Fungsi, Jenis dan Contoh Alat Musik Harmonis - Alatmusik.id

Fungsi, Jenis dan Contoh Alat Musik Harmonis

Last Updated 2021-01-28T18:31:39+00:00
Fungsi, Jenis dan Contoh Alat Musik Harmonis

Alat Musik Harmonis - Berdasarkan fungsinya, alat musik dibedakan menjadi 3 yaitu alat musik ritmis, alat musik melodis serta alat musik harmonis.

Namun khusus kali ini kita hanya akan membahas mengenai alat musik harmonis.

Pengertian Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis yaitu alat musik yang dipakai untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Oleh karena itu jenis alat musik ini bisa memainkan nada dengan cara bersamaan.

Alat musik harmonis juga menghasilkan lebih dari satu nada pada saat dimainkan serta menghasilkan nada yang harmonis.

Umumnya jenis alat musik harmonis berfungsi sebagai melodi dalam suatu nada dengan lagu. Namun alat musik ini tidak bisa memainkan chord sendirian tetapi dibantu dengan alat lainnya.

Yang harus kita tahu adalah semua alat musik harmonis juga merupakan alat musik melodis. Akan tetapi tidak semua yang termasuk alat musik melodis merupakan alat musik harmonis.

Fungsi Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis memiliki fungsi sebagai pengiring untuk memperindah lagu. Ada dua jenis alat musik harmonis yaitu alat musik harmonis yang tradisional, seperti gambus, siter, bonang dan lain-lain.

Selanjutnya alat musik harmonis modern, misalnya gitar, biola, recorder, keyboard ,[piano dan lain-lain.

Jenis Dan Contoh alat Musik Harmonis

Dibawah ini merupakan penjelasan jenis dan contoh dari alat musik harmonis.

Contoh Alat Musik Harmonis Modern

Yang pertama yaitu alat musik harmonis modern, dibawah ini contoh dari alat musik harmonis modern.

Recorder

Recorder
Recorder

Alat musik ini seringkali dipakai ketika anak-anak di sekolah dasar untuk belajar mengenai alat musik. Jika dilihat secara sepintas bentuk recorder hampir sama dengan suling.

Hanya saja pada recorder terdapat lubang dari jempol yang letaknya berlawanan arah dari 7 lubangnya yang terletak pada bagian depan.

Recorder banyak dibuat dengan menggunakan bahan sintetis yang biasanya berwarna putih.

Biola

Biola
Biola

Di Berbagai belahan dunia alat musik biola cukup terkenal. Bentuknya terlihat unik namun mampu menghasilkan suara yang sangat indah.

Biola juga bisa dimainkan secara tunggal, biasanya pada waktu mendengarnya membuat kita merasa tenang.

Cello (violoncello)

Cello (violoncello)
Cello (violoncello)

Alat musik ini banyak dimainkan di luar negeri. Jika di Indonesia tidak banyak yang bisa memainkannya, selain karena jarang dimainkan, alat musik ini juga kurang sesuai apabila dipadukan dengan alat musik tradisional Indonesia.

Piano

Piano
Piano

Alat musik ini tidaklah asing bagi kita. Dalam berbagai pertunjukkan musik, piano juga seringkali ditampilkan dengan alat musik lain. Orang yang ahli dalam memainkannya disebut dengan pianis.

Gitar

Gitar
Gitar

Contoh alat musik harmonis modern lainnya yaitu gitar. Cara memainkan gitar yaitu dengan dipetik menggunakan tangan atau plektrum.

Pianika

Pianika
Pianika

Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan ditiup serta ditekan. Bentuknya hampir mirip dengan piano namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Selain itu pianika juga mudah dibawa kemana-mana dan lebih fleksibel dibandingkan piano.

Contoh Alat Musik Harmonis Tradisional

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa alat musik harmonis tradisional yang banyak dimainkan pada saat acara adat ataupun hiburan.

Dibawah ini adalah contoh alat musik harmonis tradisional yang ada di Indonesia :

Angklung

Angklung
Angklung

Di Indonesia alat musik angklung ini cukup terkenal. Angklung berasal dari daerah Jawa Barat. Angklung tidak hanya dikenal di Indonesia saja, namun alat musik ini juga populer sampai ke manca negara.

Angklung dibuat dengan menggunakan bambu yang dipotong dengan ukuran yang sudah ditentukan sehingga bisa menghasilkan nada yang kita inginkan.

Alat musik ini biasanya juga dimainkan secara bersama-sama dan dibunyikan secara bergantian sesuai dengan nadanya. Pada waktu angklung dimainkan biasanya ada orang yang memimpin di depan.

Angklung tidak hanya bisa dimainkan oleh banyak orang, namun angklung bisa juga dimainkan secara personal. Caranya yaitu angklung-angklung tersebut digantungkan pada sebuah gawang.

Walaupun angklung merupakan salah satu alat musik tradisional, namun angklung juga bisa dikombinasikan dengan menggunakan alat musik yang modern.

Bonang

Bonang
Bonang

Bonang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa. Bonang juga merupakan bagian dari gamelan yang ada di Jawa.

Bentuk dari bonang mirip dengan gong namun memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan gong. Bonang juga terbuat dari logam kuningan.

Bonang juga termasuk ke dalam alat musik harmonis yang cara memainkannya menggunakan dua buah tongkat yang dilapisi kain atau karet pada bagian ujung pemukul tersebut.

Kemudian kedua pemukul tersebut dipukulkan secara bersamaan sehingga akan menghasilkan lebih dari satu nada.

Gambus

Gambus
Gambus

Contoh alat musik harmonis tradisional lainnya yaitu Gambus. Gambus dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berasal dari daerah Riau dan mengadopsi dari alat musik yang berasal dari Arab yaitu Al Ud.

Dulunya alat musik ini di Riau dimainkan secara individu oleh para nelayan pada saat mencari ikan. Gambus juga dimainkan untuk mengiringi Zapin.

Kecapi

Kecapi
Kecapi

Kecapi juga merupakan contoh alat musik harmonis tradisional yang tidak asing lagi bagi kita. Karena kecapi juga pernah dijadikan gambar salah satu mata uang rupiah yang ada di Indonesia.

Alat musik kecapi berasal dari Jawa Barat dan dimainkan dengan cara dipetik pada bagian dawainya.

Celempung dan Siter

Celempung dan Siter
Celempung dan Siter

Alat musik ini juga merupakan bagian dari seperangkat gamelan di Jawa Barat memainkan kedua alat musik tersebut sama yaitu dengan dipetik.

Akan tetapi celempung dan siter menghasilkan suara yang berbeda selain itu Celempung juga disetel satu oktaf dari Siter.

Keduanya juga terdapat perbedaan lainnya yaitu terletak pada jumlah senarnya. Alat musik Celempung hanya memiliki 11 senar dan siter memiliki 13 senar.

Demikian penjelasan mengenai alat musik harmonis yang bisa kami sampaikan baik dari fungsi, jenis dan contoh alat musik yang sering dimainkan sebagai alat musik harmonis.