13 Alat Musik Riau Yang Wajib Kita Ketahui - Alatmusik.id

13 Alat Musik Riau Yang Wajib Kita Ketahui

Last Updated 2021-01-12T12:56:36+00:00
13 Alat Musik Riau Yang Wajib Kita Ketahui

Alat Musik Riau - Riau adalah salah satu provinsi di indonesia yang pastinya tidak asing didengar. Letaknya di bagian tengah Pulau sumatera. Diantara pantai timur pulau sumatera, sepanjang pesisir selat malaka.

Di Riau terdapat banyak suku. Seperti suku jawa, Minang, Batak, Bugis, Sunda, hingga Tionghoa. Dan di pulau ini ras Melayu adalah suku paling mendominasi.

Keberagaman suku di rau menghasilkan budaya budaya unik. Disana juga terdapat berbagai jenis alat musik tradisional yang tersebar di kalangan masyarakat.

Jenis-Jenis Alat Musik Riau

Berikut ini daftar alat musik riau yang perlu diketahui sebagai warisan budaya musik tradisional :

1. Gambus

Gambus Riau
Gambus Riau

Gambus adalah alat musik instrumental tradisional yang ada di hampir semua wilayah melayu termasuk di Riau. Alat musik Gambus digunakan untuk pengiring zapin pentas. Gambus dari riau diadopsi dari gambus al ud yang tadinya cuma dimainkan di rumah atau dimainkan diatas perahu hibur nelayan.

2. Gambang Camar

Gambang Camar
Gambang Camar

Alat Musik Gambang Camar adalah alat musik khas Riau yang bahan pembuatannya terbuat dari kombinasi antara bahan logam dan kayu.

Termasuk dalam keluarga Xilofon, Gambang Camar memiliki 6 bilah kayu berwarna hitam yang ditempatkan di rak yang bersayap. Biasanya gambang camar dimainkan ketika acara hiburan sehari hari atau peringatan hari besar agama Islam.

3. Alat Musik Riau Gendang Silat

Alat Musik Riau Gendang Silat
Alat Musik Riau Gendang Silat

Alat Musik Riau yang khas lainnya adalah Gendang Silat. Bahannya terbuat dari rotan kulit hewan dan kayu. Gendang ini memiliki ciri khas dengan gendang yang mirip dengan gendang berkepala ganda.

Umumnya alat musik ini digunakan untuk mengatur irama sebuah lagu atau juga berfungsi sebagai penentu dan pengubah pada gerakan pada sebuah tarian seperti Tari Silat khas Riau.

4. Gendang Nobat

Gendang Nobat
Gendang Nobat

Gendang nobat merupakan alat musik Riau yang harus kita ketahui. Istilah nobat asalnya dari bahasa persia Nau. Artinya sembilan dan bat artinya alat musik. Untuk membuat gendang ini dibutuhkan kulit hewan, rotan dan kayu. Gendang nobat termasuk salah satu alat musik melayu yang berasal dari Riau.

Biasanya gendang nobay dimainkan bersama gendang negara, kopok kopok gong mahagyru dan nafiri.

Alat musik ini sakral dan lagu lagunya tak boleh dimainkan sembarangan dan alat musik ini tak boleh dilangkahi. Pemain gendang nobat asalnya dari keluarga kerajaan. Gendang nobat adalah replika gendang nobat dari kesultanan indragiri, aslinya disimpan keluarga sultan mahmud ke 25.

5. Alat Musik Riau Gong

Alat Musik Riau Gong
Alat Musik Riau Gong

Riau juga punya alat musik tradisional gong. gong dibuat dari logam dan kayu. di riau gong dipakai untuk iringi seni suara, joget, dan seni tarian. Dalam instrumen nobat gong dijadikan alat musik hasilkan suara penyemangat.

6. Nafiri

Nafiri Alat Musik Riau
Nafiri Alat Musik Riau

Alat musik tradisional dari kepulauan Riau ini bahan untuk membuatnya adalah dari kayu. Alat musik ini bentuknya mirip serunai dan masuk dalam golongan hobo. Nafiri juga dimalaysia merupakan alat musik khas yang hanya dimainkan saat upacara kerajaan.

Suaranya berbeda suara alat musik tiup lainya walaupun bentuknya mirip terompet. Ini dibuktikan misalnya ketika nafiri dimainkan pertunjukan seni tradisional riau bernama mak yong. Alat musik nafiri diyakini sebagai alat musik yang konon bisa memanggil roh leluhur.

7. Rebana Ubi

Rebana Ubi
Rebana Ubi

Ini adalah alat musik tradisional Riau yang juga wajib kita ketahui. Cara memainkanya dengan memukul dengan tangan. Alat musik ini jenis gendang dan masuk golongan perkusi.

Jika dibandingkan dengan rebana pada umumnya rebana ubi ukuranya lebih besar. Diameter terkecilnya saja bisa capai 70 cm dan tingginya 1 meter. Agar bisa dimainkan rebana ubi digantung horizontal atau diletakan di lantai.

Dulu, rebana ubi konon punya fungsi sebagai penyebar berita pernikahan atau adanya mara bahaya datang. Rebana ini ditaruh di tempat tinggi. Rebana juga difungsikan seperti kentongan dengan cara dipukul dan setiap ritme memiliki informasi yang berbeda-beda sesuai dengan yang ingin disampaikan.

8. Akordeon

Akordeon Alat Musik Riau
Akordeon Alat Musik Riau

Alat musik tradisional Riau Akordeon dari Melayu Riau bisa dikatakan bentuk dan ukuran sangat mirip dengan akordeon dari Jerman. Alat musik khas riau ini hasilkan tangga nada diatonik, sesuai lirik lagu pantun.

Cara memainkannya, dengan memegangnya pakai dua tangan. Kemudian mainkan tombol akord pakai jari jari tangan kiri. Dan tangan kanan memainkan melodi lagu. Pemain biasanya sangat terampil berganti ganti tangan.

9. Alat Musik Riau Genggong Talang Mamak

Alat Musik Riau Genggong Talang Mamak
Alat Musik Riau Genggong Talang Mamak

Genggong merupakan sejenis harpa mulut. alat musik tradisional dari Riau ini bahan pembuatannya adalah berasal dari kayu. Selain riau genggong talak mamang juga tersebar di berbagai daerah lain di tanah air. Biasanya alat musik ini dimainkan untuk isi waktu luang sebagai hiburan.

10. Marwas

Marwas
Marwas

Nama lain dari alat musik ini adalah merwas, atau meruas yang merupakan salah satu dari jenis gendang berkepala ganda. Marwas dibuat dari kayu, kulit hewan dan rotan. marwas dimainkan untuk pemberi tempo pada tarian zapin. dipadukan dengan suling madruf, biola dan gambus.

11. Gedombak

Gedombak
Gedombak

Gedombak adalah alat musik tradisional khas Riau yang bentuknya menyerupai gendang. Gedombak dibuat dari kulit hewan, kayu dan rotan. Gedombak biasanya dipakai untuk iringan teater mak yong dimainkan bersama alat musik lainya seperti nafiri, breng breng, ceracap dan gong tetawak.

12. Kompang

Kompang
Kompang

Kompang adalah alat musik Melayu yang cukup populer dan salah satu alat musik khas riau. Kepopuleranya lantaran alat musik satu ini sering dipakai dalam beragam acara besar dan acara sosial.

Alat musik kompang kuga biasanya dipakai untuk iringi musik musik gambus. Mirip dengan rebana, tapi kompang tak punya cakram gemerincing di sekelilingnya.

13. Bebano

Bebano Alat Musik Riau
Bebano Alat Musik Riau

Bebano adalah alat musik perkusi tradisional khas Riau yang dipakai untuk iringi suara Bukoba (koba), yakni tradisi lisan yang lazimnya dipentaskan saat acara pernikahan.

Nah itulah tadi informasi tentang alat musik dari riau yang harus kamu ketahui, agar warisan budaya terutama musik tradisional daerah bisa selalu dilestarikan dan banyak yang mengetahuinya.