6 Jenis Alat Musik Gorontalo - Alatmusik.id

6 Jenis Alat Musik Gorontalo

Last Updated 2021-01-29T12:29:14+00:00
6 Jenis Alat Musik Gorontalo

Alat Musik Gorontalo - Gorontalo yang merupakan salah satu provinsi di Indonesia mempunyai berbagai macam keanekaragaman budaya. Diantaranya yaitu lagu daerah, tarian, alat musik, pakaian daerah dan lain-lain.

Dan kali ini kita hanya akan membahas mengenai alat musik Gorontalo dengan ciri khas budaya dan adat khas Gorontalo. Yuuk kita simak bersama.

1. Polopalo

alat musik Gorontalo Polopalo
alat musik Gorontalo Polopalo

Polopalo berasal dari kata polo-polopalo yang berarti bergetar dengan nyaring. Alat musik Gorontalo asal Polopalo terbuat dari bambu berbunyi nyaring dan yang sudah kering.

Bentuknya hampir mirip dengan garpu tala raksasa. Polopalo dimainkan dengan cara dipukul pada bagian lutut.

Saat ini Polopalo sudah mengalami modifikasi, salah satunya yaitu diberi pemukul dari kayu agar memudahkan serta membantu ketika memainkan alat musik ini.

Disamping itu, adanya alat bantu ini juga agar tidak membuat sakit serta bisa menghasilkan suara Polopalo menjadi lebih nyaring bunyinya.

Polopalo juga termasuk kedalam jenis alat musik idiophone yang bisa menghasilkan bunyi dari badannya sendiri.

Sehingga jika alat musik Polopalo ini dipukul maka akan menghasilkan bunyi yang berasal dari getaran alat musik tersebut.

Pada jaman dulu, Polopalo banyak digunakan untuk mengusir burung di sawah. Selain itu Polopalo juga digunakan oleh penggulung benang bagi perempuan dan oleh petani sebagai bandul kalung sapi.

Alat musik Polopalo juga dikenalkan oleh Kerukunan keluarga Gorontalo Indonesia atau KGGI yang ada di cabang Balikpapan pada tahun 1942.

Alat musik ini dikenalkan pada saat acara jalan santai yang ada di lapangan terbuka tepatnya di kelurahan gunung samarinda Baru yang ada di kecamatan Balikpapan Utara.

Di tahun 60an hingga 90an alat musik Polopalo hanya dimainkan saat waktu-waktu tertentu saja. Biasanya hari yang dimaksud merupakan hari yang istimewa bagi masyarakat Gorontalo.

Ada yang unik dari alat musik ini yaitu terletak pada bahan bakunya. Seperti yang sudah kita sampaikan diatas bahwa Polopalo terbuat dari bahan bambu dan terdiri dari dua jenis bambu yaitu bambu air dan bambu pagar.

Akan tetapi bambu yang digunakan untuk membuat Polopalo terbuat dari jenis bambu air sehingga bunyinya lebih merdu.

Untuk dapat memainkan Polopalo sebaiknya pada malam hari saat suasana sedang hening, hal ini dikarenakan ketika memainkannya memerlukan ketenangan.

2. Wahulo

alat musik Gorontalo wahulo
alat musik Gorontalo wahulo

Jika kita perhatikan alat musik Wahulo yang berasal dari Gorontalo ini bentuknya mirip dengan rebana. Agar bisa memainkan Wahulo maka kita cukup memukulnya dengan menggunakan satu tangan, dan tangan lainnya memegangi alat musik.

Memainkan wahulo juga ada tekniknya tersendiri pada setiap lagu yang mengiringinya.

Diantara alat musik gorontalo asal wahulo dan rebana ada sedikit perbedaan yang terletak pada pengikat kulit yang digunakan.

Pada wahulo terdapat ciri khas anyaman rapat dengan menggunakan rotan. Namun alat musik ini sulit sekali ditemukan di Gorontalo. Hal itu dikarenakan pengrajin yang membuat alat musik Wahulo tidak banyak.

Sehingga kita sebagai generasi muda bangsa ini harus melestarikan bersama-sama agar keberadaan alat musik ini tidak sampai punah.

3. Marwas atau Marawis Gorontalo

alat musik Gorontalo Marwas
alat musik Gorontalo Marwas

Cara memainkan marwas adalah dengan menepuk atau memukul bagian membaran yang terbuat dari kulit hewan yang telah dikeringkan. Marawas termasuk dalam jenis alat musik perkusi karena dimainkan secara jika dimainkan secara tunggal suara yang dihasilkan kurang enak didengar.

Marwas juga seringkali digunakan untuk mengiringi lagu-lagu yang isinya berupa puja puji kepada Sang Pencipta.

Banyak yang meyakini bahwa alat musik ini merupakan adopsi dari budaya dari Timur tengah yang datang pada jaman dahulu saat masa perdagangan.

4. Ganda (Gendang Gorontalo)

alat musik Gorontalo Ganda
alat musik Gorontalo Ganda

Alat musik yang berasal dari Gorontalo selanjutnya yaitu Ganda atau gendang. Gendang Gorontalo ini dimainkan dengan cara dipukul. Gendang ini juga memiliki dua sisi yang dilapisi dengan menggunakan kulit hewan.

Dalam memainkan alat musik ini juga cukup mudah sehingga tidak perlu menggunakan teknik khusus. Yang dibutuhkan hanyalah kelihaian serta naluri dari pemain.

Ukuran dari Gendang Gorontalo ini lebih kecil jika dibandingkan dengan gendang jawa. Karena gendang gorontalo dimainkan dengan memukul membrannya maka termasuk ke dalam alat musik membranofon.

5. Gambusi atau Gambus Gorontalo

alat musik Gorontalo Gambusi
alat musik Gorontalo Gambusi

Gambus Gorontalo ini juga bisa kita temukan pada daerah lain yang menjadi daerah penyebaran agama Islam di Indonesia pada masa lalu.

Pada abad ke 16 disaat penyebaran Islam meluas di Gorontalo, pedagang yang berasal dari Timur Tengah memperkenalkan alat musik Gambusi ini di Gorontalo.

Sehingga oleh masyarakat Gorontalo menciptakan alat musik sendiri seperti gambus dengan ornamen yang khas.

Biasanya alat musik ini identik dengan kebudayaan Maluku. Gambusi ini juga memiliki dawai yang berjumlah 9 buah. Dawai tersebut menghasilkan suara yang khas serta cocok dimainkan untuk kebudayaan lokal.

Alat musik Gorontalo ini juga seringkali dimainkan secara bersama-sama dan dipadukan dengan alat musik rebana,waluho serta alat musik tradisional lainnya.

Pada umumnya alat musik Gambusi memiliki banyak kesamaan dengan alat musik gambus. Biasanya gambusi dimainkan bersamaan dengan alat musik seperti marwas dan rebana.

6. Diyo-diyo

Alat musik Gorontalo Diyo-diyo ini sudah dikenal sejak lama, tepatnya pada abad ke 16 saat para pedagang yang berasal dari Gujarat mendarat di Gorontalo.

Rombongan tersebut kemudian mengenalkan alat musik tiup yang berasal dari India. Sehingga pada saat itu merangsang para seniman yang ada di Gorontalo untuk menciptakan alat musik Diyo-Diyo.

Kapan pertama kali alat musik ini dimainkan serta siapa yang menciptakannya, sampai saat ini belum ada informasi menyebutkan dengan jelas.

Itulah beberapa alat musik Gorontalo yang kami sajikan. Keberadaan alat musik tersebut tidak terlepas dari dukungan masyarakat sehingga bisa terus lestari.