6 Alat Musik Modern Yang Umum Digunakan Dalam Pertunjukan - Alatmusik.id

6 Alat Musik Modern Yang Umum Digunakan Dalam Pertunjukan

Last Updated 2021-01-14T03:58:48+00:00
6 Alat Musik Modern Yang Umum Digunakan Dalam Pertunjukan

Alat Musik Modern - Di jaman modern ini, musik adalah sesuatu hal yang universal dan banyak disukai oleh semua kalangan dan semua orang di dunia. Bahkan tak hanya terpaku di dalam satu daerah saja, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini musik bisa dinikmati oleh seluruh orang di seluruh dunia. Karena dengan adanya internet, Maka semua orang bisa mengakses musik dengan mudah.

Banyak genre musik yang semakin berkembang sejak jaman dahulu hingga saat ini, jika dahulu genre musik tergolong sangat sedikit dan cukup monoton namun sekarang genre musik cukup berkembang pesat dan banyak jenisnya. Misalnya saja genre musik pop, musik rock, musik jazz, musik R&B, musik blues bahkan musik tradisional khas Negara maupun daerah masing-masing.

Setiap genre musik memiliki penggemarnya masing-masing sesuai dengan selera pribadi pendengarnya, Dan biasanya setiap genre musik memiliki ciri khas tersendiri yang ditandai dengan nada, irama serta instrumen alat musik yang digunakan untuk mengiringi musik tersebut.

Ada banyak instrumen alat musik dalam industri musik modern yang pastinya sudah familier untuk kita yang lahir di era modern ini. Kebanyakan alat-alat musik modern menggunakan sumber daya listrik untuk memainkan alat musik tersebut. Begitu banyak alat musik modern saat ini, Namun kali ini akan kita bahas beberapa alat musik modern yang perlu anda ketahui.

1. Gitar Elektrik

Alat Musik Modern Gitar Elektrik
Alat Musik Modern Gitar Elektrik

Pada dasarnya gitar elektrik merupakan gitar biasa yang dimodifikasi, jika gitar biasa merupakan gitar yang terbuat dari kayu dan terdapat lubang pada bagian tengahnya yang berguna sebagai resonansi maka berbeda dengan gitar elektrik. Karena gitar elektrik merupakan gitar yang menggunakan aliran listrik sebagai daya nya.

Bentuknya sama seperti gitar dan memiliki senar namun bedanya pada gitar elektrik ini tidak mempunyai lubang di bagian tengahnya. Karena gitar elektrik tidak mengandalkan resonansi melainkan mengandalkan listrik sebagai aliran daya nya untuk memainkan gitar elektrik ini.

Selain tidak memiliki lubang di bagian tengahnya, gitar elektrik juga berbentuk lebih tipis dan pipih. Untuk memainkannya sendiri, Gitar elektrik ini juga memerlukan alat tambahan agar lebih maksimal dan dapat menghasilkan berbagai macam efek suara.

2. Keyboard Music

Alat Musik Modern Keyboard Music
Alat Musik Modern Keyboard Music

Mendengar namanya mungkin anda akan teringat dengan keyboard komputer atau PC, namun keyboard yang satu ini berbeda. Karena keyboard yang di maksud di sini adalah sebuah alat musik modern yang bentuknya seperti piano namun telah di modifikasi.

Ada beberapa perbedaan yang mencolok antara keyboard dan piano. Alat musik piano terlebih dahulu ditemukan di banding dengan keyboard, Piano dibuat dengan manual dan mengandalkan suara-suara hasil getaran tuts piano yang ditekan sedangkan keyboard adalah alat musik yang berbentuk seperti piano namun lebih kecil dan harus menggunakan listrik untuk memainkannya.

Keyboard saat ini banyak digunakan untuk mengiringi penyanyi, Karena keyboard ini dapat menghasilkan berbagai macam bunyi alat musik yang menarik dan bisa di padukan menjadi iringan musik yang lengkap dalam satu alat musik yakni keyboard.

3. Clarinet

Alat Musik Modern Clarinet
Alat Musik Modern Clarinet

Alat musik yang satu ini merupakan alat musik modern yang cukup banyak digunakan terutama pada acara konser maupun orchestra sebagai pengiring lagu. Alat musik klarinet ini adalah alat musik tiup yang cara kerjanya sama persis seperti alat musik terompet.

Clarinet mengeluarkan suara yang lebih jernih dan lebih merdu namun tentunya suara yang dikeluarkan oleh clarinet ini tergantung sesuai dengan bagaimana cara pemain memainkan alat musik tersebut.

4. Drum

Alat Musik Modern Drum
Alat Musik Modern Drum

Drum adalah alat musik yang cukup modern karena drum modern ini merupakan kumpulan dari beberapa alat musik yang menjadi satu kemudian dimainkan oleh pemain drum atau lebih sering disebut sebagai drummer. Biasanya drum digunakan untuk mengiringi lagu-lagu modern terutama pada sebuah band.

Drummer memiliki peranan yang sangat penting karena drummer memegang beberapa alat musik sekaligus yang harus dimainkan secara harmonis sesuai dengan ketukan nadanya. Cara memainkan alat musik drum ini sama layaknya seperti kendang yakni di tabuh.

Namun untuk memainkan drum ini tidak menggunakan tangan kosong melainkan menggunakan alat pemukul drum atau biasa dikenal sebagai stik drum. Biasanya dalam satu drum terdapat beberapa komponen drum di dalamnya yang memiliki melodi sendiri ketika dimainkan.

5. Harmonica

Alat Musik Modern Harmonica
Alat Musik Modern Harmonica

Alat musik yang satu ini merupakan alat musik tiup yang cukup simpel dan mudah dibawa kemana-mana. Harmonica memiliki ukuran yang kecil bahkan bisa dimasukkan ke dalam saku, Hal ini dikarenakan harmonika merupakan alat musik tiup yang mana besarnya hanya sebatas mulut saja.

Cara memainkan alat musik harmonika ini adalah dengan ditiup maka harmonica akan mengeluarkan nada suara yang sedikit melengking namun merdu.

6. Saxophone

Alat Musik Modern Saxophone
Alat Musik Modern Saxophone

Alat musik modern yang satu ini juga hampir mirip dengan terompet namun memiliki lengkungan dan semakin lebar di bagian atasnya, saxophone juga merupakan alat musik tiup yang cara mainnya sama dengan terompet maupun clarinet.

Alat musik saxophone ini juga dapat mengeluarkan suara yang melodic sesuai dengan tangga nada. Saat ini saxophone banyak digunakan untuk mengiringi musik-musik santai dan musik klasik seperti misalnya orchestra, musik jazz, musik blues dan beberapa musik lainnya yang masuk ke dalam musik bergenre santai dan enak di dengarkan untuk relaks.