15 Macam-Macam Alat Musik Idiophone - Alatmusik.id

15 Macam-Macam Alat Musik Idiophone

Last Updated 2021-01-28T06:39:18+00:00
15 Macam-Macam Alat Musik Idiophone

Alat musik idiophone umumnya dimainkan dengan cara digoyangkan, ditepuk ataupun dipukul. Alat musik ini bisa memproduksi dari badannya sendiri. Yuuk simak bersama alat musik idiophone berikut ini.

1. Angklung

Alat Musik Idiophone Angklung
Alat Musik Idiophone Angklung

Salah satu alat musik jenis idiophone yang pertama yaitu angklung yang berasal dari Sunda. Angklung dibuat dengan menggunakan bambu.

Seringkali angklung juga dimainkan pada berbagai pagelaran budaya masyarakat di Sunda. Angklung dimainkan dengan cara menggoyang-goyangkan tabungnya. Dan pada saat tabung tersebut digoyangkan akan menghasilkan nada ketika terbentur.

2. Kolintang

Alat Musik Idiophone Kolintang
Alat Musik Idiophone Kolintang

Alat musik idiophone yang selanjutnya yaitu kolintang yang banyak tersebar di seluruh wilayah asia tenggara termasuk di Indonesia.

Di Indonesia, Kolintang juga berkembang cukup pesat terutama di wilayah Minahasa. Seringkali Kolintang dipakai pada saat pagelaran seni budaya dan upacara adat.

Cara memainkan alat musik kolintang yaitu dengan cara dipukul, sehingga akan menghasilkan bunyi bernada yang berasal dari bilah kayu yang tersusun.

3. Saron

Alat Musik Idiophone Saron
Alat Musik Idiophone Saron

Saron merupakan salah satu jenis alat musik idiophone tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Untuk memukul alat musik tersebut digunakan tongkat pemukul yang bentuknya mirip dengan palu.

Bahan untuk membuat saron yaitu berasal dari logam. Sedangkan bagian-bagian saron yang dipukul yaitu bilah logam yang disusun berdasarkan urutan tangga nada.

Saron dimainkan dengan menggunakan teknik dasar memathet. Memathet merupakan teknik untuk menghilangkan dengungan bilah logam yang telah dipukul dengan cara menyentuh bilah tersebut setelah dipukul.

4. Bonang

Alat Musik Idiophone Bonang
Alat Musik Idiophone Bonang

Alat musik Bonang juga masuk kedalam jenis alat musik idiophone dan dimainkan dengan cara dipukul pada sisi bagian luarnya. Biasanya alat untuk memukul menggunakan tongkat pemukul.

Bonang dibuat dengan menggunakan bahan logam kuningan. Bonang juga berbentuk menyerupai gong kecil. Selain itu Bonang juga merupakan salah satu bagian dari alat musik gamelan.

5. Marakas

Alat Musik Idiophone Marakas
Alat Musik Idiophone Marakas

Alat musik marakas banyak berkembang di amerika Latin. Apabila marakas dibuat dengan cara tradisional maka dibuat dengan menggunakan labu yang didalamnya diisi dengan menggunakan biji-bijian.

Marakas dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan yang disesuaikan dengan irama yang dimainkan.

6. Gong

Alat Musik Idiophone Gong
Alat Musik Idiophone Gong

Gong mudah sekali kita temukan pada wilayah Asia terutama Asia Tenggara. Kebanyakan Gong dibuat dengan menggunakan bahan perunggu.

Cara memainkan Gong yaitu dengan cara dipukul dengan menggunakan tongkat penabuh. Pada bagian tongkat penabuh tersebut di bagian ujungnya dilapisi dengan menggunakan kain atau karet.

Ketika dipukul, Gong akan menghasilkan suara yang berasal dari getaran badannya pada saat ditabuh.

Oleh karena itulah alat musik gong ini masuk kedalam jenis alat musik idiophone.

7. Metal Cabasa

Alat Musik Idiophone Metal Casaba
Alat Musik Idiophone Metal Casaba

Mungkin diantara kita baru pernah mendengar alat musik metal cabasa. Alat musik ini dibuat dengan menggunakan kayu dan manik-manik.

Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara digoyang serta diputar-putar. Kemudian dari gesekan manik-manik tersebut yang akan menimbulkan suara tertentu.

8. Cowbell

Alat Musik Idiophone Cowbell
Alat Musik Idiophone Cowbell

Dinamakan dengan Cowbel karena pada mulanya benda ini merupakan sebuah penanda dari hewan ternak. Biasanya alat ini akan diletakkan pada leher sapi, tujuannya agar para penggembala mudah untuk menemukan sapinya kembali.

Cowbel atau sebutan lain dikenal dengan nama lonceng sapi. Dan seiring dengan berjalannya waktu, alat ini mengalami perkembangan dan digunakan sebagai alat musik.

Cowbel sering juga dimainkan pada musik salsa. Alat musik ini dimainkan dengan cara memukul sisi luarnya dengan menggunakan tongkat kayu.

9. Wood Block

Alat Musik Idiophone Wood Bloack
Alat Musik Idiophone Wood Bloack

Sesuai dengan nama nya alat musik ini terbuat dari bahan kayu. Wood block dimainkan dengan cara dipukul pada bagian sisi luarnya dengan memakai tongkat pemukul.Pada saat dipukul, wood block mengeluarkan bunyi yang sangat khas.

10. Claves

Alat Musik Idiophone Claves
Alat Musik Idiophone Claves

Jenis alat musik idiophone yang satu ini juga terbuat dari bahan kayu. Claves dimainkan dengan cara membentur-benturkannya dengan claves yang berukuran lebih kecil.

Pada saat calves tersebut kita benturkan, maka akan menyebabkan getaran sehingga menghasilkan bunyi.

11. Tamborin

Alat Musik Idiophone Tamborin
Alat Musik Idiophone Tamborin

Cara memainkan Tamborin yaitu dengan cara digoyangkan. Goyangan dari tamborin tersebut akan membuat piringan kecil yang berada pada pinggir tamborin akan saling berbenturan sehingga menghasilkan bunyi.

Alat musik yang satu ini juga seringkali dimainkan dalam Qasidahan.

12. Glockenspiel

Alat Musik Idiophone Glockenspiel
Alat Musik Idiophone Glockenspiel

Alat musik ini juga termasuk kedalam salah satu jenis alat musik idiophone yang modern. Bentuknya mirip dengan Kolintang.

Glockenspiel terdapat bilah-bilah nada yang dibuat dengan menggunakan bahan baja sehingga menghasilkan bunyi yang nyaring.

Glockenspiel dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan stik.

13. Triangle

Alat Musik Idiophone Triangle
Alat Musik Idiophone Triangle

Bentuk Triangle menyerupai bentuk segitiga. Cara memainkan Triangle yaitu dengan cara dipukul menggunakan tongkat besi.

Triangle terbuat dari bahan logam yang berasal dari baja atau tembaga. Agar rambatan getaran yang dihasilkan oleh Triangle terdengar bersih , maka Triangle tersebut bisa diikat dengan menggunakan kawat atau nilon.

Setelah itu tali tersebut kemudian diikat ke penyangga yang ditempelkan pada tiang atau bisa juga dengan dipegang menggunakan tangan.

Cara memainkan Triangle yaitu dengan cara dipukul pada sisi bagian luarnya atau ada sisi bagian dalamnya.

14. Hit Hat Cymbal

Alat Musik Idiophone Hit Hat Cyimbal
Alat Musik Idiophone Hit Hat Cyimbal

Alat musik ini terdiri atas dua buah lempeng cymbal yang dijadikan satu. Kedua lempeng tersebut berukuran sama besar.

Didalam sebuah lagu, biasanya hit hat cymbal berfungsi sebagai pengatur tempo. Hit Hat Cymbal cara memainkannya menggunakan stik pemukul.

15. Guiro

Alat Musik Idiophone Guiro
Alat Musik Idiophone Guiro

Jenis alat musik idiophone ini memiliki bentuk lonjong yang dinamakan dengan Guiro. Guiro dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul yang berupa stik.

Akibat dari pukulan stik tersebut maka akan menghasilkan getaran yang selanjutnya akan menimbulkan bunyi.

Demikian penjelasan beberapa alat musik idiophone. Semoga bisa membantu kamu yang ingin mengetahui lebih banyak jenis dari alat musik yang termasuk dalam idiophone.