Alat Musik Khas Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat - Alatmusik.id

Alat Musik Khas Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat

Last Updated 2021-01-16T01:55:54+00:00
Alat Musik Khas Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat

Alat musik khas Jawa memiliki bergam jenisnya, karena di pulau jawa sendiri memiliki banyak daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Yang masing-masing daerah di pulau Jawa tentunya memiliki adat dan budaya yang berbeda-beda.

Karena itu, pada kesempatan ini kami disini akan menjelaskan beberapa jenis alat musik khas jawa yang bisa dijadikan sebagai ilmu pengetahuan tentang keanekaragaman budaya tradisional yang wajib kita jaga dan lestarikan bersama.

Alat Musik Khas Jawa Timur

Berikut ini ada beberapa alat musik khas dari Jawa Timur :

1. Bonang

Bonang
Bonang

Pertama ada alat musik khas jawa timur yang bernama bonang. Alat musik ini mirip dengan gamelan yang ada di Jawa Tengah yang membedakan adalah pada bagian poros yang bentuknya cembung di tengahnya. Alat musik Bonang merupakan alat musik pukul sehingga untuk memainkannya menggunakan alat pukul khusus.

Untuk bahan pembuatan Bonang adalah dari bahan kuningan. Bonang juga terdiri dari 2 jenis, pertama adalah Bonang Barung dan kedua adalah Bonang Penerus. Penggunaan Bonang di Jawa Timur umumnya saat ada acara atau upacara adat.

2. Ketipung

Ketipung
Ketipung

Jawa Timur juga memiliki alat musik yang ditabuh seperti Gendang yang bernama Ketipung. Jika dilihat Ketipung memiliki bentuk menyerupai Gendang tetapi memiliki perbedaan dengan bentuk yang lebih kecil. Bahan untuk membuat Ketipung adalah dari Kayu yang berukuran 20 cm sampai 40 cm yang dilubangi dan diberi penutup menggunakan bahan kulit hewan yang sudah dikeringkan.

3. Angklung Reog

Angklung Reog
Angklung Reog

Jawa Timur memiliki alat musik Angklung Reog yang biasa dimainkan untuk mengiringi Tarian Reog khas Ponorogo. Perbedaan anglkung reog dengan angklung yang biasanya adalah pada suara yang dihasilkan yang lebih keras. Selain itu terdapat juga hiasan rumai-rumbai diseluruh tubuh anglklungnya. Untuk cara memainkannya sama dengan angklung pada umumnya dengan digayang-goyangkan sampai mengeluarkan suara.

Alat Musik Khas Jawa Tengah

Kendati masih sama di pulau Jawa, ternyata alat musik Jawa Tengah dan Jawa Timur juga memiliki beberapa pebedaan, berikut ini ada beberapa contoh alat musik yang berasal dari daerah Jawa Tengah.

1. Demung

Demung
Demung

Ketika berbicara tentang alat musik tradisional dari Jawa Tengah, kita tidak boleh melewatkan alat musik bernama Demung. Alat musik ini masuk dalam alat musik balungan di jawa tengah dengan 2 jenis. Ada Demung Slendro dan Demung Pelog, untuk bahan pembuatannya adalah dari logam kuningan. Untuk memainkan Demung menggunakan alat pemukul khusus yang akan menghasilkan suara dengan nada oktaf rendah. Saat dimainkan Demung juga tergantung dengan lagu yang dimainkan bisa dengan tempo cepat atau lambat dan keras.

2. Kenong

Kenong
Kenong

Lanjut dengan alat musik khas jawa tengah kedua ada Kenong. Alat musik Kenong dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul khusus. Fungsi dari kenong pada sebuah gamelan adalah untuk menentukan batas gatra dan digunakan untuk menegaskan irama. Jika dibandingkan dengan Bonang, ukuran kenong lebih besar. Suara yang dihasilkan dari Kenong adalah suara rendah, nyaring dan memiliki timbre khas ning nong.

3. Siter

Siter
Siter

Alat musik khas jawa tengah yang cara memainkannya adalah dipetik adalah Siter. Siter juga memiliki nada yang dapat disetel ke nada slendro dan nada pelog. Siter adalah alat musik petik yang memiliki 11 dan 13 pasang senar yang ditempatkan kedalam kotak berfungsi sebagai resonator. Untuk memainkan Siter kita haruskan mengunakan ibu jari dan jari lain berfungsi menahan getaran senar siter ketika dipetik.

Alat Musik Khas Jawa Barat

Jawa Barat memiliki budaya dan adat yang bisa dibilang berbeda dengan ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur, karena suku di jawa barat di dominasi oleh suku Sunda. Karena itu alat musik tradisional dari jawa barat memiliki ciri khas tersendiri seperti alat musik berikut :

1. Calung

Calung
Calung

Alat musik tradisional khas dari jawa barat pertama adalah Calung. Ini adalah alat musik sederhana yang bahan membuatnya adalah dari Bambu. Berbeda dengan Angklung, Calung untuk memainkannya adalah dengan cara dipukul menggunakan pemukul khusus. Suara Calung saat dipukul akan menghasilkan nada yang berbeda-beda dan merdu.

2. Celempung

Celempung
Celempung

Masih dengan alat musik yang bahan pembuatannya adalah dari bambu yang menjadi ciri khas alat musik khas jawa barat, Celempung nama alat musik ini. Alat musik ini memanfaatkan resonansi di dalam ruas bambu agar bisa menciptakan suara yang unik. Celempung juga termasuk dalam jenis alat musik yang cara memainkannya adalah dengan dipukul, tetapi untuk mengatur nada yang keluar diperlukan tangan lainnya untuk mengatur suara setelah dipukul.

3. Suling

Suling
Suling

Suling khas jawa barat atau suling sunda pastinya tidak asing lagi kita dengar, salah satu alat musik tiup ini menghasilkan suara yang merdu dan mendayu-dayu. Jika kita sering mendengarkan lagu atau musik sunda pastinya suara suling yang khas pasti kita dengar. Suling khas jawa barat ini bahan pembuatnya dari bambu dengan 4 buah lubang atau 6 buah lubang yang digunakan untuk mengatur nada saat suling ditiup.

Itulah tadi beberapa alat musik khas jawa yang dapat kami informasikan, baik dari jawa timur, jawa tengah dan jawa barat. Masing-masing daerah akan memiliki ciri khas tersendiri untuk jenis alat musiknya.

Di jawa tengah dan jawa timur alat musik bahan digunakan umumnya terbuat dari logam, sedangkan di jawa barat umumnya alat musik menggunakan bahan kayu atau bambu.