6 Contoh Jenis Alat Musik Kordofon - Alatmusik.id

6 Contoh Jenis Alat Musik Kordofon

Last Updated 2021-01-14T16:15:53+00:00
6 Contoh Jenis Alat Musik Kordofon

Alat musik sangat beragam. Baik dari jenisnya, bahan pembuatan, fungsi hingga cara memainkanya. Alat musik sendiri adalah kreasi manusia untuk hasilkan nada. Di tanah air sendiri ada banyak sekali jenis alat musik baik tradisional ataupun alat musik modern.

Hampir tiap daerah di nusantara punya alat musik khasnya masing masing menghasilkan berbagai jenis nada dan bunyi berbeda beda.

Apa Itu Alat Musik Kordofon?

Alat Musik Kordofon
Alat Musik Kordofon

Musik modern seperti band Pop atau Jazz mungkin biasa digunakan berbagai alat musik seperti gitar, bass, drum, piano dan biola. Alat alat musik ini sangat familier. Tapi tahukah dari jenis apa alat musik tersebut?

Alat alat musik yang disebut tadi adalah alat musik jenis kordofon. Apa itu kordofon? Alat Musik Kordofon merupakan alat musik yang bunyinya dihasilkan dari senar ataupun juga dari dawai. Contoh alat musik kordofon misalnya piano, kecapi, biola, gitar, sitar dan bass.

Kordofon juga disebut sebagai alat musik dawai atau senar. Cara memainkan alat musik kordofon ada tiga yakni dipukul (contoh drum) dipetik (gitar) dan digesek (biola).

Artikel ini akan mengulas mengenai alat musik kordofon disertai beberapa penjelasan tentang jenis jenis alat musik ini . Simak selengkapnya berikut ini.

Contoh Alat Musik Kordofon

Seperti dibahas sedikit diatas. Kordofon adalah alat musik menghasilkan suara lewat senar atau dawai. Cara memainkanya dengan dipetik, digesek dan dipukul. Berikut ini Jenis Jenis alat Musik Kordofon :

1. Alat Musik Kordofon Gitar

Alat Musik Kordofon Gitar
Alat Musik Kordofon Gitar

Alat musik kordofon pertama dalam daftar ini adalah gitar. gitar merupakan alat musik dawai, cara memainkannya dipetik dengan jari dan plektrum. Gitar terdiri bagian pokok dengan bagian leher padat untuk tempat senar yang biasanya jumlahnya 6.

Bahan pembuat gitar adalah berbagai jenis kayu. sedangkan senarnya dari baja maupun nilon. Untuk gitar modern terbuat dari polikarbonat. gitar terbagi dua jenis yaitu gitar elektrik dan akustik.Gitar akustik badanya badanya berlubang. Ada tiga jenis gitar akustik modern yaitu gitar archtop, gitar akustik senar nilon dan gitar akustik senar baja.

Gitar elektrik mulai dikenal tahun 1940 an. Gitar elektrik awalnya badanya berlubang namun dalam perkembangannya gunakan body padat. gitar elektrik bisa hasilkan berbagai efek suara. Hingga kini gitar elektrik masih digunakan untuk musik musik seperti pop, reggae, jazz, rock metal dan masih banyak lagi.

2. Gitar Bass Elektrik

Alat Musik Kordofon Bass Elektrik
Alat Musik Kordofon Bass Elektrik

Alat musik kordofon kedua dalam daftar ini adalah gitar bas elektrik. ini merupakan alat musik dawai yang pakai listrik untuk perbesar volume. Tampilanya mirip gitar listrik hanya saja lebih besar. leher lebih panjang dan hanya empat senar.

Dibandingkan gitar biasa, Gitar bass lebih berat bobotnya. Senarnya juga lebih tebal agar kondisi bunyi yang dihasilkan terjaga. Ukuran fretnya juga lebih besar untuk penyesuaian dengan senar. Sampai sekarang ada banyak jenis gitar bas yang dipakai. seperti misalnya cello bass untuk pertunjukan opera.

3. Biola

Alat Musik Kordofon Biola
Alat Musik Kordofon Biola

Alat musik kordofon ketiga dalam daftar ini adalah biola. Biola merupakan alat musik dawai, memainkanya dengan cara digesek menggunakan busur biola. Ada 4 senar biola yaitu G D A E, masing masing disetel berbeda. Beberapa jenis alat musik biola diantaranya cello, viola, musikus, double bass. Pemain biola bisa disebut violinist dan fiddle.

Biola terdiri dari badan, leher, papan jari, jembatan biola, senar.

Leher biola dibuat dari kayu maple. Sedangkan leher biola dibuat dari kayu eboni atau lainya. Kayu eboni dipilih lantaran lebih awet kokoh tahan lama dan bagus.

4. Alat Musik Kordofon Piano

Alat Musik Kordofon Piano
Alat Musik Kordofon Piano

Piano merupakan alat musik jenis kordofon. Cara mainya dengan menekan tuts di papan piano. Tiap tuts tersambung ke palu di piano lalu tekan dawai didalamnya untuk hasilkan nada. Tiap dawai atau senar panjangnya beda, jadi hasilkan suara berbeda pula.

piano ada dua jenis, piano elektronik dan piano akustik. Piano akustik untuk hasilkan bunyi memakai senar dipukul hammer. Sedangkan piano elektronik untuk hasilkan bunyi gunakan papan elektronik.

5. Drum

Alat Musik Kordofon Drum
Alat Musik Kordofon Drum

Drum merupakan alat musik kordofon dan masuk dalam jenis perkusi. drum terbuat dari kulit binatang atau bahan sintetis. Cara memainkanya dengan memukul memakai stik kayu. Alat musik satu ini sangat populer di seluruh dunia. Ada banyak jenis drum seperti timpani bodhran kendang, bedug drum tom tom ashiko snare drum bass drum dan masih banyak lagi.

Drum juga dipakai untuk memainkan berbagai musik modern seperti pop, rock, jazz. Pemain drum disebut drummer.

6. Alat Musik Kordofon Sitar

Alat Musik Kordofon Sitar
Alat Musik Kordofon Sitar

Alat musik kordofon lainya adalah sitar. Alat musik satu ini asalnya dari Asia Selatan yang pakai senar atau dawai simpatik dan dawai biasa. Untuk ruang resonansinya memakai ground atau semacam buah yang sudah dikeringkan. Buah ini ada rongga di dalamnya sehingga hasilkan bunyi.

Musik klasik hindustan sering gunakan sitar sejak abad pertengahan. Instrumen kuno India ini dipercaya diturunkan dari Veena. Sitar dimodifikasi seorang musisi pengadilan Mughal. Modifikasi penting dilakukan guna sesuaikan selera pelanggan persia. Sitar mulai berkembang sejak abad 18 di India.

Nah itulah tadi jenis alat musik kordofon atau alat musik bersenar atau memiliki dawai. Selain beberapa alat musik diatas masih banyak jenis alat musik lainya yang masuk kategori kordofon seperti misalnya kecapi dan lainya. Semoga informasi ini menambah pengetahuan.