Mengenal 5 Jenis Alat Musik Bangka Belitung - Alatmusik.id

Mengenal 5 Jenis Alat Musik Bangka Belitung

Last Updated 2021-02-07T14:38:20+00:00
Mengenal 5 Jenis Alat Musik Bangka Belitung

Alat Musik Bangka Belitung - Bangka Belitung adalah salah satu daerah yang ada di Indonesia, di mana terdapat 2 bagian utama. Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Meskipun terdiri dari 2 buah pulau, mereka memiliki keanekaragaman yang serupa dan bisa kamu cari tahu lebih dalam asal usulnya.

Meskipun lulau-pulau ini terkenal di bagian ujung, yakni Wwilayah Sumatra, keindahan pantai beserta hasilntambang berupa timahnya sangat terkenal. Namun, kesenian tradisionalnya juga tak kalah menakjubkan. Penasaran? Berikut ini daftar alat musik yang ada di Bangka Belitung!

Alat Musik Gitar Dambus

Alat Musik Gitar Dambus
Alat Musik Gitar Dambus

Salah satu jenis alat musik yang ada di wilayah Bangka Belitung adalah Gitar Dambus. Sekilas kita saksikan alat musik ini serupa dengan alat musik dari wilayah Arab. Namun, siapa sangka? Indonesia, khususnya Bangka Belitung menjadi tuan rumah Gitar Dambus.

Sesuai namanya, gitar dambus memiliki bentuk yang serupa gitar. Tetapi di sisi lain bodynya juga mirip buah labu yang terbelah menjadi dua, ya! Persis sekali dengan gitar, pada bagian tengah alat musik ini terdapat lubang resonansi yang ditutupi kulit kera atau kijang.

Perlu kamu ketahui, bahan dari alat musik jenis ini adalah kayu. Tapi bukan kayu sembarangan, ya! Biasanya untuk menghasilkan kualitas terbaik pembuat menggunakan kayu cempedak. Pas pada bagian tengah akan dijumpai senar yang terbuat dari nylon.

So, ada bagian yang unik nih dari alat musik ini. Tidak lain adalah bagian di ujung gagang gitarnya, yang biasanya terbuat dari kepala hewan khas daerah Bangka Belitung. Untuk penggunaan alat musik ini biasanya pada saat upacara adat, kesenian, bahkan hiburan.

Alat Musik Gong

Alat Musik Gong
Alat Musik Gong

Alat musik lainnya adalah gong. Siapa sangka jenis alat musik yang satu ini rupanya berasal.dari daerah Bangka Belitung. Berbicara tentang gong, siapapun pasti sudah mengenalnya. Bahkan bentuknya seperti apa pun sudah bisa dibayangkan, ya!

Nah alat musik Gong bahan pembuat dari bahan logam. Dimainkan dengan cara dipukul, gong biasanya digantung dengan menggunakan tali. Alat pemukulnya memiliki tekstur yang empuk sehingga memberikan efek memantul dan dapat menghasilkan suara.

Terlepas daripada itu, alat musik jenis ini biasanya digunakan pada saat upacara adat atau saat akan meresmikan suatu kegiatan. Namun, dewasa ini juga sudah sering sekali ditemui alat musik gong di tempat-tempat modern.

Alat Musik Gendang Melayu

Alat Musik Gendang Melayu
Alat Musik Gendang Melayu

Bangka Belitung juga menghasilkan alat musik gendang Melayu. Alat musik yang satu ini tidak berbeda jauh dengan gendang-gendang kebanyakan yang sering kamu jumpai di acara wayangan.

Terbuat dari bahan kulit tertentu, gendang Melayu dimainkan dengan cara dipukul pakai telapak tangan. Selain itu, alat musik jenis ini juga rupanya masih satu keluarga dengan genderang, yakni keluarga dari membranofon.

Untuk keperluan adat, gendang Melayu biasanya digunakan sebagai salah satu musik di upacara adat. Gendang Melayu sering kali dijadikan sebagai alat musik andalan yang ada di wilayah Bangka Belitung.

Selain biasa digunakan pada upacara adat,.kamu juga bisa menemukannya pada saat acara pencak silat. Nah! Biasanya pada bagian tertentu, khususnya saat pemain melakukan jurus khusus alat musik ini dibunyikan sebagai bentuk penegasan.

Namun, karena alat musik ini sendiri sudah menjamur di berbagai wilayah Indonesia, tak jarang jika kamu menemukannya pada saat acara-acara pernikahan atau bahkan pengiring acara pementasan.

Alat Musik Gambangan

Alat Musik Gambangan
Alat Musik Gambangan

Ada jenis alat musik lain yang bisa kamu jumpai di wilayah Bangka Belitung. Apa lagi kalau bukan Gambangan? So, pernah mendengar nama alat musik ini? Kalau dilihat dari bentuknya Gambangan serupa dengan alat musik asal Jawa Bali.

Di mana alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik Gambangan dimainkan dengan cara dipukul. Di mana bahan-bahannya terbuat dari kayu berjumlah 7. Tapi, dari ketujuh kayu tersebut tentunya ada lima bagian kayu khusus.

Lima bagian kayu khusus tersebut merupakan kayu khas Bangka Belitung. Baik panjang atau pendek, hal itu tidak menjadi masalah asalkan suara yang dihasilkan bisa berupa besar atau kecil. Bahan kayunya ringan dan juga penggunaan jenis kayu berpengaruh pada suaranya.

Alat musik jenis ini biasanya dimainkan dalam rangka menunggu masa panen padi. Atau biasa juga dimainkan guna mengusir burung-burung yang hendak mencuri biji padi. Hal yang unik dari alat musik ini adalah biasanya digunakan untuk berkomunikasi antara muda mudi kasmaran.

Alat Musik Rebana

Alat Musik Rebana
Alat Musik Rebana

Berbicara mengenai alat musik asal Bangka Belitung, siapa yang tidak kenal rebana? Tidak disangka, ya! Dikira berasal dari negara timur, rupanya dari Indonesia sendiri. Nah! Rebana merupakan salah satu alat musik tradisional khas Bangka Belitung yang dikenal Kompang.

Kompang biasanya dimainkan pada acara-acara tertentu. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika rebana juga digunakan sebagai pengiring alunan sholawat atau kasidah saat festival. Dewasa ini alat musik yang dimainkan dengan cara ditabuh lebih sering tampil di acara hadrohan.

Uniknya, alat musik yang satu ini tidak bisa dimainkan sendiri, lho! Untuk menghasilkan suara yang lebih enak didengar harus dikombinasikan dengan alat musik lain, seperti halnya gitar dambus. Tidak heran, karena gitar dambus dan rebana sudah jadi satu kesatuan.

Untuk memainkan alat musik rebana bisa dengan cara dipukul pakai telapak tangan. Selain itu, alat musik ini juga biasa dimainkan secara beregu, di mana dalam satu regu sampai 3 atau 4 rebana setiap orang. Seiring berkembangnya zaman, ukuran rebana pun berbeda-beda.