9 Jenis Alat Musik Khas Maluku Yang Unik - Alatmusik.id

9 Jenis Alat Musik Khas Maluku Yang Unik

Last Updated 2021-02-02T22:48:23+00:00
9 Jenis Alat Musik Khas Maluku Yang Unik

Alat Musik Khas Maluku - Maluku kaya Budaya. Kawasan timur Nusantara ini punya aneka ragam budaya termasuk alat alat musik tradisional khas yang jadi kebanggaan masyarakat setempat. Seperti Tifa, suling, gong, Marumba, Idiokordo dan masih banyak lagi.

Alat alat khas Maluku tersebut masih terus dijaga kelestarianya dan dimainkan untuk mengiringi berbagai kesenian musik tradisional hingga acara adat. Bahkan ada juga alat musik tradisional Maluku untuk iringi musik musik modern.

Dalam sejarahnya, alat alat musik khas Maluku ini bersumber dari berbagai kebudayaan luar dan kemudian diserap oleh masyarakat lokal. Bangsa seperti Spanyol, Portugis, Cina, Arab hingga suku Jawa turut menginspirasi terciptanya berbagai alat musik khas Maluku yang unik.

Berikut ini daftar alat musik khas Maluku yang sampai sekarang masih terus dilestarikan :

1. Alat Musik Khas Maluku Arababu

Alat Musik Maluku Arababu
Alat Musik Maluku Arababu

Bentuknya mirip rebab dari Jawa Barat tapi sebenarnya berbeda. Bentuk Arababu lebih kecil dan sederhana. Alat musik khas Maluku ini diperkenalkan pedagang Arab sebelum abad 16. Sampai sekarang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.Seperti biola, Arababu merupakan jenis melodis cara memainkanya digesek.

Arababu cuma punya 1 senar sedangkan rebab dua senar. Badan Arababu terdiri atas batang pegang, dibuat dari tabung resonansi dari belahan batok kelapa dan bambu. Arababu dimainkan untuk iringi paduan kelompok, dikombinasi bersama alat musik khas maluku lainya seperti fuk fuku atau gong dan tifa.

2. Alat Musik Khas Maluku Tifa Totobuang

Tifa Totobuang
Tifa Totobuang

Alat musik khas Maluku selanjutnya adalah tifa totobuang. Gabungan tifa dan totobuang dua alat musik khas Maluku. Tifa sendiri alat musik pukul mirip gendang membrannya terbuat dari kulit hewan. Dan totobuang merupakan alat musik melodis bernada. Bentuknya mirip gong kecil, disusun sesuai ukuran nada. Keduanya dimainkan bersama.membentuk nada harmonis.

3. Alat Musik Khas Maluku Idiokordo

Idiokordo
Idiokordo

Alat musik khas Maluku berikutnya adalah idiokordo atau biasa disebut tatabuhan. Bentuknya mirip siter alat musik Jawa. Cara mainya juga sama, dipetik. Idiokordo terdiri 4 senar. Alat musik ini dibuat dari kayu dibalut ukiran estetik.Idiokordo dimainkan ketika upacara adat dan hiburan.

4. Alat Musik Khas Maluku Jukulele

Jukulele
Jukulele

Jukulele atau ‘juk’ merupakan alat musik khas Maluku dibuat dari kulit hewan dan kayu, termasuk jenis alat musik petik hasilkan nada sol do mi la. Alat musik ini konon asalnya dari bangsa Portugis sejak abad 15 M.

Jukulele telah dimodifikasi yang semula berbahan kayu kini juga gunakan batok kelapa untuk ruang resonansinya. Jukulele dimainkan untuk iringi musik keroncong hawaian dan genre lainnya.

5. Alat Musik Khas Maluku Rumba

Alat Musik Rumba
Alat Musik Rumba

Rumba merupakan alat musik khas Maluku. Termasuk jenis ritmis perkusi. Asal Rumba dari Kuba kemungkinan dibawa ke Ambon oleh Portugis maupun Spanyol. Rumba dibuat dari batok kelapa pada bagian kepala. Bagian dalam diisi kerikil atau pasir dan gagangnya dibuat dari kayu bentuknya silinder. Cara memainkan rumba dengan menggoyangnya ikuti alunan musik.

6. Alat Musik Khas Maluku Suling Melintang

Suling Melintang
Suling Melintang

Alat musik suling melintang adalah alat musik khas Maluku disana juga disebut Floit. Floit dimainkan oleh 30 orang lebih berupa akord suara 1234. Cara main nya mirip musik orkestra Barat punya suara alto bass tenor dan sopra.

Alat musik ini dipengaruhi oleh Portugis dan Belanda dan sikuai masyarakat setempat. Suling melintang dibuat dari bambu, satu ujungnya dipasangi penyekat lengkap dengan 6 lubang dan satu lubang tiup. Alat musik ini dimainkan iringi lagu gereja, sambut tamu atau iringan orkes. Bisa juga dimainkan bersama alat musik modern dan tradisional.

7. Alat Musik Khas Maluku Suling Paruh

Suling Paruh
Suling Paruh

Suling paruh adalah alat musik khas maluku yang dibuat dari bambu. Salah satu ujung bambu disumbat pakai kayu dengan irisan agak miring menyerupai paruh. Fungsinya sekaligus untuk tempat tiup.

Ada sebanyak 7 lubang nada di bagian sisi depan suling dan satu lubang sebagai lubang jari di bagian belakang. Alat musik suling paruh biasanya dipakai untuk pengiring musik sawat.

8. Alat Musik Khas Maluku Gong Sedang

Gong Sedang Maluku
Gong Sedang Maluku

Gong sedang adalah alat musik khas Maluku. Namun asalnya dari budaya Cina yang kemudian menyatu dalam tradisi masyarakat Maluku. Alat musik gong sedang dibuat dari kuningan dihias ukiran dua ekor naga.

Dulu gong lazim dipakai alat barter pala dan cengkeh.dan cendera mata untuk dikasih ke pedagang Jawa kepada raja raja Maluku. Gong juga digunakan untuk mahar, harta kekayaan dan alat kekayaan.

Gong dimainkan untuk iringi kesenian tradisional salah satu contohnya seni tati cakalele.Tabuhan gong punya makna tersendiri bagi masyarakat Maluku.

9. Alat Musik Khas Maluku Rebana

Rebana Maluku
Rebana Maluku

Alat musik khas Maluku lainya adalah rebana. dibuat dari bahan seperti kulit hewan rotan dan kayu. Konon bagi aliran Sufisme yang tumbuh abad 9 M. Alat musik rebana punya kekuatan magis media penyatuan manusia dan Tuhan. Sehingga kaum sufi banyak gunakan alat musik ini, juga gunakan alat musik terbang.

Di Maluku alat musik rebana mulai berkembang abad 14 berbarengan penyebaran agama Islam di wilayah ini. Reban oleh masyarakat Maluku dimodifikasi dan di kolaborasi bersama alat musik tradisional lainya seperti tifa gong suling dan lainya.

Nah itulah 9 daftar alat musik khas Maluku yang masih ada sampai sekarang. Alat alat musik tradisional ini biasanya untuk mengiringi berbagai instrumen musik, upacara adat dan kebudayaan lainya. Bahkan ada beberapa alat musik khas Maluku yang dikolaborasikan untuk memainkan lagu lagu modern.