7 Jenis Alat Musik Dayak Kalimantan Yang Unik - Alatmusik.id

7 Jenis Alat Musik Dayak Kalimantan Yang Unik

Last Updated 2021-02-06T15:16:23+00:00
7 Jenis Alat Musik Dayak Kalimantan Yang Unik

Alat Musik Dayak Kalimantan - Artikel kali ini akan membahas tentang alat musik Kalimantan, khususnya alat musik suku Dayak. Apakah anda sudah mengetahuinya? suku Dayak merupakan salah satu suku di nusantara di kalimantan yang masih terus melestarikan berbagai kearifan lokal, termasuk adat istiadat dan budaya. Maka tak heran jika suku dayak Kalimantan juga punya beberapa alat musik tradisional yang jadi kebanggan masyarakat setempat.

Alat alat musik tradisional dayak kalimantan ini masih dilestarikan sampai sekarang meski digerus oleh zaman dan penetrasi budaya budaya luar negeri yang sangat masif. Biasanya alat alat musik tradisional ini dimainkan untuk mengiringi berbagai kesenian dan adat tradisional masyarakat setempat.

Dengan mengetahui berbagai alat musik tradisional khas suku dayak kalimantan. Harapan akan menambah wawasan kita semua dan dengan demikian, akan menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya budaya lokal tanah air.

1. Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak kalimantan : Sape

Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak kalimantan Sape
Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak kalimantan Sape

Alat musik tradisional unik di ukir motif khas suku Dayak.

Alat musik tradisional suku Dayak Kalimantan yang pertama dalam daftar ini adalah alat musik bernama Sape. Sape punya makna sendiri. Berasal dari bahasa Suku Dayak, artinya adalah memetik dengan jari. Tentu saja, alat musik sape memang cara memainkanya dengan dipetik.

Alat musik sape dibuat dari beberapa jenis kayu yang banyak tersedia di kalimantan. Salah satunya adalah kayu Meranti. Sape juga bisa dibuat dengan jenis kayu lainya asalkan tahan lama dan kuat. Bentuk Sape cukup unik. Tapi tak cuma itu saja daya tariinya. Keunikan lainya adalah alat musik ini diberi ukiran yang cukup artistik, ukiran ini adalah ukiran khas Suku Dayak kalimantan. Jadi alat musik satu ini memang sangat mencirikan suku Dayak.

2. Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan : Gong Garantung

Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan Gong Garantung
Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan Gong Garantung

Serupa gong tapi suaranya agak berbeda.

Selanjutnya, alat musik tradisional khas suku Dayak Kalimantan adalah gong garantung. Seperti namanya, alat musik ini merupakan jenis alat musik pukul seperti gong. Bentuknya juga serupa gong.

Namun alat musik khas suku Dayak Kalimantan ini punya perbedaan dengan gong yang misalnya ada di Jawa. Perbedaan utamanya terletak pada suara gong garantung yang lebih pendek dan tidak menggema seperti pada gong umumnya ketika ditabuh.

3. Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan : Gamang

Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan Gamang
Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan Gamang

Dibuat dari kayu tapi hasilkan nada unik.

Alat musik tradisional khas suku Dayak kalimantan ketiga dalam daftar ini adalah alat musik bernama Gamang. Mungkin anda belum familier dengan alat musik ini. Gamang utamanya berasal dari suku Dayak maanyan. Untuk memainkanya, caranya adalah dengan memukulnya. Uniknya walaupun alat musik gamang ini dibuat dari kayu. Tapi ternyata punya sebanyak 5 buah nada yang berbeda beda. Nada nada ini yaitu nada Do, Rd, Mi, Sol dan La.

4. Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan : Kangkuang

Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan Kangkuang
Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan Kangkuang

Alat musik sederhana dan unik dengan ukiran ukiran khas.

Alat musik tradisional khas suku Dayak Kalimantan keempat dalam daftar ini adalah alat musik kangkuang. Alat musik kangkuang dimainkan dengan cara memukulnya, masuk dalam jenis alat musik perkusi. Meski cukup dibuat dari kayu dan sederhana, namun alat musik kangkuang cukup istimewa dan unik karena adanya ukiran pada kayu kangkuang sebagai wujud seni yang keren dari suku Dayak.

5. Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan: Entebong

Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan Entebong
Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan Entebong

Alat musik khas dan kebanggaan suku Dayak.

Alat musik entebong adalah salah satu alat musik tradisional khas suku Dayak Kalimantan yang menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Menjadi bagian dari identitas mereka. Sebenarnya alat musik tradisional entebong sama dengan gendang baik dari suara yang dihasilkan maupun dari bentuknya menyerupai gendang. Cara memainkannya di tabuh. Suku Dayak Mualang adalah pembuat alat musik ini dan menganggapnya sebagai bagian seni dan kerajinan yang dibanggakan.

6. Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan: Keledik

Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan Keledik
Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan Keledik

Alat musik tradisional suku Dayak yang unik hasilkan nada nada pentatonik. Untuk bahan pembuatannya adalah dari labu yang dikeringkan ditambah dengan batang bambu dan benang. Cara memainkan Keledik yakni dengan cara meniupnya, maka akan menghasilkan bunyi suara pentatonik.

7. Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan: Kollatung

Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan Kollatung
Alat Musik Tradisional Khas Suku Dayak Kalimantan Kollatung

Alat musik unik bisa untuk alat bayar seperti fungsi uang.

Terakhir, alat musik tradisional khas suku dayak Kalimantan lainya adalah alat musik kollatung. alat musik kollatung ini dibuat bukan dari kayu. Tapi dibuat menggunakan bahan tembaga kuningan. Cara memainkanya dengan memukulnya. Alat musik kollatung biasanya dimainkan untuk beberapa acara adat di suku Dayak Kalimantan termasuk untuk upacara pernikahan.

Tidak hanya itu saja. Ada yang cukup unik tentang alat musik khas suku dayak ini. Yaitu bisa dijadikan fungsi sebagai alat bayar layaknya uang. Tapi hanya berlaku bagi masyarakat adat suku dayak saja.

Nah itulah tadi informasi tentang alat musik tradisional khas suku Dayak Kalimantan. Meliputi alat musik Sape, gong gerantung, kollatung, alat musik entebong, Kangkuang dan gamang. Sangat bervariasi ternyata alat musik yang dimiliki suku Dayak Kalimantan. Bahkan beberapa alat musik ini dibuat sendiri oleh suku Dayak serta dimainkan sampai sekarang dan tentunya ini sangat membanggakan. Dimana kebudayaan disana masih terus dilestarikan di tengah gempuran budaya budaya modern yang menggerus zaman. Generasi muda sudah saatnya ikut melestarikan kebudayaan nusantara.