Mengenal Alat Musik Saluang dan Cara Memainkannya - Alatmusik.id

Mengenal Alat Musik Saluang dan Cara Memainkannya

Last Updated 2021-01-13T12:29:41+00:00
Mengenal Alat Musik Saluang dan Cara Memainkannya

Kita semua pasti tahu yang namanya suling atau seruling tapi kamu apakah mengetahui alat musik Saluang? Jika kamu belum tahu tentang jenis alat musik mirip suling satu ini salahkan simak penjelasan lengkapnya disini.

Di Indonesia sendiri alat musik tiup sebagai alat musik tradisional sangat beragam jenisnya, setiap alat musik tiup akan memiliki ciri khas masing-masing. Termasuk alat musik tradisional yang berasal dari tanah minang yaitu Saluang.

Apa itu Alat Musik Saluang?

Alat Musik Saluang
Alat Musik Saluang

Saluang merupakan sebuah alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera barat atau lebih tepatnya adalah dari Minangkabau. Alat musik tiup ini bahan untuk membuatnya adalah dari bahan bambu tipis atau terbuat dari Talang. Talang paling bagus untuk dibuat Saluang adalah talang yang sudah hanyut dan ditemukan di sungai serta talang digunakan untuk jemuran kain.

Saluang juga termasuk dari jenis suling, tapi cara membuatnya lebih sederhana dengan membuat 4 buah lubang saja. Untuk ukuran panjang dari Saluang sekitar 40 cm sampai 60 cm, untuk diameternya antara 3 cm sampai 4 cm.

Pembuatan Alat Musik Saluang

Pembuatan Alat Musik Saluang
Pembuatan Alat Musik Saluang

Untuk membuat alat musik saluang maka dibutuhkan penentu pada bagian bawah dan atasnya saat membuat lubang. Jika membuat saluang dari bahan bambu, maka bagian atas saluang adalah bagian bawah dari ruas bambu yang akan dibuat. Pada bagian atas saluang diserut agar membentuk meruncing dengan kemiringan 45 derajat atau menyesuaikan ketebalan bambunya.

Dalam membuat 4 lubang dimulai dari 2/3 panjang bambu untuk lubang pertama, untuk mengukurnya dari bagian atas, sedangkan untuk lubang kedua sampai keempat dibuat dengan jarak setengah lingkaran dari bambu yang digunakan. Jika ingin menghasilkan suara yang bagus dan bulat maka besarnya lubang dibuat bulat dengan garis tengah sebesar 0,5 centimeter.

Cara Memainkan Alat Musik Saluang

Cara Memainkan Alat Musik Saluang
Cara Memainkan Alat Musik Saluang

Orang yang memainkan alat musik Saluang harus mengetahui teknik meniup dan menarik nafas yang tepat untuk menghasilkan suara yang pas. Teknik meniup saluang mengharuskan pemain meniup dan menarik nafas secara bersama-sama sehingga saat memainkannya bisa kuat dari awal sampai akhir lagu tanpa putus-putus.

Untuk melatih pernafasan maka pemain harus berlatih terus menerus, sehingga bisa memainkan saluang sampai full lagu. Untuk teknik meniup saluang ini dinamakan manyisiahan angok. Setiap daerah di minangkabau telah mengembangkan teknik meniup saluang yang berbeda-beda.

Ada beberapa ciri khas cara meniup Saluang seperti Pauah, Singgalang, Suayan, Koto Tuo, Pariaman, dan Solok Salayo. Dari berbagai ciri khas ini yang paling dianggap sulit adalah Singgalang untuk pemula. Untuk ciri khas Ratok Salok memiliki bunyi paling sedih.

Kabarnya di jaman dahulu pemain saluang menggunakan mantra untuk mendapatkan simpati dari penontonnya, nama mantranya adalah Pitunang Nabi daud.

Fungsi Alat Musik Saluang

Fungsi Alat Musik Saluang
Fungsi Alat Musik Saluang

Apa saja fungsi dari alat musik saluang? Untuk fungsi dan tujuan penggunaannya adalah sebagai berikut :

  • Untuk fungsi dari Saluang sendiri umumnya digunakan untuk alat pengiring nyanyian yang dinyanyikan oleh seorang wanita.
  • Selain itu fungsi dari alat musik satu ini adalah untuk mengiringi acara adat, upacara adat, mengiringi berbagai pertunjukan adat dan juga saat acara panen padi serta acara perayaan adat lainnya.

Jadi bisa disimpulkan selain digunakan dalam acara adat, saluang juga digunakan untuk hiburan atua untuk menghibur diri.

Jenis ALat Musik Saluang

Jenis-Jenis Alat Musik Saluang
Jenis-Jenis Alat Musik Saluang

Untuk berbicara tentang jenis, Saluang memiliki beberapa jenis seperti Saluang Klasik, Saluang Minang dan Saluang Dangdut. Pada setiap jenis ini memiliki ciri khas tersendiri dan paling populer saat ini adalah Saluang Dangdut. Karena sekarang banyak musik dangdung sekarang ini menggunakan alat pengiring Saluang.

Untuk mendapatkan alat musik satu ini juga sekarang sangatlah mudah, kamu bisa menemukan banyak penjual seperti di Tokopedia, Shopee, Bukalapak atau toko online lainnya.

Harga Alat Musik Saluang

Harga Alat Musik Saluang
Harga Alat Musik Saluang

Untuk kamu yang mungkin ingin mengoleksi alat musik tiup tradisional terutama Saluang, sekarang kamu dapat dengan mudah mendapatkanya di Toko Online ataupun Marketplace. Untuk harga yang kami cek terbaru saat ini kamu dapat membeli alat musik saluang dengan harga sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu.

Perbedaaan Suling dan Saluang

Jika kita lihat sepintas antara suling dan saluang memiliki bentuk yang sangat mirip. Apalagi kedua alat musik ini cara memainkannya adalah dengan ditiup. Lalu apa perbedaannya?

  • Pertama suling memiliki 6 lubang untuk menghasilkan nada, sedangkan untuk Saluang memiliki 4 sampai 6 lubang untuk menghasilkan nadanya.
  • Suling merupakan alat musik yang berasal dari daerah jawa barat sedangkan untuk Saluang adalah alat musik tiup yang berasal dari Minangkabau atau Sumatera Barat.
  • Untuk ukuran panjang Suling memiliki panjang 60 cm, sedangkan untuk Saluang memiliki panjang dari 40 cm sampai 60 cm dengan diameter 3 cm sampai 4 cm.

Jadi itulah penjelasan tentang perbedaan suling dan saluang, jadi sekarang sudah paham kan apa yang membedakan kedua alat musik tiup tradisional satu ini.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan tentang pembahasan alat musik saluang, dengan informasi satu ini diharapkan kamu bisa mengetahui berbagai jenis alat musik tiup tradisional dari Indonesia.