10 Jenis Alat Musik Khas Sunda Yang Wajib Dilestarikan - Alatmusik.id

10 Jenis Alat Musik Khas Sunda Yang Wajib Dilestarikan

Last Updated 2021-02-06T15:41:36+00:00
10 Jenis Alat Musik Khas Sunda Yang Wajib Dilestarikan

Alat Musik Khas Sunda - Sunda punya warisan budaya yang sangat kaya. Seperti misalnya alat alat musik tradisional yang hingga saat ini masih senantiasa dilestarikan. Beberapa diantaranya bahkan kini kian diminati kalangan muda meski digempur oleh budaya musik modern dengan peralatan modern pula.

Sebagai generasi muda nusantara yang baik, tentunya kita harus melestarikan alat alat musik tradisional seperti dari Sunda. Nah inilah daftar alat musik khas Sunda yang perlu diketahui.

1. Alat Musik Khas Sunda Angklung

Alat Musik Khas Sunda Angklung
Alat Musik Khas Sunda Angklung

Angklung adalah simbolnya budaya tradisional Jawa Barat. Alat musik yang dimainkan dengan cara digoyang ini tidak hanya dikenal lokal maupun nasional, bahkan dunia internasional sudah akrab dengan angklung. UNESCO menetapkan angklung sebagai alat musik asli Indonesia dari Sunda Jawa Barat.

2. Alat Musik Khas Sunda Calung

Alat Musik Khas Sunda Calung
Alat Musik Khas Sunda Calung

Calung adalah alat musik khas Sunda. Merupakan purwarupa dari alat musik angklung. Cara memainkan angklung dengan memukulnya di batang bambu yang sudah disusun menyesuaikan ladas nada. Alat musik calung terbuat dari bambu hitam. Ada juga yang terbuat dari bambu putih.

3. Alat Musik Khas Sunda Suling Sunda

Alat Musik Khas Sunda Suling Sunda
Alat Musik Khas Sunda Suling Sunda

Suling Sunda adalah alat musik khas Sunda. Cara memainkanya dengan ditiup. Di berbagai wilayah di tanah air sendiri punya alat musik suling. Tapi suling sunda punya ciri khas sendiri dari bentuk dan bunyinya. Nada yang dihasilkan mendayu dayu merdu dan melengking

4. Alat Musik Khas Sunda Karinding

Alat Musik Khas Sunda Karinding
Alat Musik Khas Sunda Karinding

Karinding adalah alat musik khas Sunda. Mulanya alat musik ini dipakai para leluhur untuk usir hama sawah. Karinding punya bunyi khas, dibuat dari bambu dan pelepah kawung atau aren. Karinding juga dimainkan untuk iringi bacaan doa atau rajah. Tapi dulu juga dipakai laki laki untuk pikat perempuan yang disukai

Cara memainkan karinding dengan tempekkan ruas tengahnya di depan mulut agak terbuka. Kemudian dipukul atau setir pada ujung ruas kanan. Sampai searah jarum senar dan hasilkan getaran. Getaran inilah menghasilkan suara kemudian resonansi mulut.

Suara yang dihasilkan karinding akan sesuaikan dengan nafas rongga mulut dan lidah pemain. Dulu karinding dimainkan untuk bersawah tapi sekarang juga digunakan untuk iringan upacara adat.

5. Alat Musik Khas Sunda Celempung

Alat Musik Khas Sunda Celempung
Alat Musik Khas Sunda Celempung

Celempung adalah alat musik khas Sunda. Alat musik ini terbuat dari bambu gombong yang dilengkapi senar sembilu bambu. Cara memainkan celempung dengan memukulnya. Dan juga buka tutup ruas atas. Yang unik, celempung hasilkan suara mirip gong dan suara gendang.

6. Alat Musik Khas Sunda Arumba

Alat Musik Khas Sunda Arumba
Alat Musik Khas Sunda Arumba

Arumba alias alunan rumpun bambu adalah alat musik khas Sunda. Meski ada yang mengatakan sebenarnya bukan alat musik. Melainkan paduan dari sejumlah alat musik yang dibuat dari bambu seperti gambang sunda calung dan angklung.

Arumba dikembangkan seorang bernama Udjo Ngalagena sekitar tahun 1971. Arumba terbuat dari bambu ukuranya kecil dan besar. Arumba bisa untuk iringi berbagai instrumen seperti musik klasik, musik tradisional, musik latin dan musik cha cha.

6. Alat Musik Khas Sunda Toleat

Alat Musik Khas Sunda Toleat
Alat Musik Khas Sunda Toleat

Toleat adalah alat musik khas Sunda, yakni berasal dari Subang Jawa Barat. Bentuk toleat mirip suling tapi suaranya unik, dari hasil gesekan lembaran tipis bambu di peniupnya, mirip suara saxophone. Sekitar tahun 1980 toleat mulai dipopulerkan oleh seniman Subang namanya Mang Maman.

7. Alat Musik Khas Sunda Kohkol

Alat Musik Khas Sunda Kohkol
Alat Musik Khas Sunda Kohkol

Kohkol adalah alat musik khas Sunda. meski awalnya digunakan sebagai penyampai pesan. Dimainkan dengan cara memukul. Untuk hasilkan suara magis dan harmonis keahlian memukul sangat menentukan. Kohkol bisa bervariasi yaitu sejumlah Kohkol disusun buat tangga nada dimainkan dua tangan.

8. Alat Musik Khas Sunda Goong Tiup

Alat Musik Khas Sunda Goong Tiup
Alat Musik Khas Sunda Goong Tiup

Goong tiup adalah alat musik khas Sunda. Namun berbeda dengan gong logam. Goong tiup hasilkan suara dengungan bergema. Seperti terompet milik orang Eropa untuk panggil hewan ternak. Goong tiup dibuat dari batang bambu utuh. ukurannya sekitar 1,5 meter ada juga yang 2 meter.

Cara main goong tiup dengan hembuskan nafas lewat ujung bambu lebih kecil. Goong tiup tak hasilkan nada tapi suaranya cukup magis. Goong tiup mirip kepunyaan suku aborigin Australia, bedanya suku aborigin membuatnya dari batang kayu dilubangi.

9. Alat Musik Khas Sunda Bangbaraan

Alat Musik Khas Sunda Bangbaraan
Alat Musik Khas Sunda Bangbaraan

Bangbaraan adalah alat musik khas Sunda. Alat musik ini dibuat dari batang bambu panjangnya 50 cm. Di kedua sisi batang bambu ini dicoak di dua sisinya sehingga mirip huruf U. Cara main bangbaraan dengan memukulnya sampai getaran bambu berdengung serupa sayap kumbang hitam (bangbara). Karena efek suaranya unik alat musik bangbaran dimainkan untuk iringi pertunjukan drama maupun iringi musik etnik.

10. Alat Musik Khas Sunda Cacaian

Alat Musik Khas Sunda Cacaian
Alat Musik Khas Sunda Cacaian

Cacaian adalah alat musik khas Sunda. Dinamai Cacaian lantaran efek suara yang dihasilkan seperti gemericik air. Cacaian dimainkan dengan membolak balikan bagian bawah dan atas.

Alat musik khas Sunda satu ini dibuat dari batang bambu, panjangnya sekitar 1.20 cm. Ruas bambu sebelumnya dibuang, dan diberi pasak. Dipasang spiral dan diisi gotri atau kacang.Dinamakan Cacaian karena efek suaranya mirip gemericik air. Cacaian bahan pembuatnya dari bambu yang berukuran 120 cm dan kemudian ruas-ruanya dibuat, ditambahkan pasak yang dipasangkan secara spiral kemudian diisi menggunakan gotri atau biji kacang.

Nah itulah tadi 10 daftar alat musik khas Sunda yang sampai sekarang masih terus dilestarikan, dan diminati oleh kalangan muda. Mari kita terus lestarikan alat alat musik lokal sebagai wujud upaya melestarikan kebudayaan nasional.