7 Jenis Alat Musik Pentatonis Asli Indonesia - Alatmusik.id

7 Jenis Alat Musik Pentatonis Asli Indonesia

Last Updated 2021-01-14T08:08:22+00:00
7 Jenis Alat Musik Pentatonis Asli Indonesia

Alat Musik Pentatonis - Alat musik pentatonis merupakan alat musik yang memiliki 5 nada dalam satu oktafnya. Kita sering menjumpai alat musik pentatonis ini pada gamelan Jawa.

Selain gamelan jawa, sebenarnya masih ada alat musik pentatonis yang lain. Untuk lebih jelasnya tentang apa saja alat musik yang termasuk jenis Pentatonis asli Indonesia bisa kita simak ulasan berikut ini.

1. Alat Musik Pentatonis Calung

Alat Musik Pentatonis Calung
Alat Musik Pentatonis Calung

Alat musik Calung berasal dari tanah sunda atau jawa barat. Calung juga sering dimainkan dengan alat musik lain seperti angklung yang juga merupakan alat musik dari Sunda.

Bahan untuk membuat calung berasal dari bambu berjenis bambu awi temen atau bambu awi wulung. Cara memainkan Calung sangat mudah cukup dengan cara dipukul-pukul.

Calung rantay dan calung jinjing adalah 2 jenis calung yang umum dimainkan. Untuk memainkan calung jenis Rantay bisanya para pemain akan duduk bersilang, untuk memainkan calung jinjing berarti pemain harus menderetkan calung, lalu sambil berdiri memainkan calung.

Pada mulanya calung digunakan hanya untuk mengiringi ritual perayaan adat sunda, namun seiring dengan berkembangnya jaman, saat ini calung juga sering dimainkan hanya untuk hiburan masyarakat.

2. Alat Musik Pentatonis Gamelan Degung

Gamelan Degung Alat Musik Pentatonis
Gamelan Degung Alat Musik Pentatonis

Alat musik pentatonis selanjutnya yaitu gamelan degung atau yang lebih dikenal dengan gamelan sunda. Gamelan yang berasal dari Jawa Barat ini terdiri darirebab, suling degung, bonang, kecapi,jengglong, kulanter, gambang,saron, Kendang, gong dan panerus.

Biasanya akan ada penambahan suling, kendang dan rebab, tetapi hal itu berdasarkan kebutuhan musikal. Ciri khas dari gamelan sunda ini adalah adanya suara mendayu-dayu yang berasal dari alat musik suling dan rebab yang mendominasi dari gamelan ini.

Ada tiga jenis gamelan yang ada di sunda yaitu gamelan renteng, gamelan salendro dan gamelan ketuk tilu.

3. Tifa

Alat Musik Pentatonis Tifa
Alat Musik Pentatonis Tifa

Tifa juga termasuk salah satu alat musik pentatonis. Untuk memainkan Tifa adalah dengan cara dipukul, Alat musik ini asal Papua ini bahan utama terbuat dari dari kayu yang berbentuk tabung.

Biasanya kayu yang dipakai untuk membuat Tifa merupakan kayu Lenggua yang terkenal sangat kuat dan berkualitas baik.

Alat musik Tifa ini mengeluarkan suara khas seperti gendang. Tetapi suara tifa dkeluarkan atau dihasilkan akan berbeda tergantung dari ukurannya.

Umumnya tifa digunakan untuk alat musik pengiring acara updacara adat, peringatan adat dan juga digunakan untuk pengiring tarian tradisional khas Papua.

Jika dilihat secara umum, Tifa merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Indonesia bagian Timur. Kita bisa menemukan alat musik ini di Papua maupun Maluku.

Akan tetapi Tifa yang berasal dari kedua tempat itu memiliki perbedaan terutama pada bentuknya. Jika Tifa yang berasal dari Papua memiliki bentuk seperti permen dan ada pegangan di sampingnya. Berbeda dengan Tifa yang asalnya dari Maluku karena memiliki tabung biasa diberdisirkan dan dimainkan tanpa adanya pegangan.

4. Alat Musik Pentatonis Gambang Kromong

Alat Musik Pentatonis Gambang Kromong
Alat Musik Pentatonis Gambang Kromong

Gambang kromong berasal dari kata gambang dan kromong yang merupakan nama alat musik tradisional. Alat musik ini merupakan perpaduan musik pribumi dan cina.

Unsur cina pada alat musik ini bisa dilihat dari instrumen seperti Tehyan, kongahyan dan sukong. Sedangkan unsur pribuminya berupa gendang, kempul, gong enam,krecek, serta ningnong.

Memang pada awalnya, gambang kromong merupakan bentuk ekspresi cina peranakan. Lagu gambang kromong juga masih dinyanyikan dalam bahasa china sampai awal abad ke-19.Barulah pada abad ke 20, kita bisa mendengar lagu gambang kromong dalam bahasa Betawi.

5. Silu

Alat Musik Silu Alat Musik Pentatonis
Alat Musik Silu Alat Musik Pentatonis

Silu termasuk salah satu alat musik pentatonis yang berasal dari Bima NTT. Alat musik ini sudah ada sejak zaman kesultanan Bima dan Dompu. Saat itu Silu difungsikan untuk pengiring penyambutan kedatangan Tuan Kita Karaeng Ballasari yang sedang mengadakan kunjungan ke Bima dengan menggunakan perahu.

Namun saat ini, alat musik silu umumnya dikombinasikan dengan gendang saat dimainkan. Biasanya masyarakat Bima dan Dompu dimainkan pada acara upacara adat khitan khas Bima dan Dompu atau yang dikenal dengan acara suna ro ndoso.

Alat musik yang termasuk kategori pentatonis ini dimainkan dengan cara ditiup secara vertikal. Maksudnya yaitu posisi peniupan suling lurus kedepan.

Saat ini alat musik tradisional ini cukup sulit untuk kita temui. Kemungkinan hanya para tetua saja yang memilikinya.

6. Genggong

Alat Musik Pentatonis Genggong
Alat Musik Pentatonis Genggong

Bali memiliki berbagai kebudayaan yang terkenal, salah satunya yaitu alat musik Genggong. Genggong memiliki bentuk persegi panjang dan pada bagian tengahnya diiris. Pada salah satu ujung genggong, diikatkan dengan menggunakan tali agar bisa menghasilkan getar dan suara.

Cara memainkannya yaitu dengan diletakkan diantara mulut, namun tidak ditiup. Mulut hanyalah sebagai penyangga saja. Kemudian tali yang berada pada ujung genggong ditarik dan diulur ke arah kanan depan sehingga tali akan bergetar yang menghasilkan bunyi.

Alat musik Genggong sering dimainkan saat acara hiburan, seperti pernikahan maupun pertunjukkan tari tradisional. Bahan untuk membuat genggong yaitu dari pelepah pohon enau yang tua dan kering

7. Alat Musik Pentatonis Sarone

Alat Musik Pentatonis Sarone
Alat Musik Pentatonis Sarone

Sarone merupakan alat musik tiup yang hampir sama dengan klarinet. Sarone terbuat dari bambu dan daun kelapa. Kemudian pada mulut sarone tersebut terdapat lidah tunggal yang direkatkan yang terbuat dari bambu tipis.

Sarone juga memiliki 4 lubang nada, untuk memainkannya biasanya berkelompok dan dikombinasikan dengan alat musik lain seperti rebana ode dan rebana rea.

Agar nantinya sarone bisa menghasilkan suara yang jernih dan menarik, maka sebelum dimainkan sarone terlebih dahulu diasapi dengan menggunakan kemenyan.

Sarone juga merupakan alat musik tertua dari para leluhur orang Bima. Dan sampai saat ini juga masih ada yang memainkan alat musik sarone walaupun bisa dibilang sangat sedikit. Hal itu juga tak lepas dari gempuran alat musik modern.

Demikian ulasan mengenai alat musik pentatonis yang kami sajikan, semoga bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuian tentang jenis dari lat musik pentatonis.