10 Macam Alat Musik Minangkabau Yang Wajib Diketahui - Alatmusik.id

10 Macam Alat Musik Minangkabau Yang Wajib Diketahui

Last Updated 2021-01-14T16:00:26+00:00
10 Macam Alat Musik Minangkabau Yang Wajib Diketahui

Alat Musik Minangkabau - Indonesia kaya budaya selain kaya sumber daya alam. kekayaan budaya ini tersebar di berbagai tempat di pelosok tanah air. Mulai dari kekayaan budaya seni tari, seni rupa, adat istiadat hingga seni musik dan masih banyak lagi.

Uniknya kekayaan budaya ini digali dari daerah daerah di Indonesia asli sehingga nampak ciri khas yang kuat. Pastinya anugerah kekayaan budaya ini harus dijaga bersama sama agar tetap terjaga dan tidak diklaim oleh Negara lain.

Salah satu daerah yang kaya budaya adalah daerah Minangkabau, Sumatera Barat. Disana banyak kearifan lokal dan budaya tradisional yang masih terjaga dan secara turun temurun terus dijaga. Termasuk alat alat musik tradisional yang sampai saat ini masih terus dimainkan masyarakat Minang.

10 Macam Alat Musik Minangkabau

Berikut ini 10 daftar alat musik Minangkabau yang termasuk alat musik tradisional. simak selengkapnya berikut ini.

1. Alat Musik Saluang

Alat Musik Saluang
Alat Musik Saluang

Saluang adalah salah satu alat musik tradisional yang khas adat Minangkabau. Alat musik tiup Saluang ini bahan untuk membuatnya dari talang atau bambu tipis. Orang Minangkabau sendiri yakin bahan ini paling bagus untuk membuat saluang adalah tala g untuk jemur kain, atau yang biasa dijumpai hanyut di kali.

Alat musik saluang masuk golongan suling tapi cuma terdiri empat lubang saja. Panjang saluang sekitar 40 cm sampai 60 cm dan diameternya 3-4 cm. Seperti suling, cara memainkan saluang yaitu ditiup untuk hasilkan bunyi. Tiupan yang keluar dari mulut getarkan dinding dalam saluang. Saluang bisa hasilkan frekuensi nada diatonis.

Pemain saluang terkenal adalah Idris Sutan Sati dam penyanyinya bernama Syamsinar. Kehebatan pemain saluang adalah bisa memainkan saluang dengan menarik nafas dan meniup berbarengan. jadi pemain saluang bisa memainkan alat musik dari awal dan akhir lagu tak terputus. Ini butuh latihan keras agar bisa hasilkan suara khas bernuansa gotik yang kelam.

Di Minangkabau punya masing masing cara dan gaya dalam memgembangkan teknik meniup saluang.

Di daerah Payokumbuah, saluang cukup magis. disertai dendang dengan lirik magia disebut saluang Sirompak.

2. Alat Musik Minangkabau Bansi (Suling Minang) Sunting

Bansi (Suling Minang)
Bansi (Suling Minang)

Bansi atau Suling Minang adalah alat musik khas Minangkabau. Terdiri 7 lubang, bentuknya pendek. Bisa dimainkan untuk iringi lagu modern maupun tradisional lantaran punya da diatonik. dan garis tengahnya sekitar

Ukuran Bansi kira kira 33,5 – 36 cm 2,5—3 cm. Bansi dibuat dari Talang atau juga sariak. Alat musik bansi tidak gampang dimainkan baik cara meniupnya yang susah juga karena panjangnya susah dijangkau jari.

3. Alat Musik Pupuik Batang Padi

Pupuik Batang Padi
Pupuik Batang Padi

Alat musik tradisional khas Minangkabau ini terbuat dari batang padi. Di ujung ruas batang, dibikin lidah kalau ditiup hasilkan bunyi. Di ujungnya dililit daun kelapa mirip terompet. Bunyi alat musik ini cukup melengking.

4. Alat Musik Sarunai (Klarinet Minang)

Sarunai (Klarinet Minang)
Sarunai (Klarinet Minang)

Alat musik Minangkabau lainya adalah saruni atau klarinet minang. Asal kata Saruni dari kata Shehnai artinya alat musik di lembah Kashmir India. Sarunai terdiri dua potong bambu beda besarnya.

Alat musik serunai punya empat lubang nada hasilkan bunyi melodis. Alat musik satu ini sudah jarang dipakai karena susah membuatnya dan nada yang dihasilkan tidak banyak digunakan.

5. Alat Musik Pupuik Tanduak

Pupuik Tanduak
Pupuik Tanduak

Pupuik Tanduak adalah alat musik Minangkabau yang bahan untuk membuatnya adalah dari tanduk kerbau. Di bagian ujung dipotong datar untuk meniup bentuknya hitam bersih mengkilat. Alat musik ini tak dipakai untuk iringi tarian atau nyanyian tapi sebagai peluit dengan nada tunggal. Dulu dipakai aba aba untuk pemberitahuan pengumuman di kampung kampung.

6. Alat Musik Talempong (Bonang Minang)

Talempong (Bonang Minang)
Talempong (Bonang Minang)

Talempong adalah alat musik Minangkabau. Di Jawa disebut Bonang. Bentuknya gong kecil, ditaruh datar. Talempong dibuat dari kuningan, batu maupun kayu. Talempong biasanya u tuk iringi tarian tradisional seperti tari Piring. Penari bunyikan piring dengan cincin saling sahut menyahut. Susunan nadanya dari Do sampai Si.

Cara memainkan Talempong mirip main Kempul atau marimba dengan nada ganda. Yaitu tangan kanan dan kiri.

7. Alat Musik Minangkabau Rabab ( Rebab Minang)

Rabab ( Rabab Minang)
Rabab ( Rabab Minang)

Rabab asalnya dari Arab sebagai Rebab, juga dijumpai wilayah lain seperti Sunda Jawa Deli dan lain lain. Cara memainkanya digesek. Rabab Minang unik, punya efek suara serak karena adanya membran suara dibawah bridge. Badan rabab terbuat dari batok kelapa.

8. Alat Musik Aguang (Gong Minang)

Aguang (Gong Minang)
Aguang (Gong Minang)

Aguang adalah alat musik Minang. Aguang disebut gong dan bentuknya sama seperti yang ada di Melayu Jawa dan Sunda. Gong biasanya sifatnya pukulan ke satu tiga dan penutup.Sedangkan hong kecil di pukulan kedua dan keempat. Ada juga variasinya dengan rentaknya.

9. Alat Musik Gandang (Gendang Minang)

Gandang (Gendang Minang)
Gandang (Gendang Minang)

Gandang adalah alat musik Minangkabau. Gandang juga bisa disebut gendang karena bentuknya dan cara memainkanya sama gendang di Melayu Jawa Sunda Batak. Salah satu kesenian yang diiringi Gandang di Minangkabau adalah Gandang Tasa. Ini cukup populer di Padang.

10. Alat Musik Minangkabau Biola Minang

Biola Minang
Biola Minang

Biola Minang adalah alat musik Minangkabau. bentuknya biola dengn modifikasi ala minang yaitu rabab darek dan rabala. Rabab Pesisir Selatan atau Rabab Pasisia merupakan permainan rabab populer di Sumatera Barat. Pemain terkenalnya bernama Hasan Basri.

Nah itulah tadi 10 daftar alat musik Minangkabau. Ternyata cukup banyak. Minangkabau sendiri memang kaya budaya. Selain alat musik tradisional yang dimiliki. Minangkabau juga punya berbagai kesenian dimana biasanya dalam pagelaran diiringi alat musik tradisional.