10 Jenis Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya - Alatmusik.id

10 Jenis Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya

Last Updated 2021-01-11T22:24:06+00:00
10 Jenis Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya

Alat Musik Ritmis - Menurut fungsi dan jenisnya. Alat musik pada umumnya dibagi menjadi beberapa bagian jenis dan fungsinya. Yaitu sebagai alat musik melodis, alat musik harmonis, dan juga menjadi alat musik ritmis.

Tiap jenis alat musik digolongkan sesuai jenisnya. Nah artikel kali ini akan mengulas apa itu alat musik ritmis beserta cara memainkanya.

Apa Itu Alat Musik Ritmis?

Alat musik ritmis sendiri tak menghasilkan suatu irama. Fungsinya lebih sebagai pengiring suatu instrumen, pengiring irama.dan pengatur tempo lagu.

Umumnya setiap jenis alat musik ritmis akan memiliki cara memainkan dan bentuk yang berbeda satu sama lainnya. Biasanya alat musik ini dimainkan dengan digesek diguncang atau banyak juga yang memainkanya dengan cara dipukul untuk hasilkan suara.

Alat musik ritmis di tanah air cukup banyak. Bahkan beberapa diantaranya merupakan alat musik tradisional yang digunakan untuk mengiringi pertunjukan adat seperti upacara adat, tarian tradisional maupun sebagai instrumen sakral lainya. Seperti misalnya di Papua dan Maluku. kedua wilayah ini punya alat musik tradisional yaitu tifa.

Tifa adalah alat musik tradisional ritmis khas indonesia timur bentuknya mirip kendang dan cara memainkanya dipukul atau ditabuh. Tifa sudah menjadi bagian dari identitas bagi masyarakat papua dan maluku.

Contoh Alat Musik Ritmis dan cara memainkanya

Selain tifa, masih banyak lagi alat musik ritmis yang mungkin perlu diketahui. Berikut akan kami jabarkan tentang 10 jenis alat musik ritmis dan cara memainkanya dengan detail.

1. Alat musik ritmis Triangle

Alat Musik Ritmis Triangle
Alat Musik Ritmis Triangle

Triangle merupakan alat musik ritmis. Bentuknya segitiga dan cara memainkanya dengan dipukul pakai stik.

Tinggi rendahnya nada triangle tergantung dari bahan dasar pembuatanya. Walaupun digolongkan sebagai alat musik ritmis. Tapi triangle tak punya tangga nada. Ketika memainkan alat musik Triangle kita harus menyesuaikan dengan lagu dan musik yang sedang dimainkan.

2. Tamborin

Tamborin Alat Musik Ritmis
Tamborin Alat Musik Ritmis

Tamborin merupakan alat musik ritmis. Cara memainkannya dengan digoyangkan dan ditabuh. suara tamborin gemerincing yang biasa dikolaborasikan dengan suara tabuhan. Tamborin punya sejumlah kerincingan logam kecil di sekeliling bingkai. Ini akan keluarkan bunyi gemerincing kalau digoyang.

Bingkai kayu adalah bahan dasar untuk membuat tamborin yang dilengkapi membran pelapis dari plastik maupun kulit sapi. Biasanya tamborin dimainkan dengan dipegang secara vertikal lalu digoyang dengan salah satu tangan. Disertai tabuhan di membran kulit memakai tangan lainya.

3. Kendang

Alat Musik Ritmis Kendang
Alat Musik Ritmis Kendang

Kendang atau gendang adalah instrumen gamelan jawa yang fungsinya untuk mengatur irama. Cara memainkan kendang dengan memukulnya. Jenis kendang seperti kendang ciblon/kebar, kendang ketipung, kendang kecil.

4. Alat musik ritmis Tifa

Alat musik ritmis Tifa
Alat musik ritmis Tifa

Alat musik tifa adalah alat musik tradisional asalnya dari Indonesia timur di lapua dan maluku. Ini adalah jenis alat musik ritmis. Agak mirip dengan gendang tapi suara tifa lebih ringan.

Tifa biasanya dimainkan saat upacara adat atau tarian nasional dan acara acara sakral lainya. Cara memainkanya dengan dipukul. pemain tifa kebanyakan laki laki.

5. Kastanyet

Alat Musik Ritmis Kastanyet
Alat Musik Ritmis Kastanyet

Kastanyet adalah alat musik ritmis yang umum digunakan pada iringan tarian khas dari Negara Spanyol. Alat musik ini terdiri dari sepasang kepingan kayu keras bentuknya gading gajah (cekung)

Cara memainkan kastanyet dengan menaruhnya di tangan kiri. Dan tangan kanan menepuk tangan kiri yang lengang kastanyet.

6. Marakas

Alat Musik Ritmis Marakas
Alat Musik Ritmis Marakas

Alat musik ritmis ini berasal dari daerah amerika latin yang umum digunakan dalam iringan tarian Sasa. Marakas ini biasanya juga identik dengan suasana pantai, marakas hasilkan suara semarak.

Cara memainkan marakas dengan digoyang untuk hasilkan bunyi. Bunyian ini karena adanya didalam karakas diisi butiran kecil.

7. Alat musik ritmis Gong

Alat musik ritmis Gong
Alat musik ritmis Gong

Gong adalah alat musik ritmis yang sangat terkenal. alat musik satu ini biasanya dipakai untuk iringi musik musik tradisional seperti di tanah air, jepang, thailand dan cina.

Alat musik gong dibuat dari bahan dasar logam. Seperti kuningan, besi, perunggu perak dan bahkan emas bisa juga untuk membuat gong.

Cara memainkan gong dengan memukulnya menggunakan pemukul khusus yang dibuat dari kayu dibalut kain tebal. Alat pemukul ini bisa jaga fisik gong dan hasilkan getaran bunyi lebih bagus.

8. Simbal

Alat Musik Ritmis Simbal
Alat Musik Ritmis Simbal

Simbal adalah alat musik ritmis yang sangat tua. sudah ada sejak dulu. Simbal terdiri dari dua lempeng logam bentuknya lingkaran dan menonjol pada bagian tengah.

Memainkan simbal dengan cara menggesekan atau membenturkan kedua lempeng tersebut. Marching band biasanya menggunakan simbal tangan.

9. Rebana

Alat Musik Ritmis Rebana
Alat Musik Ritmis Rebana

Rebana merupakan alat musik ritmis bentuknya kendang kecil, bundar dan pipih. Ada bingkai yang bentuknya lingkaran terbuat dari kayu dibubut.

Di salah satu sisi rebana berlapis kulit kambing untuk ditabuh/tepuk ketika memainkanya. Di tanah air alat musik ritmis ini lazimnya dimainkan untuk iringi tarian saman dan ratoeh jaroe aceh. Cara memainkan rebana dengan memukulnya gunakan telapak tangan.

10. Alat musik ritmis Timpani

Alat musik ritmis Timpani
Alat musik ritmis Timpani

Timpani merupakan alat musik ritmis pukul serupa drum. Alat musik timpani terbuat dari bahan kulit pada bagian kepalanya. Kulit ini dipakaikan pada atas sebuah mangkuk besar, secara tradisional mangkuk besar ini dibuat dari tembaga.

Cara memainkan timpani dengan memukulnya gunakan alat namanya mallet timpani sejenis stik. Cara memainkan timpani dan fungsi timpani sama seperti drum.

Nah itulah tadi 10 alat musik ritmis yang perlu kamu ketahui. Alat musik ini tak punya tangga nada dan hanya berfungsi iringi suatu instrumen atau irama lagu. Di tanah air, alat alat musik ritmis seperti diatas sangat populer dan beberapa diantaranya menjadi alat musik tradisional. Semoga informasi ini bermanfaat.