Sejarah, Fungsi, Cara Membuat dan Memainkan Alat Musik Calung - Alatmusik.id

Sejarah, Fungsi, Cara Membuat dan Memainkan Alat Musik Calung

Last Updated 2021-02-07T17:08:17+00:00
Sejarah, Fungsi, Cara Membuat dan Memainkan Alat Musik Calung

Alat Musik Calung - Seringkali kita melihat alat musik calung dimainkan pada saat acar tertentu, seperti penyambutan tamu, pernikahan dan lain-lain. Alat musik ini juga banyak dimainkan dengan alat musik lain.

Calung

Alat Musik Calung
Alat Musik Calung

Alat musik calung yaitu alat musik yang berasal dari Sunda yang merupakan prototipe dari alat musik angklung.

Cara untuk memainkan alat musik calung yang berasal dari Jawa Barat yaitu dengan memukul batang bambu yang sudah disusun sesuai dengan laras nada.

Alat musik calung dibuat dengan menggunakan bambu hitam, walaupun ada juga yang dibuat dengan menggunakan bambu putih.

Sejarah Singkat Alat Musik Calung

Sejarah Singkat Alat Musik Calung
Sejarah Singkat Alat Musik Calung

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa alat musik calung dibuat dengan menggunaan bahan dasar bambu. Biasanya menggunakan bambu hitam serta bisa juga dengan menggunakan bambu lain yang bisa dijadikan bahan dasar.

Bambu tersebut dinamakan juga dengan bambu wulung yang banyak tumbuh ditanah pasundan.

Pada awalnya calung merupakan prototipe, namun masyarakat ingin menciptakan alat musik yang bisa menghasilkan tangga nada harmonis.

Calung dimainkan dengan cara dipukul dan keberadaan calung juga mengalami perkembangan sampai saat ini.

Biasanya calung dimainkan dengan alat musik lainnya seperti kosrek,kecapi,biola bahkan sering juga calung dimainkan bersama keyboard dan gitar.

Di sekitaran tahun 60an sampai 70an permain calung disiarkan di TVRI pada acara Bebodoran.

Pemanfaatan calung yang dipadukan dengan kesenian lain bukan hanya sekedar menjadi pemuasan hiburan masyarakat, namun bisa juga agar terkumpul banyak orang saat kegiatan informasi penyuluhan.

Beberapa Bentuk Calung

Calung Gambang

Calung Gambang
Calung Gambang

Ini adalah calung yang memiliki bentuk berderet kemudian diikat menggunakan tali tanpa adanya standar atau ancak.

Calung jenis ini dimainkan dengan cara : kedua ujung tali diikatkan pada sebuah pohon atau tiang. Kemudian kedua tali pangkalnya diikatkan di pinggang si penabuh.

Untuk motif pukulannya mirip dengan memukul gambang.

Calung Gamelan

Calung Gamelan
Calung Gamelan

Calung gamelan merupakan jenis calung yang sudah digabungkan membentuk ensambel. Calung gamelan juga dikenal dengan salentrong.

Alat-alatnya terdiri dari :

  1. Dua buah perangkat calung gambang denagn masing-masing memiliki 16 batang
  2. Terdapat 6 batang pada calung Jengglong
  3. Sebuah goong bambu yang seing disebut juga dengan gong bumbung
  4. Caung ketuk dan calung kenong yang terdiri dari 6 batang kendang

Calung Jingjing

Calung Jingjing
Calung Jingjing

Calung jingjing yaitu calung yang dibawakan dengan cara dijinjing dengan menggunakan tangan satu, sedangkan tangan lainnya digunakan untuk memegang pemukul.

Calung jenis ini sangat populer sehingga banyak digemari di masyarakat. Untuk alat-alatnya terdiri atas :

- Calung melodi memiliki sepuluh nada sampai dengan 12 nada

- Terdiri atas 10 nada untuk Calung pengiring

- Terdiri dari 5 nada untuk Calung Jengglong

- Calung besar sebanyak 2 nada. Fungsinya yaitu sebagai kempul dan gong

Cara memainkannya yaitu dengan dipukul menggunakan tangan kanan sebagai pemukul. Dan untuk tangan kirinya menjinjing alat musik ini.

Untuk teknik menabuhnya yaitu dimelodi, dikleter, dikemprang, dikempyung, draeh, dirincik, dirangkep, salancar, kotrek dan solorok.

Karena cara memainkan calung ini dengan dijinjing maka calung ini juga seringkali di padukan dengan kesenian lainnya seperti longser.

Pertunjukan seni calung menggunakan lonser sangat menarik, ini dikarenakan semua pemainnya menggunakan calung jinjing.

Pada sepanjang pementasan disela-sela dialog yang dilakukan pemain longser, calung yang dibawa akan dibunyikan.

Bahkan sering juga diberapa adegan para pemian longser membawakan lagu sunda dengan diiringi calung dan alat musik lainnya.

Dahulu alat musik calung paling sering dimainkan dalam ritual seperti mapag sri dan seren taun oleh masyarakat sunda.

Namun kini alat musik calung ini juga tidak hanya untuk mengiringi ritual saja namun juga untuk menyambut tamu, mengiringi pernikahan, perhelatan budaya lainnya dan sebagainya.

Fungsi Calung

Fungsi Calung
Fungsi Calung

Alat musik calung umumnya digunakan dalam acara adat pertanian, bisa dikatakan alat musik ini termasuk alat musik sakral. Karena saat memainkan calung pada upacara adat harus berirama tertentu.

Dengan memainkan alat musik calung maka dipercaya bisa untuk mencegah bala. Selain itu juga banyak dipercaya untuk menyembuhkan penyakit.

Calung keberadaanya sampai saat ini masih sering dimainkan diacara-acara adat yang ada di Jawa Barat sampai sekarang seperti halnya alat musik angklung.

Bahkan untuk kesenian lainnya keberadaannya banyak yang sudah punah atau banyak juga yang masuk kedalam kategori warisan budaya sunda yang hampir punah.

Pada awal mulanya, alat musik calung banyak dipakai untuk mengiringi upacara adat sunda dalam ritual perayaan yang ada di masyarakat.

Akan tetapi dengan perkembangan jaman yang makin maju maka fungsi calung tersebut berubah menjadi laat musik yang digunakan untuk hiburan masyarakat dan menghasilkan harmoni yang indah.

Cara Membuat Calung

Cara Membuat Calung
Cara Membuat Calung

Untuk membuat angklung pertama kamu harus memoting awi wulung yang dibagi menjadi 8 bagian dengan ukuran dari 14 cm sampai ukuran 22 cm. Kemudian bambu yang sudah dipotong dibelah menggunakan bedog dengan memotong dari luar ke dalam agar membentuk sepakan bambu.

Lalu kita bisa melubangi pada bagain sisi kiri dan sisi kanannya. Kemudian buatlah bambu yang memanjang sekiar 35 cm agar bisa digunakan untuk menyambungkan semua bambu diatas.

Setelah itu potong bambu 5 cm untuk digunakan pegangan tangan pada calung. Jangan lupa untuk menyediakan potongan plastic agar bisa menahan bambu.

Amplas semua bahan tersebut dan sambungkan dengan bambu memanjang, setelah itu 4 bambu dimasukan pegangannya. Kemudian masukkan lagi 4 sisa bambu yang lain. Dan alat musik calung siap digunakan.

Demikian penjelasan singkat mengenai alat musing calung . Semoga bermanfaat.