Asal Usul, Fungsi Alat Musik Gambus dan Fakta Uniknya - Alatmusik.id

Asal Usul, Fungsi Alat Musik Gambus dan Fakta Uniknya

Last Updated 2021-02-06T16:07:32+00:00
Asal Usul, Fungsi Alat Musik Gambus dan Fakta Uniknya

Alat Musik Gambus - Indonesia kaya budaya, termasuk kaya dengan keanekaragaman alat musik tradisionalnya. Baik yang berasal dari luar yang kemudian diadaptasi, maupun alat musik asli nusantara. Semua ini adalah kekayaan yang sudah seharusnya dijaga dan dilestarikan semua anak bangsa.

Artikel kali ini akan membahas tentang alat musik Gambus dan asal usulnya. Sebagai salah satu kekayaan Indonesia. Alat musik tradisional ini sangat dikenal di tanah air meski konon berasal dari luar yakni dari Jazirah Arab. Alat musik Gambus dimainkan untuk iringi berbagai seni tradisional Nusantara.

Menurut sejarahnya alat musik gambus masuk ke Indonesia pertama kali di Sumatera bersamaan dengan adanya Islamisasi di daerah tersebut. Kemudian pada perkembanganya gambus menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dan makin populer.

Pada awalnya alat musik gambus diterima oleh orang orang dari suku Melayu dan pada perkembanganya diadaptasi menjadi alat musik tradisional khas mereka. Alat musik gambus kemudian dimainkan dalam berbagai kesenian Melayu, utamanya yang bernafaskan agama Islam. Seperti misalnya tari rebana, tari hadrah, qasidah dan rebana.

Asal Usul Alat Musik Gambus di Ketapang

Asal Usul Alat Musik Gambus di Ketapang
Asal Usul Alat Musik Gambus di Ketapang

Alat musik gambus masuk ke wilayah ketapang sejalan dengan kedatangan suku Melayu dari Sumatera yang akhirnya tinggal di Ketapang. Mereka yang mengenalkan gambus ini ada yang profesinya sebagai mubaligh, ada juga pedagang. Utamanya dari para mubaligh lah alat musik gambus dikenalkan kepada masyarakat setempat.

Alat musik gambus gambus masuk ke Ketapang dimanfaatkan untuk media agama Islam, digunakan untuk memainkan dan mengiringi berbagai kesenian yang mengandung unsur agama Islam yang diterima dengan baik oleh masyarakat Ketapang.

Merekapun kemudian mengadaptasi model gambus dan mulai membuatnya sendiri. Penggunaan alat musik gambus disana akhirnya makin berkembang. Selain untuk sarana dakwah juga untuk hiburan.

Lebih Detail Mengenai Alat Musik Gambus

Lebih Detail Mengenai Alat Musik Gambus
Lebih Detail Mengenai Alat Musik Gambus

Selanjutnya akan diuraikan lebih detail tentang alat musik gambus. Mulai dari bentuk, ukuran hingga bahan untuk membuat alat musik ini. Berikut ulasanya

Bentuk alat musik gambus

Alat musik gambus bentuknya mirip gayung. Dan punya bagian bagian sendiri seperti alat musik gitar. Terdapat semacam ornamen pada bagian kepala alat musik gambus. Bagian kepala ini diukir dengan penuh estetika. Ada yang motif ukiran buah delima atau daun serai.

Tentu saja motif ini bukan sekedar estetika belaka. Tapi juga ada makna makna khusus pada setiap motif. Misalnya motif ukir buah delima dan daun serai memiliki makna bahwa manusia hidup mesti mencintai suatu seni. Ibarat pohon yang punya daun dan juga hasilkan buah.

Bahan dan Cara Membuat alat musik gambus

Alat musik gambus bisa saja dibuat dari berbagai bahan seperti kayu menggaris, kayu kempas dan kayu merbau. Untuk membuat alat musik ini, langkah pertama adalah memilih bahan kayu sesuai keinginan. Langkah kedua, setelah memilih kayu kemudian kayu tersebut dipotong potong untuk masing masing bagian.

Hal Hal Unik dalam Pembuatan Alat Musik gambus

Ternyata ada hal unik dalam proses pembuatan alat musik gambus. menurut kepercayaan orang Melayu yang memegang tradisi alat musik gambus. Ketika akan membuat alat musik gambus dengan bahan kayu. Tidak sembarangan asal menebang. Melainkan harus sesuai waktu waktu tertentu yakni menebang pohon dan memotongnya ketika ada sinar bulan atau saat bukan menyerupai sabit dan mengecil. Hal ini dipercaya bahwa nantinya kayu itu awet tahan lama dan tidak gampang lapuk.

Selanjutnya, jika gambus sudah selesai dibuat, akan dibacakan semacam mantra mantra atau doa. Tujuan pembacaan mantra ini menurut kepercayaan setempat agar ketika dimainkan, alat musik gambus ini bisa membuat pendengarnya menyukainya secara terus menerus.

Ukuran alat musik gambus

Sebetulnya tidak ada ukuran standar alat musik gambus. Ini sepenuhnya tergantung oleh si pengrajin itu sendiri. Panjang pendek alat musik ini sangat beragam. Namun, yang biasanya ditemui ukuran panjang alat musik gambus adalah sekitar 1 meter. Namun tidak ada patokan baku.

Peletakan Alat Musik Gambus Tidak Boleh Sembarangan

Alat musik gambus dinilai istimewa sehingga oleh sejumlah adat tidak boleh diletakan secara sembarangan di semua tempat. Utamanya bagi alat musik gambus yang telah dirabun, harus diletakan di tempat tempat khusus yakni di tempat yang tinggi dengan dibungkus sebuah kain khusus.

Perbedaan Alat Musik Gambus Melayu dan Arab

Perbedaan Alat Musik Gambus Melayu dan Arab
Perbedaan Alat Musik Gambus Melayu dan Arab

Ada perbedaan antara alat musik gambus yang dikembangkan oleh masyarakat Melayu dengan alat musik gambus dari tanah Arab. Beberapa perbedaanya ada di bentuk badan gambus. Pada badan alat musik gambus Melayu, badanya berbentuk setengah bulat telur dan agak lonjong. Sedangkan alat musik gambus dari Jazirah Arab bentuknya mirip bola yang dibagi dua.

Fungsi Alat Musik Gambus

Fungsi Alat Musik Gambus
Fungsi Alat Musik Gambus

Gambus adalah alat musik tradisional khas Melayu yang diadaptasi dari jazirah Arab. Meski bentuknya berbeda, namun fungsi alat musik ini sama. Yakni untuk iringi berbagai musik musik kesenian bernafaskan agama Islam. Seperti misalnya untuk iringi tarian jepin. Alat musik gambus juga bisa dimainkan orang orang untuk hiburan di sawah menunggu panen, atau untuk menidurkan anak anak. Jadi alat musik gambus ini bisa dimainkan untuk kelompok maupun perorangan. Cara memainkanya seperti memainkan alat musik dawai yaitu dengan dipetik senarnya gambus akan hasilkan suara atau bunyi melodis.

Nah itulah tadi informasi tentang alat musik gambus dan ulasannya. Sebagai salah satu alat musik khas Nusantara, maka sudah selayaknya harus dilestarikan. Semoga informasi ini bermanfaat.