7 Jenis Alat Musik Bali Yang Unik - Alatmusik.id

7 Jenis Alat Musik Bali Yang Unik

Last Updated 2021-02-07T15:47:06+00:00
7 Jenis Alat Musik Bali Yang Unik

Alat Musik Bali - Siapa sih yang tidak kenal Bali? Pulau sejuta wisatawan asingnya ini selalu menawarkan keindahan yang menawan. Nah! Bali selain dikenal dengan pulau Dewata ya yang mampu menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara juga terkenal dengan kebudayaannya.

Salah satu keanekaragaman budaya yang ada di Bali adalah alat musiknya. Pastinya kalau bicara soal alat musik langsung teringat dengan seni, ya! Nah! Dalam bahasan artikel kali ini kami akan menampilkan sederet alat musik yang ada di Bali.

Alat Musik Ceng-Ceng

Alat Musik Ceng-Ceng
Alat Musik Ceng-Ceng

Bali selain dikenal dengan pulau Dewatanya ternyata juga terkenal dengan alat musik tradisional di dalamnya. Nah! Omong-omong soal alat musik di Bali, apakah kamu mengenal Ceng-Ceng? Ini adalah jenis alat musik yang paling menonjol pada saat paduan suara musik Bali.

Alat musik Ceng-Ceng berbeda dari alat musik kebanyakan. Berbentuk bundar dan terbuat dari bahan logam dan terdiri atas 8 buah logam. Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara saling dibenturkan agar menghasilkan paduan musik yang dinamis.

Hal yang lebih unik dari alat musik ini adalah logamnya tidak sengaja asal bentur saja, melainkan di bagian luar logam terdapat tempurung kelapa. Nah! Tempurung kelapa inilah yang menghasilkan paduan suara Ceng-Ceng sehingga kedengaran lantang dan menggema.

Alat Musik Genggong Bali

Alat Musik Genggong Bali
Alat Musik Genggong Bali

Alat musik asal Bali yang satu ini memiliki panduan yang menarik. Alat musik ini juga tergolong unik, karena cara memainkannya dengan ditiup dan bagian tersebut dikenal sebagai kepalanya.. Alat musik Genggong Bali dikenal sebagai salah satu alat musik yang unik.

Karena jenis alat musik yang satu ini tergolong langka dan tidak Serama alat musik rebana yang tersebar di berbagai tempat, tidak heran jarang sekali orang bisa memainkannya. Sekalipun bisa, mereka harus menyesuaikan nada agar menghasilkan suara yang merdu.

Maka dari itu, pertama-tama kamu harus tahu bagaimana cara memainkan alat musik ini. Pegang saja salah satu ujung alat musik ini ke bagian tangan kiri, kemudian peganglah tangkai bambu dengan menggunakan tangan kanan.

Setelah itu, kamu tinggal meniup bagian palayahnya secara perlahan secara otomatis Genggong akan berbunyi. Untuk alat musik yang satu ini, biasanya hanya dimainkan pada saat acara-acara adat tertentu saja, seperti halnya ritual keagamaan, dan lainnya.

Alat Musik Rindik

Alat Musik Rindik
Alat Musik Rindik

Dari wilayah Bali ada salah satu alat musik yang mirip dengan gamelan. Namanya adalah alat musik Rindik. Alat musik yang satu ini tidak bisa ditemui di sembarang tempat. Namun, jika kamu penasaran, di beberapa rumah adat jelas sekali ada.

Nah! Alat musik jenis bahan untuk membuatnya dari potongan bilah-bilah bambu yang tersusun rapi. Memiliki fungsi supaya menghasilkan suara berupa tangga nada yang pentatonis, ukuran dan tingkat ketebalan bambunya juga mempengaruhi.

Karena alat musik jenis ini hampir serupa dengan alat musik gamelan, tidak heran jika tidak ada perbedaan yang begitu kentara. Ada pun cara memainkannya sama dengan gamelan, yakni dipukul menggunakan kayu tertentu. Dengan begitu, baru keluar suara yang merdu.

Alat Musik Suling Gambuh

Alat Musik Suling Gambuh
Alat Musik Suling Gambuh

Bali memang kaya akan budaya dan keanekaragamannya. Termasuk alat musik suling gambuh ini. So, alat musik suling gambuh berbeda dari suling biasanya. Kalau dilihat dari segi ukuran, suling ini jelas lebih panjang dan juga besar.

Dibandingkan dengan suling biasa yang memiliki ukuran lebih kecil, suling gambuh dibekali oleh 6 lubang sebagai penentu suatu nada. Sementara itu, kalau masalah memainkan suling ini tidak beda jauh dari suling biasanya, yakni hanya ditiup sambil sedikit dimiringkan diagonal.

Alat Musik Gangsa

Alat Musik Gangsa
Alat Musik Gangsa

Kalau alat musik Bali yang lain ada Gangsa. Alat musik jenis ini masuk dalam kelompok instrumen alat musik Bali. Gangsa terbuat dari perunggu dimainkan secara bersamaan dengan beberapa alat musik lainnya, seperti gong kebyar, gong gede, dan jenis gong lain.

Selain dari pada itu, Gangsa juga dikenal sebagai salah satu alat musik yang berguna untuk penentu sejumlah matra lagu. Cara memainkannya adalah dengan dipukul. Perlu kamu tahu, setiap nada yang keluar dari alat musik ini dikenal sebagai pelengkap gamelan Bali.

Alat Musik Gender Bali

Gender Bali
Gender Bali

Di Indonesia memang banyak sekali dijumpai alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Di antara sekian banyak alat musik yang ada, salah satunya adalah gender Bali. Alat musik ini sekilas memiliki pemukul yang mirip palu.

Dengan bagian badan yang berbentuk pipih, materialnya terbuat dari bambu. Sementara itu pada bagian palunya kamu bisa menjumpai ukurannya yang kecil dan agak meruncing. Alat musik ini biasa dimainkan pada saat acara ritual Bali atau pada saat upacara adat tertentu.

Alat Musik Gamelan Bali

Gamelan Bali
Gamelan Bali

Di antara jenis alat musik Bali yang telah kami sebutkan di atas, salah satu alat musik yang paling terkenal adalah gamelan Bali. Jenis alat musik yang satu ini serupa dengan alat musik gamelan Jawa, hanya berbeda pada penamaannya saja.

Gamelan Bali terdiri dari sejumlah alat musik yang menjadi penyatu. Di antaranya adalah gong, kendang, gambang, bonang, kempul, dan sebagainya. Sementara itu, untuk perihal penyebaran alat musik ini sendiri tidak terbatas Jawa-Bali saja.

Bisa dikatakan seluruh daerah nusantara.juga memilikinya. Seperti halnya Madura dan Nusa Tenggara, juga merupakan wilayah yang memiliki alat musik ini. Tentunya tidak lepas dari sejarahnya masuk Bali, yakni kisaran tahun 696 M dan dibawa oleh Raja Ugrasena