4 Jenis Alat Musik Jawa Yang Khas dan Unik - Alatmusik.id

4 Jenis Alat Musik Jawa Yang Khas dan Unik

Last Updated 2021-01-28T04:10:54+00:00
4 Jenis Alat Musik Jawa Yang Khas dan Unik

Alat Musik Jawa - Pulau Jawa merupakan pulau yang memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi bahkan menempati pulau urutan pertama dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia.

Salah satu pulau di dunia dengan kepadatan penduduk yang tinggi ada di Pulai Jawa loh. Pulau jawa terbagi menjadi 5 provinsi yakni Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta dan Jawa timur. Sebagai pulau yang memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi, tak heran pulau jawa memiliki beragam kebudayaan di dalamnya.

Sejak jaman dahulu kala, terutama sejak jaman penjajahan memang pulau jawa sudah dijadikan sebagai pusat pemerintahan oleh penjajah. Sehingga tak heran jika pulau jawa memiliki perkembangan yang lebih pesat dibandingkan pulau-pulau lain di Indonesia seperti perkembangan ekonomi, budaya, infrastruktur dan lainnya. Tak hanya itu, Kebudayaan masyarakat Indonesia juga sedikit banyak terpengaruh oleh budaya asing terutama oleh para penjajah dan para mitra dagang ketika masa perdagangan.

Dengan adanya akulturasi budaya tersebut, menyebabkan banyak pengaruh eropa, timur tengah, afrika maupun cina yang masuk ke kebudayaan lokal pribumi salah satunya dalam hal musik. Pengaruh musik dari luar juga menjadikan banyak alat musik khas daerah di Indonesia yang memiliki kemiripan dengan alat musik luar begitu juga di pulau jawa meskipun tidak semuanya karena ada juga alat musik asli pribumi yang tidak tercampur dengan budaya luar.

Jenis-Jenis Alat Musik Jawa Yang Khas

Untuk itu berikut kami akan membahas contoh dari beberapa jenis alat musik jawa khas dan unik yang perlu kamu ketahui :

1. Alat Musik Gamelan

Alat Musik Jawa Gamelan
Alat Musik Jawa Gamelan

Alat musik jawa yang pertama kita bahas adalah alat musik gamelan, Hampir di semua daerah di pulau jawa mengenal alat musik gamelan meskipun lebih spesifiknya lagi gamelan merupakan alat musik khas jawa tengah. Namun di beberapa daerah di pulau jawa tentunya sudah sangat familiar dengan gamelan hanya saja terkadang berbeda namanya.

Gamelan meruapakan alat musik jenis pentatonic, yakni alat musik yang terdiri dari berbagai nada yang di dalamnya terdapat berbagai alat musik. Dalam satu alat musik gamelan biasanya terdapat berbagai jenis alat musik yang masing-masing memiliki kekhasan tersendiri serta perannya masing-masing untuk mengharmonisasikan nada dan irama.

Biasanya gamelan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul khusus gamelan dan dimainkan secara bersamaan dengan pemain lain. Ada banyak alat musik yang terdapat di dalam alat musik gamelan antara lain kendang, gong, kenong, saron, bonang, demung, peking dan lainnya.

Gamelan banyak digunakan untuk mengiringi musik-musik khas jawa serta pertunjukan seni khas jawa seperti pertunjukan wayang, ketoprak, acara pernikahan, acara adat dan beberapa acara kesenian khas jawa lainnya.

2. Alat Musik Bedug

Alat Musik Jawa Bedug
Alat Musik Jawa Bedug

Bedug dahulu digunakan sebagai alat komunikasi oleh warga terutama warga di pulau jawa, Bedug banyak di tempatkan di masjid-masjid sebagai alat untuk mengumpulkan para warga untuk datang ke masjid untuk menunaikan sholat sebelum adzan berkumandang. Biasanya sebelum adzan berkumandang maka marbot masjid akan menabuh bedug sebagai tanda waktu sholat telah tiba.

Meskipun zaman sudah semakin modern namun saat ini masih banyak masjid yang menggunakan bedug. Bedug ini sendiri merupakan alat musik tradisional khas jawa yang terbuat dari kulit sapi atau kulit lembu yang dikeringkan kemudian dikaitkan ke dalam kayu yang di bentuk bulat dengan diameter tertentu.

Sehingga ketika bedug ditabuh maka akan mengeluarkan suara dengung yang cukup keras namun nyaring. Selain digunakan di masjid, Terkadang bedug juga dijadikan sebagai alat musik pelengkap oleh masyarakat jawa seperti untuk acara keagamaan, acara adat dan acara lainnya.

3. Kendang

Alat Musik Jawa Kendang
Alat Musik Jawa Kendang

Kendang adalah alat musik yang cukup populer di pulau pulau jawa, hampir semua orang di pulau jawa mengenal kendang bahkan hingga ke seluruh Indonesia. Apalagi untuk iringan dangdut kendang menjadi salah satu alat musik yang tidak bisa terlepaskan dari musik dangdut.

Kendang sendiri merupakan jenis alat musik tabuh yang di cara memainkannya ditabuh atau di pukul dengan tangan, Kendang memiliki kemiripan dengan bedug yakni sama-sama terbuat dari kulit lembu atau kulit sapi dan kayu.

Namun dengan seiring perkembangan zaman kendang saat ini sudah banyak dimodifikasi yang terbuat dari bahan lain selain kulit sapid an kayu. Penggunaan kendang ini banyak terdapat di acara-acara seni khas jawa dan belakangan ini kendang juga digunakan sebagai pengiring musik dangdut.

4. Angklung

Alat Musik Jawa Angklung
Alat Musik Jawa Angklung

Meskipun lebih terkenal sebagai alat musik tradisional khas dari jawa barat, namun faktanya angklung juga bisa di temukan di daerah lain di pulau jawa seperti misalnya di jawa timur disebut dengan angklung reog dan di jawa tengah pun ada namun berbeda namanya.

Hal ini dikarenakan kebudayaan di pulau jawa masih saling berkaitan karena masih satu suku dan terpengaruh antara satu sama lain. Bahan untuk membuat alat musik angklung adalah dari bambu yang disusun dan dibentuk dengan ukuran berbeda untuk menghasilkan suara khas yang dimainkan dengan cara digetarkan atau digoyang dengan tempo yang cepat, sedang atau lambat sesuai dengan musik yang ingin dihasilkan.

Angklung mengeluarkan bunyi yang cukup keras dan nyaring, Alat musik yang satu ini bahkan di nobatkan sebagai alat musik khas Indonesia oleh badan PBB sehingga tak diragukan lagi angklung bisa menjadi kebanggaan tersendiri masyarakat Indonesia.