7 Jenis Alat Musik Orchestra Yang Wajib Ada - Alatmusik.id

7 Jenis Alat Musik Orchestra Yang Wajib Ada

Last Updated 2021-01-13T14:10:02+00:00
7 Jenis Alat Musik Orchestra Yang Wajib Ada

Alat Musik Orchestra - Orchestra adalah sebuah pertunjukan para musisi profesional yang berpadu menjadi satu dan para musisi tersebut merupakan musisi yang ahli dalam bidangnya masing-masing, Yaitu terutama ahli dalam bidang memainkan alat musik.

Orchestra sudah ada sejak jaman dahulu bahkan menjadi pertunjukan yang sangat digemari terutama oleh para kaum bangsawan di eropa maupun di Negara barat. Bahkan banyak musisi-musisi dunia dari jaman dahulu yang melegenda dan masih terkenal hingga saat ini berkat kepiawaiannya dalam memainkan alat musik di dalam orchestra. Karya-karyanya masih bisa dinikmati hingga saat ini dan menjadi masterpiece atau sebuah karya seni sepanjang masa yang tak lekang oleh waktu.

Orchestra di mainkan oleh banyak pemain dan tentunya harmonisasi antara alat musik pemain yang satu dengan pemain lainnya merupakan hal yang sangat penting dan krusial. Maka dari itu, dalam memainkan musik orchestra maka harus ada pemimpinnya atau bisa juga di sebut sebagai dirigen atau konduktor.

Dirigen bertanggung jawab penuh terhadap harmonisasi alat-alat musik yang dimainkan oleh para pemain sehingga menghasilkan musik yang indah. Biasanya dirigen menggunakan gerak isyarat menggunakan tangannya yang menggenggam tongkat kecil untuk mengatur sebuah pertunjukan orchestra.

Ada banyak alat musik yang dimainkan oleh para pemain orchestra, Jenisnya pun ada banyak mulai dari alat musik gesek, alat musik tiup, alat musik petik, dan berbagai alat musik lainnya. Hampir semua jenis alat musik ada di setiap pertunjukan orchestra.

Jenis-Jenis Alat Musik Orchestra

Untuk lebih mengenali lebih dalam tentang alat-alat musik orchestra berikut kami berikan beberapa ulasan mengenai alat musik orchestra yang umum digunakan di setiap pertunjukan orchestra.

1. Biola

Biola Alat Musik Orchestra
Biola Alat Musik Orchestra

Biola merupakan alat musik gesek yang banyak digunakan dalam pertunjukan musik orchestra, Suara biola yang merdu dan nyaring menjadikan biola merupakan salah satu instrumen yang wajib yang harus ada dalam sebuah pertunjukan musik orchestra.

Biasanya dalam satu pertunjukan orchestra terdapat tidak hanya satu pemain biola namun banyak jumlahnya dan memainkan not atau nada yang berbeda-beda yang di padukan sehingga pertunjukan orchestra akan terdengar lebih indah untuk di nikmati.

2. Cello

Cello Alat Musik Orchestra
Cello Alat Musik Orchestra

Selanjutnya dalam daftar alat musik orchestra ada alat musik cello yang juga banyak digunakan dalam pertunjukan orchestra, cello masih satu jenis dengan biola namun cello memiliki nada yang lebih rendah satu oktaf dibanding biola pada umumnya.

Selain itu cello juga bisa digunakan sebagai bass karena memiliki nada yang rendah, Uniknya cello bisa dimainkan dengan dua cara yakni dengan cara digesek dan juga dipetik tergantung sesuai dengan kebutuhannya.

3. Piano

Piano Alat Musik Orchestra
Piano Alat Musik Orchestra

Hampir semua orang kenal dengan alat musik orchestra yang satu ini, Alat musik piano merupakan alat musik yang sangat populer dan banyak diminati oleh semua orang. Hal ini dikarenakan alat musik piano merupakan alat musik yang mengeluarkan bunyi suara yang indah.

Piano merupakan salah satu alat musik yang cara memainkannya adalah dengan di tekan. Dalam satu pertunjukan orchestra biasanya terdapat satu pemain piano.

4. Clarinet

Clarinet Alat Musik Orchestra
Clarinet Alat Musik Orchestra

Clarinet ini merupakan alat musik tiup, Clarinet masih sejenis dengan terompet. Hanya saja clarinet memiliki bentuk yang lebih kecil dan lebih pendek. Cara memainkan alat musik clarinet ini dengan cara ditiup dengan posisi vertikal berbeda dengan seruling yang dimainkan dengan ditiup dengan posisi horizontal.

Alat musik clarinet ini mengeluarkan bunyi yang nyaring dan tinggi dan biasanya dalam sebuah pertunjukan orchestra clarinet dimainkan oleh beberapa pemain sekaligus.

5. Harpa

Harpa Alat Musik Orchestra
Harpa Alat Musik Orchestra

Salah satu alat musik tertua di dunia adalah Harpa, di parkiran harpa sudah ada sejak 3.000 tahun sebelum masehi. Hal ini terbukti dengan adanya lukisan pada piramida di mesir yang menggambarkan seseorang sedang memainkan alat musik harpa.

Namun harpa pada zaman dahulu memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan harpa pada zaman modern saat ini. Harpa merupakan alat musik petik yang memiliki 46 senar dengan jangkauan nada hingga 6 oktaf sampai dengan 12 oktaf.

Harpa juga salah satu alat musik yang memiliki bentuk yang besar dan menjadi jajaran alat musik besar yang ada dalam sebuah pertunjukan orchestra. Biasanya harpa dimainkan oleh satu orang dalam sebuah pertunjukan orchestra.

6. Chimes

Alat Musik Orchestra Chimes
Alat Musik Orchestra Chimes

Salah satu alat musik yang jarang dimainkan namun selalu ada dalam alat musik orchestra adalah alat musik chimes. Dalam kamus bahasa inggris, Chimes berarti lonceng namun chimes di sini di artikan bukan sebagai lonceng. Lebih tepatnya chimes merupakan alat musik jenis perkusi yang dimainkan dengan menggunakan alat pemukul.

Chimes sendiri memiliki suara seperti deringan lonceng namun lebih nyaring dan lebih tinggi. Chimes terbuat dari logam yang berbentuk panjang dan yang disusun secara digantung dan sejajar kemudian dimainkan dengan cara disentuh atau dipukul dengan tongkat kecil.

7. Terompet

Alat Musik Orchestra Terompet
Alat Musik Orchestra Terompet

Alat musik terompet ini tentu saja sudah cukup terkenal dan banyak orang yang mengetahuinya, Terompet merupakan alat musik tiup yang memiliki bentuk panjang kemudian melebar bulat pada bagian ujungnya.

Semakin lebar ujungnya biasanya suara yang dihasilkan semakin tinggi dan semakin besar. Terompet biasa digunakan dalam musik orchestra dan menjadi salah satu instrumen musik yang wajib ada dalam sebuah pertunjukan musik orchestra. Terompet biasanya dimainkan oleh beberapa orang sekaligus dalam sebuah pertunjukan orchestra.

Sekian yang dapat kami sampaikan tentang beberapa jenis alat musik orchestra yang umum digunakan dalam seni pertunjukan yang mewah dan megah.