Mengenal Berbagai Macam Alat Musik Ditiup Yang Ada di Dunia - Alatmusik.id

Mengenal Berbagai Macam Alat Musik Ditiup Yang Ada di Dunia

Last Updated 2021-02-06T15:59:49+00:00
Mengenal Berbagai Macam Alat Musik Ditiup Yang Ada di Dunia

Alat musik ditiup merupakan alat musik yang cara memainkanya dengan ditiup untuk hasilkan bunyi atau suara. Bunyi alat musik ditiup sendiri dihasilkan karena ada getaran (resonansi).

Resonansi adalah suatu getaran karena adanya pemicu. Dalam alat musik ditiup pemicunya adalah tiupan lewat rongga tabung sehingga hasilkan bunyi khusus.

Beberapa jenis alat musik ditiup diantaranya saksofon, terompet, flute, klarinet, harmonika, tuba, trombon, piano, obo, suling, recorder, piccolo, bassoon, venu, tumpong, shakuhachi, terompet dan lain lain. Berikut selengkapnya jenis jenis alat musik ditiup :

1. Terompet

Terompet
Terompet

Terompet adalah alat musik ditiup paling sering dijumpai sehari hari. alat musik ini dibuat dari bahan logam, punya tiga tombol untuk atur nada. Terompet dibikin menurut tangga nada biasanya nada B paling banyak dipakai.

2. Saksofon

Saksofon
Saksofon

Saksofon diciptakan tahun 1840 oleh pemain Klarinet Beliga namanya Adolphe Sax. Saksofon dibuat dari logam. Dulu alat musik ini biasanya dipakai untuk band militer dan orkestra. Sekarang untuk musik jazz dan musik populer lainya. Saksofon yang paling banyak digunakan seperti tenor, bariton, sopran dan alto.

3. Klarinet

Klarinet
Klarinet

Klarinet adalah alat musik ditiup jenis terompet. asal kata klarinet dari bahasa Itaki Clarino artinya trompet. Akhiran Et artinya kecil jadi klarinet terompet kecil. Cara memainkanya dengan meniup untuk hasilkan bunyi. Ada banyak jenis klarinet dan ada yang termasuk langka. Yang biasanya dimainkan adalah klarinet soprano dengan nada B.

4. Flute

Flute
Flute

Flutd adalah alat musik ditiup, karakter bunyinya cukup khas dan lembut. Flute biasa dikolaborasikan bersama alat musik lainya. Flute dibuat dari logam. Bagi profesional, biasanya gunakan flute berbahan perak atau emas atau campuran kedua bahan.

Untuk pemakaian standar, flute yang biasa dipakai biasanya dibuat dari campuran perak dan nikel. Bisa juga gunakan logam lain dilapisi perak. Flute dimainkan di nada tinggi dengan meniupnya menyamping ke kanan dan kiri.

5. Trombon

Trombon
Trombon

Trombon juga merupakan jenis dari terompet. Trombon berasal dari kata tromba yang memiliki arti terompet dan one pada akhir katan trombone artinya besar, jadi dalam bahasa italia arti dari trombone adalah terompet besar.

Agak beda dari alat musik ditiup kebanyakan. Alat musik trombon tak punya katup untuk atur nada. Sehingga untuk atur nada alat musik ini terdiri 4 bagian. Dua tabung dalam statis dan paralel. Ujungnya cukup tebal. Dan dua tabung luarnya bisa digerakkan. kd belakang maupun digerakan kedepan untuk atur nada.

Ketika dimainkan alat musik trombon ditaruh di bahu kiri pemainya. Kemudian slide digerakan pakai tangan. Bentuknya yang demikian alat musik trombon bisa hasilkan suara lebih rendah dari terompet.

6. Harmonika

Harmonika
Harmonika

Cikal bakal alat musik harmonika sudah dimainkan sejak 5000 tahun lalu di Tiongkok. Namun harmonika modern baru ditemukan lalu dikembangkan sekitar tahun 1826 dengan memakai nada diatonis yang sampai sekarang masih berlaku. Harmonika merupakan salah satu alat musik paling gampang dimainkan dengan ditiup dan dihisap sudah keuarkan suara bagus nada riang.

Bunyi yang dihasilkan alat musik harmonika dari kombinasi fungsi 20 plat nada di badan harmonika yang terdiri 10 lubang tiup dan hisap.

7. Tuba

Tuba
Tuba

Mulai abad 19 di Eropa Alat musik Tuba lahir dan sering digunakan.Tuba merupakan salah satu alat musik yang ditiup dengan memiliki ukuran terbesar tetapi untuk suara yang dihasilkan adalah nada yang rendah.

Mirip dengan terompet, terdapat tombol yang digunakan untuk mengatur nada yang keluar dari tuba sebanyak 3 buah tombol. Jadi ketika ingin menghasilkan nada tuba ketika ditiup harus menekan tombol ini agar menghasilkan nada yang berbeda-beda.

Seperti terompet tombol untuk mengatur nada pada tuba hanya 3 buah. Sehingga untuk menghasilkan nada tertentu harus meniup dengan mengkombinasikan tombol yang ditekan dengan tekanan bibir.

Berdasarkan jenisnya Tuba ada 4 Jenis yaitu Tuba SUbcontrabass, Tuba Tenor, Tuba Bass dan Tuba Contra Bass.

8. Obo

Obo
Obo

Obo sudah ada sejak abad 17 dimainkan di eropa. kata Obo dari bahasa Perancis hautbis artinya High wood. nama ini mengacu pada bunyi atau suara yang dihasilkan. Suara obo jernih melengking. Obo biasa digunakan untuk tuning atau ambil nada dalam orkestra.

9. Pianika

Pianika
Pianika

Pianika atau melodis merupakan alat musik ditiup kecil. Cara memainkanya ditiup langsung pada corong. Bisa juga pakai pipa lentur yang dihubungkan ke mulut. Alat musik ini memakai bilah keyboard tiga oktaf. Pianika bisa dimainkan sebagai melodi utama bisa juga untuk ritem.

Cara main nya cukup mudah asal tahu tekniknya. Yaitu tangan kiri pegang pianika tangan kanan tekan keyboard untuk memainkan melodi dan meniupnya agar hasilkan bunyi. alat musik ini biasanya diajarkan di sekolah.

10. Suling/Seruling

Suling
Suling

Suling masuk dalam jenis musik tiup atau woodwind. Suling juga jadi alat musik tradisional nusantara seperti di Jawa Barat dan berbagai daerah lainya. Suara suling lembut, merdu. Suling dibuat dari bambu dan campuran logam nikel dengan lapisan perak. Suling dimainkan untuk musik tradisional termasuk musik keroncong dan musik melayu, selain itu juga diajarkan di sekolah sekolah.

11. Recorder

Recorder
Recorder

Recorder adalah alat musik ditiup yang sudah cukup populer. Biasanya dimainkan untuk latihan seni di sekolah dasar sampai jenjang lanjut. Recorder masih dalam jenis flute. Cara memainkanya dengan meniupnya dari ujung recorder.Recorder terdiri jenis jenis seperti bass, tenor dan treble. Kayu dan bahan plastik adalah bahan untuk membuat recorder.

Nah itulah beberapa jenis alat musik ditiup. Sebenarnya masih banyak lagi jenis alat musik ditiup lainya. Apakah tertarik ingin memainkan salah satu alat musik ini?

Semoga informasi ini menambah pengetahuan kita bersama tentang jenis-jenis alat musik yang ditiup yang ada di dunia.