4 Jenis Alat Musik Papua Barat Yang Wajib Diketahui - Alatmusik.id

4 Jenis Alat Musik Papua Barat Yang Wajib Diketahui

Last Updated 2021-01-14T04:53:22+00:00
4 Jenis Alat Musik Papua Barat Yang Wajib Diketahui

Alat Musik Papua Barat - Papua barat adalah sebuah provinsi di indonesia yang berada di ujung timur yang berbatasan langsung dengan Negara papua new guinea. Papua barat sejak zaman Indonesia merdeka awalnya masih satu provinsi dengan irian jaya.

Namun karena semakin maju dan berkembangnya daerah tersebut maka provinsi irian jaya dipecah menjadi dua yakni dengan adanya pemekaran provinsi. Saat ini daerah papua barat menjadi provinsi yang berdiri sendiri yang dinamakan provinsi papua barat.

Meskipun dipecah menjadi dua provinsi, Namun kebudayaan yang melekat pada masyarakat papua barat masih tetap sama dengan irian jaya. Karena sejatinya papua barat dan irian jaya merupakan satu rumpun suku yakni suku papua yang memiliki kebudayaan, adat istiadat, tradisi dan banyak lagi kesamaan yang dimiliki.

Salah satu hal yang cukup khas dan unik dari papua barat adalah terdapat banyak alat musik tradisional khas papua yang dapat anda temukan disana, Bahkan alat musik tradisional khas papua ini masih sangat sering digunakan oleh warga papua barat baik untuk acara sehari-hari maupun untuk acara lainnya.

Seperti yang kita tahu, Orang-orang di daerah timur sangat menyukai musik bahkan tak jarang banyak penyanyi-penyanyi berbakat bersuara emas berasal dari indonesia bagian timur termasuk juga irian barat.

Oleh karena itu di daerah Indonesia bagian timur terdapat banyak alat musik tradisional yang sudah ada sejak jaman dahulu yang digunakan untuk iringan musik baik untuk menari maupun bernyanyi.

Daftar Alat Musik Papua Barat

Agar kita lebih mengenal lebih dekat dengan alat musik tradisional khas papua ini, Maka berikut kami berikan beberapa contoh Alat Musik Papua Barat yang perlu anda ketahui.

1. Alat Musik Yi

Alat Musik Papua Barat Yi
Alat Musik Papua Barat Yi

Yi merupakan Alat Musik Papua Barat yang berupa alat musik tiup, sebenarnya jika di daerah lain Yi itu sama halnya dengan alat musik suling. Namun alat suling dari papua barat ini berbeda dengan suling dari daerah lainnya meskipun cara mainnya sama-sama dengan cara ditiup.

Yi biasanya terbuat dari kayu berbentuk silinder berwarna coklat atau hitam khas kayu. Yi digunakan oleh masyarakat papua barat untuk berbagai upacara adat dan salah satunya yang paling sering digunakan adalah untuk mengumpulkan penduduk.

Sampai saat ini yi masih sering digunakan oleh masyarakat, namun jumlahnya semakin sedikit dan jarang karena semakin sedikit pengrajin yang membuat alat musik ini.

2. Alat Musik Papua Barat Tifa

Alat Musik Papua Barat Tifa
Alat Musik Papua Barat Tifa

Bisa jadi alat musik yang satu ini merupakan alat musik yang paling terkenal dan menjadi ciri khas warga papua. Alat musik yang satu ini sudah terkenal hingga ke penjuru nusantara dan setiap orang pasti mengenalnya sebagai alat musik tradisional khas papua.

Ya benar sekali, alat musik tradisional khas papua ini bernama tifa. Alat musik tifa ini merupakan alat musik tabuh atau alat musik pukul yang sering digunakan oleh masyarakat papua untuk iringan musik, Seperti misalnya pada saat upacara pernikahan, upacara adat, dan upacara-upacara penting lainnya.

Alat Musik Papua Barat tifa ini sangat mirip dengan gendang, bahkan cara memainkannya pun sama dengan memainkan gendang. Hanya saja tifa terbuat dari sebuah batang kayu yang di lubangi bagian tengahnya kemudian pada salah satu sisinya ditutup dengan menggunakan penutup.

Untuk penutupnya sendiri, Yang paling banyak digunakan sebagai penutup adalah kulit rusa. Namun terlebih dahulu kulit rusa dikeringkan hingga mengering agar menghasilkan bunyi yang nyaring.

Tifa sendiri memiliki banyak jenisnya dan setiap jenisnya memiliki keunikan suara masing-masing, Dahulu tifa digunakan sebagai iring-iringan untuk berperang.

Namun saat ini tifa lebih banyak digunakan sebagai iring-iringan upacara-upacara adat seperti pesta pernikahan dan upacara lainnya serta diiringi dengan tarian-tarian khas papua.

3. Triton

Alat Musik Triton
Alat Musik Triton

Mungkin ada sebagian dari anda ada yang masih asing dengan nama alat musik tradisional khas papua yang satu ini, Hal ini dikarenakan namanya terlalu modern dan seperti bukan dari papua. Alat musik tradisional yang satu ini bernama triton.

Meskipun namanya kebarat-baratan namun alat musik triton ini merupakan alat musik asli khas papua. Triton terbuat dari cangkang kerang yang di lubangi pada bagian ujungnya, Kemudian cara memainkan alat musik triton ini adalah dengan ditiup.

Alat Musik Papua Barat triton ini dahulu banyak digunakan untuk memanggil bantuan ketika perang, Namun dengan seiring berkembangnya zaman dan sudah tidak ada lagi perang antar suku maka triton hanya digunakan sebatas untuk hiburan saja.

4. Alat Musik Guoto

Alat Musik Papua Barat Guoto
Alat Musik Papua Barat Guoto

Selanjutnya ada Alat Musik Papua Barat yang cukup khas dan unik yakni guoto, Alat musik tradisional khas papua ini merupakan alat musik petik. Berbeda dengan alat musik lainnya yang kebanyakan merupakan alat musik tiup dan tabuh, alat musik guoto yang satu ini merupakan salah satu alat musik petik yang cukup terkenal di suku papua.

Alat musik guoto ini terdiri dari kayu, kulit lembu dan senar atau dawai. Tentu saja bahan dasar yang digunakan adalah kayu yang berkualitas, kulit lembu yang berkualitas dan senar atau dawai yang bagus. Karena hal ini dapat mempengaruhi suara yang dihasilkan nantinya.

Sama seperti alat musik lain pada umumnya, guoto juga digunakan pada acara-acara adat untuk iring-iringan musik maupun untuk iring-iringan tarian. Alat musik guoto ini sangat disukai oleh suku papua karena bunyi dawai nya nyaring dan indah.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan agar kamu mengenal jenis-jenis alat musik papua barat, sehingga kamu tidak hanya mengetahui seni dan kebudayaan dari daerah asalmu saja.