkan adat dan tradisi yang unik dan khas. Salah satunya adalah alat musik tradisional bernama Sampe yang memiliki ciri dan kegunaan yang khas.

Pada kehidupan keseharian dari suku Dayak, seni bermusik adalah salah satu yang tidak boleh dilewatkan dalam sebuah acara seperti upacara adat dan musik juga digunakan untuk hiburan. Selain alat musik sampe yang merupakan salah satu jenis alat musik petik tradisional dari suku Dayak, masih ada berbagai alat musik lainnya seperti alat musi tip dan alat musik pukul.

Sedangkan alat musik sampe sendiri berasal dari kata sampe yang artinya adalah memetik dengan jadi dalam bahasa dayak. Tetapi ternyata di sub etnis suku dayak yang ada di Kalimantan penamaan alat musik ini berbeda-beda. Ada yang menyebutnya dengan nama Sampe', Sape', ada juga yang menyebutnya dengan kecapai.

Walaupun masih termasuk dalam alat musik petik, alat musik tradisional Sampe ini cara memainkannya berbeda dengan gitar pada umumnya. Jika ketika kita memainkan gitar hanya menggunakan satu tangan untuk memetik senarnya, dan tangan lain untuk mengatur nada pada senar. Maka ketika memainkan Sampe, kamu dapat memainkan dengan jari-jari kedua tangan. Jika gitar umum memiliki 6 dawai atau senar, maka Sampe hanya memiliki 3 sampai 4 dawai atau senar.

Dahulu sampe dibuat menggunakan senar dari serat pohon enau, tetapi berkembangnya jaman sekarang Sampe sudah banyak yang menggunakan kawat kecil untuk dijadikan dawainya. Di bagian kepala Sampe atau ujung gagang akan dipasangkan sebuah hiasan dengan ukuran yang bergambar taring dan juga kepala dari burung enggang.

Fungsi Alat Musik Sampe

Fungsi Alat Musik Sampe
Fungsi Alat Musik Sampe

Untuk Sampe sendiri yang merupakan alat musik tradisional dari Kalimantan terutama suku Dayak memiliki fungsi untuk menyatakan perasaan pemainnya baik perasaan senang, sayang, rindu atau suka duka. Dahulu Sampe sering dimainkan pada siang dan malam hari tetapi ada perbedaan di waktu tersebut. Jika dimainkan di siang hari maka irama yang dimainkan adalah perasaan senang dan gembira dan jika dimainkan di malam hari maka irama dimainkan adalah irama sedih, syahdu dan sendu.

Alat musik sampe jika didengarkan akan membuat orang lain tersentuh bahkan sampai merinding karena berdasarkan keyakinan masyarakat suku daya ini adalah alat musik yang sakral. Dan sampai sekarang tuah sampe masih banyak diyakini oleh banyak sesepuh dari suku Dayak. Sehingga Sampe sampai sekarang masih sering dimainkan saat ada perayaan upacara adat. Selain itu Sampe juga sering digunakan dalam acara pesta rakyat ataupun mengiringi sebuah tarian khas suku dayak.

Selain itu fungsi dari memainkan alat musik sampe juga untuk menyatakan perasaan, utamanya untuk kaum lelaki dayak yang ingin menarik perhatian wanita dayak lainnya yang dia sukai.

Cara Memainkan Alat Musik Sampe

Cara Memainkan Alat Musik Sampe
Cara Memainkan Alat Musik Sampe

Jika berbicara tentang cara memainkan Sampe, kamu harus menyelaraskan senar sampe yang akan dipetik sesuai dengan perasaan yang ingin disampaikan ketika memainkannya. Karena setiap stem senar sampai yang diatur akan menghasilkan suara atau nada yang berbeda-beda.

Untuk menyelaraskan senarnya kamu bisa memindahkan ndon. Untuk memetik sampe gunakan kedua jari tangan untuk memetiknya, sehingga menghasilkan cord yang berbeda.

Bahan dan Cara Pembuatan Alat Musik Sampe

Bahan dan Cara Pembuatan Alat Musik Sampe
Bahan dan Cara Pembuatan Alat Musik Sampe

Untuk membuat Alat Musik Sampe dibutuhkan kayu khusus atau pilihan dengan kualitas terbaik. Umumnya kayu digunakan untuk membuat Sampe adalah kayu Meranti, kayu Tabalok, kayu Marang, kayu Adau, atau Kayu Pelentan. Karena jenis kayu tersebut kuat dan tidak mudah pecah. Untuk penggunaan senar atau dawai sampe bisa menggunakan tali dari serat pohon aren atau serat pohon enau, tetapi perkembangan zaman telah merubah senar yang terbuat dari bahan kawat yang tipis.

Untuk cara pembuatan pertama kamu harus memotong batang pohon pilihan yang telah diseleksi kualitasnya, kemudian kayu dilubangi memanjang, lanjut dengan diukir. Setelah itu membuat gagang sebesar kepalan tangan, lalu bagian ujungnya dibuat berlubang untuk stem senarnya dengan jumlah yang disesuaikan dengan dawai atau senar yang akan dipasangkan.

Di setiap lubang ditusuk menggunakan ujung pisau untuk memasang senar agar dapat dililitkan dan mengatur putaran stemnya. Terakhir lanjut dengan menambahkan ornamen atau ukiran khas dayak dengan gambar burung enggang dan juga taring dari hewan buruan. Terakhir pasangkan senar dan selaraskan nada menggunakan belahan rotan yang telah dipotong, kemudian rekatkan dengan kelulut agar sesuai dengan nada yang akan dihasilkan.

Itulah penjelasan detail mengenai alat musik Sampe dari suku Dayak dari mulai sejarah, fungsi, cara memainkan dan juga bahan serta cara pembuatannya.