6 Contoh Alat Musik Jawa Barat Yang Khas - Alatmusik.id

6 Contoh Alat Musik Jawa Barat Yang Khas

Last Updated 2021-01-28T03:17:30+00:00
6 Contoh Alat Musik Jawa Barat Yang Khas

Alat Musik Jawa Barat - Jawa barat adalah sebuah provinsi di pulau jawa yang merupakan provinsi kedua terbesar di pulau jawa setelah jawa timur. Meskipun masih dalam satu pulau namun provinsi jawa barat cenderung berbeda dengan provinsi jawa tengah maupun jawa timur terutama dalam segi bahasa.

Jika jawa tengah, jawa timur dan Yogyakarta masih memiliki banyak kesamaan dalam penuturan bahasanya namun berbeda dengan daerah jawa barat yang menggunakan bahasa sunda sebagai bahasa sehari-harinya.

Namun meski begitu, Meskipun bahasanya sedikit berbeda akan tetapi secara adat istiadat dan kebudayaan jawa barat masih memiliki kemiripan dengan provinsi lainnya di pulau jawa. Terutama dalam hal upacara-upacara adat, perayaan dan lainnya.

untuk mengiringi acara-acara adat tentunya harus menggunakan alat musik sebagai medianya. Banyak alat-alat musik jawa barat yang masih dimainkan dan dilestarikan sampai sekarang. Untuk itu, agar kamu lebih mengenal banyak tentang alat musik khas jawa barat.

6 Contoh Alat Musik Jawa Barat Yang Khas

Berikut kami berikan beberapa ulasan mengenai alat musik jawa barat yang menjadi alat musik tradisional yang perlu kamu ketahui.

1. Rebab

Alat Musik Jawa Barat Rebab
Alat Musik Jawa Barat Rebab

Alat musik jawa barat yang satu ini merupakan alat musik yang memiliki pengaruh dari timur tengah. Dahulu kala pedagang dari timur tengah membawa alat musik ini ke nusantara dan kemudian memainkannya di beberapa daerah termasuk di jawa barat.

Sehingga lambat laun rebab menjadi alat musik tradisional yang menyesuaikan dengan penduduk lokal. Jika dulu alat musik rebab merupakan alat musik yang berbahan dasar tembaga dan memiliki tiga buah dawai atau senar maka seiring dengan berkembangnya zaman dan menyesuaikan dengan penduduk lokal jawa barat maka rebab kemudian digantikan dengan bahan dasar yang mudah didapatkan yakni kayu.

Saat ini rebab di Indonesia terutama di daerah jawa barat memiliki bahan dasar kayu dengan bentuknya yang seperti busur panah.

Alat musik rebab ini juga merupakan alat musik jenis gesek yang cara memainkannya sama layaknya cara memainkan biola atau harpa yaitu dengan digesek menggunakan alat gesek sendiri sehingga mengeluarkan bunyi yang nyaring. Biasanya rebab juga digunakan pada acara-acara adat sebagai alat musik pelengkap.

2. Angklung

Alat Musik Jawa Barat Angklung
Alat Musik Jawa Barat Angklung

Siapa yang tidak mengenal angklung, mungkin masyarakat Indonesia pun sudah paham betul jika angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari jawa barat. Iya benar sekali, angklung adalah alat musik tradisional khas jawa barat yang sudah mendunia. Angklung juga merupakan alat musik asli Indonesia yang sudah ditetapkan oleh PBB sebagai warisan budaya Indonesia.

Masyarakat Indonesia terutama masyarakat jawa barat khususnya patut berbangga akan hal ini. Angklung terbuat dari bambu yang cara memainkannya adalah dengan digoyangkan sehingga mengeluarkan bunyi atau suara yang khas. Angklung banyak dimainkan sebagai media hiburan oleh masyarakat jawa barat seperti untuk mengiringi tari-tarian dan acara perayaan lainnya.

3. Tarwangsa

Alat Musik Jawa Barat Tarawangsa
Alat Musik Jawa Barat Tarawangsa

Salah satu alat musik jawa barat yang cukup unik adalah tarawangsa, Alat musik yang satu ini merupakan alat musik yang cara memainkannya digesek dan dipetik sekaligus. Secara fisik, tarawangsa ini sangat mirip dengan biola yang membedakan hanya pada jumlah senar dawainya.

Tarawangsa hanya memiliki 2 buah dawai, yaitu senar pertama yang digunakan untuk digosok kemudian senar yang kedua digunakan untuk dipetik. Itulah yang menjadikan alat musik yang satu ini unik. Tarawangsa biasanya digunakan untuk iring-iringan musik dan dipadukan dengan alat musik tradisional lainnya.

4. Arumba

Alat Musik Jawa Barat Arumba
Alat Musik Jawa Barat Arumba

Arumba adalah alat musik tradisional khas jawa barat yang merupakan alat musik jenis ansambel, Alat musik ansambel merupakan alat musik gabungan. Bedanya alat musik ansambel arumba dengan alat musik ensemble yang lainnya adalah arumba ini kesemuanya merupakan alat musik yang terbuat dari bambu yang dijadikan satu sebagai kesatuan alat musik.

Arumba biasa digunakan untuk mengiringi tarian-tarian maupun acara adat khas jawa barat. Meskipun arumba terbuat dari bamboo namun jenis bamboo yang digunakan berbeda-beda seperti misalnya bamboo jenis wulung, bamboo jenis awi temen dan bamboo jenis tali.

5. Jenglong

Alat Musik Jawa Barat Jenglong
Alat Musik Jawa Barat Jenglong

Mungkin kamu kurang familiar dengan alat musik yang satu ini, karena jenglong memang tidak terlalu populer seperti alat musik tradisional khas jawa barat lainnya. jika dilihat sekilas, alat musik yang satu ini sangat mirip dengan gong, yang merupakan alat musik khas tradisional dari jawa tengah.

Keduanya memiliki banyak kemiripan mulai dari bentuknya yang bulat dan terdapat tonjolan di bagian tengahnya yang digunakan untuk dipukul sehingga akan mengeluarkan suara. Kemudian suara yang dihasilkan antara gong dan jenglong jika dipukul maka sama-sama akan mengeluarkan suara dengung. Bahkan sampai ke bahannya pun sama, Bahan dasar dari jenglong dan gong adalah sama-sama terbuat dari tembaga ataupun kuningan.

6. Kecapi

Alat Musik Jawa Barat Kecapi
Alat Musik Jawa Barat Kecapi

Alat musik jawa barat yang satu ini mungkin bisa kita temukan di manapun bahkan di berbagai Negara di asia, Namun tentunya setiap daerah memiliki keunikan masing-masing sehingga membedakan antara kecapi khas daerah yang satu dengan kecapi khas daerah yang lainnya. Kecapi khas jawa barat ini memiliki 2 jenis yakni kecapi anak dan kecapi induk.

Kecapi induk digunakan untuk mengiringi musik dengan frekuensi rendah dengan 18 hingga 20 buah dawai sedangkan kecapi anak di gunakan untuk mengiringi musik frekuensi tinggi dengan 15 dawai.