5 Jenis Alat Musik Banten Yang Wajib Diketahui - Alatmusik.id

5 Jenis Alat Musik Banten Yang Wajib Diketahui

Last Updated 2021-02-07T14:43:40+00:00
5 Jenis Alat Musik Banten Yang Wajib Diketahui

Alat Musik Banten - Indonesia memang kaya akan suku dan budaya. Saking kayanya Indonesia oleh keanekaragaman ini, hampir setiap daerah memiliki keunikan yang berbeda. Seperti halnya wilayah Banten, Jawa Barat.

Banten merupakan salah satu wilayah paling ujung yang ada di provinsi Jawa Barat. Nah! Banten ternyata punya beberapa jenis alat musik daerah yang juga berbeda dari wilayah lainnya. Buat kamu yang penasaran dengan alat musik apa saja yang ada di Banten, simak artikel ini!

Alat Musik Pantun Bambu

Alat Musik Pantun Bambu
Alat Musik Pantun Bambu

Orang Banten! Pasti kenal dengan alat musik Pantun Bambu, kan? Oming-omong pantun bambu adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang ada di wilayah Banten. Nah! Perihal alat musik ini salah satu alat musik tradisional yang masih bertahan hingga sekarang.

Alat musik Pantun bambu adalah salah satu jenis alat musik yang terbuat dari bahan bambu. Dengan ukuran hanya 10 cm, alat musik ini memiliki lubang di antara ruasnya dan berlidah. Untuk memainkan jenis alat musik ini mudah saja. Kamu tinggal memukulnya.

Tetapi, memukulnya pakai aturan, ya! Kalau soal dimainkannya alat musik ini biasanya dimainkan secara berkelompok. Dalam satu kelompok biasanya terdiri dari 3 orang dan 3 buah alat musik Pantun bambu.

Untuk permainan setiap orang berbeda-beda. Di mana masing-masing orang memainkan gendang tepak atau pantun melodi. Pemain yang lain memainkan pantun bas dan seorang pemain lainnya memainkan pantun ritme.

Pada mulanya jenis alat musik ini memang dimainkan oleh para petani, terutama saat mereka tengah beristirahat. Namun, seiring berjalannya waktu alat musik ini semakin luas dan lebih berkembang sehingga biasa digunakan untuk acara upacara adat atau kesenian.

Alat Musik Angklung Buhun

Alat Musik Angklung Buhun
Alat Musik Angklung Buhun

Kalau alat musik ini pasti kamu tahu, kan? Nah! Angklung Buhun sama seperti halnya angklung. Tetapi, apabyang membedakannya dengan angklung biasa, ya? Sebenarnya tidak ada perbedaan selain dari segi penamaan.

Hanya saja nama angklung Buhun lebih menjurus pada alat musik angklung tua. Angklung Buhun dimainkan supaya memberikan kesan yang nyaman, aman, damai serta harmonis. Kalau dilihat dari sejarahnya, ia lahir bersamaan dengan suku Baduy.

So, tidak heran kalau angklung Buhun dianggap sebagai alat musik paling tua, terutama dari masyarakat Baduy. Dewasa.ini permainan angklung Buhun memang jarang sekali dijumpai. Tetapi, buat kaku yang penasaran jangan khawatir.

Misalkan ada acara kesenian daerah atau upacara adat, alat musik jenis ini selalu dimainkan. Khususnya di wilayah Kabupaten Lebak. Nah! Kamu bisa menemuinya di masa seperti itu. Tapi karena zaman sudah modern, kamu bisa menyaksikan di internet, lho!

Alat Musik Angklung Gubrag

Alat Musik Angklung Gubrak
Alat Musik Angklung Gubrak

Terlepas dari alat musik angklung Buhun, ada alat musik angklung Gubrag. Jenis angklung apa lagi, ya? Kalau alat musik angklung Gubrag hingga saat ini dipandang sebagai salah satu seni musik tradisional yang mulai hilang.

Padahal kalau menoleh pada sejarahnya jenis alat musik ini termasuk ke dalam salah satu alat musik yang biasa digunakan pada masa penanaman padi. Tentu saja ada makna filosofi di baliknya. Tidak lain adalah supaya hasil panen lebih melimpah.

Omong-omong, saking langkanya kesenian yang satu ini kamu hanya bisa menjumpainya di wilayah Kemuning saja. Kalau di sana kesenian angklung Gubrag biasa dimainkan pada acara-acara tertentu. Seperti halnya khitanan, selamatan masa kehamilan, hingga pernikahan.

Angklung Gubrag memang berbeda dari angklung biasanya. Bisa dibilang angklung ini memiliki 6 bagian angklung yang terbuat dari bambu hitam yang masing-masing memiliki penamaan berbeda. Selain itu, pada bagian atas angklungnya dipasangkan pita biru, bermakna obat.

Alat Musik Dah Dog Lojor

Alat musik dari Banten yang lainnya adalah Dah Dog Lojor. Jenis alat musik ini berasal dari wilayah Banten bagian selatan dan masuk ke ranah musik tradisional. Musik dah dog Lojor dimainkan dengan cara ditabuh. Nah! Penamaan dah dog itulah yang berasal dari bunyinya.

Kalau nama Lojor sendiri bermakna panjang, mewakili bentuk alat musiknya yang memiliki panjang 1 meter. Sekilas mungkin akan terkesan mirip gendang. Namun, tetap saja berbeda. Alat musik ini memiliki bentuk silinder memanjang dengan bagian tengahnya berlubang.

Sementara itu, salah satu sisi yang berlubang ditutup dengan menggunakan kulit kambing yang diikat kuat. Kalau dilihat dari sejarahnya, dah dog lojor berasal dari bagian Banten Selatan. Dahulu dah dog lojor selau digunakan dalam pengiringan upacara adat suasana gembira.

Masih tidak jauh-jauh dari panen, tentu saja permainan alat musik ini dulunya sebagai bentuk rasa syukur berkat hasil panen yang melimpah. Lebih uniknya lagi, alat musik yang satu ini kabarnya ditabuh dengan iringan jenaka sehingga menghibur para penonton.

Alat Musik Bambu Jitak

Alat Musik Bambu Jitak
Alat Musik Bambu Jitak

Pernah mendengar jenis alat musik bambu jitak? Merupakan jenis alat musik tradisional Banten yang masih tergolong baru. So, siapa sangka ada alat musik sebaru bambu jitak, bukan? Tepatnya sekitar tahun 2008 lalu, alat musik ini baru pertama kali diciptakan.

Alat musik bambu jitak merupakan jenis alat musik tradisional Banten yang terbuat dari beberapa bahan kombinasi. Bahan-bahan kombinasi tersebut adalah senar gitar listrik, bambu, rotan dan juga rami.

Layaknya perwujudan alat musik baru, bambu jitak dapat menghasilkan suara yang merdu. Meski terbuat dari senar, rupanya benda ini dimainkan bukan dengan cara dipetik, melainkan dipukul pada bagian senarnya dengan menggunakan kayu. So, tak heran namanya 'jitak'.