Sejarah dan Jenis-Jenis Alat Musik Gitar - Alatmusik.id

Sejarah dan Jenis-Jenis Alat Musik Gitar

Last Updated 2021-01-28T21:49:38+00:00
Sejarah dan Jenis-Jenis Alat Musik Gitar

Alat Musik Gitar adalah salah satu jenis alat musik yang menggunakan dawai dan untuk memainkannya adalah dengan cara dipetik dawainya. Saat ini gitar juga mengalami berbagai modifikasi pada setiap bagiannya.

Berikut ini akan kami ulas secara lengkap mengenai alat musik gitar.

Sejarah Alat Musik Gitar

Sejarah Alat Musik Gitar
Sejarah Alat Musik Gitar

Guitar adalah sebutan gitar dalam bahasa inggris, tetapi berdasarkan secaranya nama gitar ini berasal dari nama alat musik pada masa Persia kuno.

Alat musik kuno tersebut ditemukan pada tahun 1500 SM yang awalnya dikenal dengan sebutan Citar atau Sehtar.

Lalu alat musik petik ini mengalami perkembangan dan dinamakan dengan tanbur. Pada tahun 300 SM, bangsa Yunani berhasil mengembangkan alat musik tanbur.

Di tahun 476 masehi gitar dibawa ke Negara Spanyol, kemudian disinilah awal mula nama tanbur berubah menjadi guitarra morisca.

Lalu setelah 300 tahun, alat musik ini sampai ke timur tengah yaitu Arab. Akan tetapi gitar di Arab dikenalkan dengan nama gitar gambus.

Jenis Jenis Gitar Sesuai Perkembangan Jaman

1. Gitar Akustik

Gitar Akustik
Gitar Akustik

Gitar akustik merupakan salah satu dari jenis gitar. Gitar akustik menghasilkan bunyi yang berasal dari getaran senarnya.

Kemudian senar tersebut lalu mengalirkan getaran melalui sabel dan jembatan. Fungsinya untuk mengikat senar yang menuju ke ruang suara pada gitar.

Lalu suara yang dialirkan tersebut menimbulkan resonansi pada kayu di badan gitar akustik.

Gitar akustik ini pada umumnya bagian badannya terbuat dengan kayu. Lalu senar yang digunakan terbuat dari bahan nilon ataupun baja.

Gitar akustik juga sering dipakai untuk dimainkan sebagai pengiring lagu dalam tempo yang lambat.

2. Gitar Senar Baja

Gitar Senar Baja
Gitar Senar Baja

Bagi kamu yang pemula atau ingin belajar memainkan gitar. Maka cocok jika menggunakan jenis gitar ini. Gitar senar baja juga seringkali dipakai oleh musisi ketika membuat instrumen dasar dalam lagu.

Penamaan gitar baja karena senar yang digunakan pada jenis ini adalah dari baja. Maka tak heran jika gitar ini memiliki banyak resonansi nada yang berguna dalam menciptakan lagu.

Hanya saja untuk para pemula ketika baru pertama kali memainkan gitar ini maka biasanya jari tangan yang digunakan untuk memetik akan terasa sakit karena senarnya terbuat dari bahan baja. Walaupun begitu suara yang dihasilkan oleh gitar ini terdengar nyaring.

3. Gitar Flamenco

Gitar Flamenco
Gitar Flamenco

Jenis gitar Flamenco berasal dari Spanyol. Biasanya gitar ini digunakan untuk Toque. Toque yaitu kesenian Flamenco yang berasal dari Spanyol.

Tetapi gitar jenis ini jarang digunakan pada saat pembuatan instrument dasar lagu atau musik.

Hal ini dikarenakan jenis instrumen gitar ini tidak memiliki fleksibilitas dibandingkan dengan gitar lain pada umumnya.

Karakteristik gitar flamenco terlihat dari berat gitar yang lebih ringan jika dibandingkan dengan gitar lainnya.

Untuk hasil suaranya dari gitar ini juga cukup terang dan persuasif.

4. Gitar Resonator

Gitar Resonator
Gitar Resonator

Gitar ini memiliki ciri khasnya yaitu pada suara yang dihasilkan. Berasal dari satu atau lebih kerucut yang terbuat dari logam yang berputar dan banyak yang menyebutnya dengan resonator.

Bentuk gitar ini juga berbeda dengan jenis gitar lain, jika biasanya pada bagian tengah gitar terdapat lubang suara. Maka berbeda dengan gitar resonator ini yang hanya memiliki piringan bundar pada bagian tengahnya.

Fungsi dari piringan bundar tersebut adalah untuk hide atau menyembunyikan resonator yang berbentuk kerucut.Dikarenakan gitar ini hanya bisa menghasilkan suara yang pelan maka peminat gitar resonator tidak banyak.

5. Gitar 12 senar

Gitar 12 senar
Gitar 12 senar

Jika kita melihat hanya sepintas maka gitar tersebut hanya ada 6, tetapi sebenarnya senar yang dimilikinya berjumlah 12 sesuai dengan namanya yang digabungkan secara berpasangan.

Suara yang dihasilkan oleh gitar ini terdengar jelas dan jernih. Untuk dapat memainkan gitar ini harus memiliki effort yang lebih karena jumlah senarnya ada 12.

6. Gitar Elektrik

Gitar Elektrik
Gitar Elektrik

Gitar elektrik seringkali dimainkan pada lagu yang memiliki genre jazz, rock serta blues. Selain itu gitar elektrik juga memiliki peranan yang cukup besar terutama pada genre musik pada tahun 1940 an.

Gitar elektrik memiliki performance yang unggul, sehingga digunakan sebagai kunci untuk memainkan sebuah lagu.

Namanya saja gitar elektrik tentunya juga berbeda dengan gitar akustik yang mengeluarkan suara melalui getaran senarnya.

Pada gitar elektrik dibutuhkan pick up untuk mengubah bunyi getaran senar yang menjadi arus listrik. Lalu disambungkan dengan amplifier serta pengeras suara atau disebut juga dengan loudspeaker.

7. Gitar Archtop

Gitar Archtop
Gitar Archtop

Jenis gitar selanjutnya yaitu gitar archtop. Gitar ini juga memiliki keistimewaan dibandingkan dengan gitar lainnya.

Gitar archtop yang termasuk gitar elektrik memiliki konsep hellow body. Sehingga hal tersebut yang menjadikan musisi jazz banyak yang memilih menggunakan gitar archtop.

Bentuk gitar ini sangat besar jika dibandingkan dengan gitar pada umumnya.Oleh karena itu banyak yang menyebutnya dengan biola yang besar.

Gitar ini juga menghasilkan suara yang lembut ketika dipetik, sehingga cocok sekali digunakan untuk mengiring lagu-lagu yang melow.

8. Gitar Mini Traveler

Gitar Mini Traveler
Gitar Mini Traveler

Bagi para traveler dan musisi jalanan, gitar ini sangat pas digunakan. Dikarenakan gitar mini traveler memiliki bentuk yang kecil sehingga memudahkan untuk dibawa kemana-mana.

Cocok juga dibawa ketika kamu ingin bepergian agar menjadikan suasana lebih menyenangkan dengan memainkan gitar.

Spesifikasi dari gitar mini traveler ini hampir sama dengan gitar akustik, namun gitar ini dibuat sepraktis mungkin.

Tapi jangan khawatir karena suara yang dihasilkannya tergolong bagus sehingga tak perlu diragukan lagi.

Demikian ulasan mengenai alat musik gitar yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat.